Gili Iyang, destinasi wisata dengan kualitas oksigen terbaik kedua di dunia - WisataHits
Jawa Timur

Gili Iyang, destinasi wisata dengan kualitas oksigen terbaik kedua di dunia

Liputan6.com, Madura – Kabupaten Sumenep, Jawa Timur memiliki pantai dengan kapasitas oksigen terbaik kedua di dunia. Pantai tersebut adalah Gili Iyang, sebuah pulau kecil di tengah kepulauan di sebelah timur Pulau Madura.

Kutipan dari indonesia.go.id: Gili Iyang adalah tempat terbaik untuk merasakan udara segar di Indonesia. Pasalnya, kandungan oksigen di wilayah ini mencapai 20,9 persen, melebihi wilayah lainnya.

Tak heran jika pulau yang terletak di bagian timur Sumenep ini juga dijuluki Pulau Oksigen. Keputusan menjadikan Gili Iyang sebagai objek wisata dengan kandungan oksigen terbaik kedua di dunia bukan tanpa alasan.

Ini menurut sebuah studi tahun 2006 oleh Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (Lapan) tentang kualitas udara di pulau itu. Lapan menemukan, dari 17 titik yang diuji, kadar oksigen di Gili Iyang adalah 20,9 persen.

Singkatnya, dalam volume 1 liter udara bebas terdapat 0,209 liter oksigen. Persentase ini dinilai lebih baik dibandingkan kondisi udara di wilayah lain di Indonesia.

Tingkat normal oksigen yang ditoleransi untuk memenuhi kebutuhan pernapasan berkisar antara 19,5 hingga 22,0 persen. Kadar oksigen kurang dari 19,5 persen dapat menyebabkan kekurangan oksigen yang disebut hipoksia.

Dari angka tersebut dapat dikatakan bahwa kualitas udara di tempat wisata Gili I Madura sangat bersih. Udara bersih di Gili Iyang juga didasarkan pada tingkat minimal polutan udara seperti karbon monoksida, nitrogen oksida atau sulfur dioksida.

Jakarta telah dinyatakan sebagai kota paling tercemar di dunia melalui AirVisual, berbeda dengan sebuah pulau di Madura, Gili Iyang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button