Pulau Maitara, panorama alam yang menakjubkan di Maluku utara - WisataHits
wisatahits

Pulau Maitara, panorama alam yang menakjubkan di Maluku utara

Keindahan pesona alam Indonesia memang tak terbantahkan, termasuk Pulau Maitara di Kepulauan Tidore, Maluku utara, yang digambarkan dalam mata uang seribu rupiah. Pulau kecil ini menyuguhkan panorama alam yang memanjakan mata.

Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Maitara, Kecamatan. Tidore Utara, Kota Kepulauan Tidore, Maluku Utara; Kasus: Cek lokasi

Jika Anda masih memiliki pecahan lama seribu rupiah, coba lihat keindahan gambarnya. Dimana pulau-pulau cantik Maitara dan Pulau Tidore yang menunjukkan pesonanya. Ingin tahu lebih banyak tentang sisi eksotis Pulau Maitara? Jika iya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kisah Dibalik Pulau Maitara dalam Seribu Rupee

Kisah seribu rupiahKredit gambar: Twitter Nukman Luthfie

Keindahan Pulau Maitara di Maluku memang bisa dilihat saat melihat uang kertas seribu tua yang diluncurkan pada kisaran tahun 2000. Dimana pada uang kertas tersebut terdapat Pulau Tidore dan Maitara yang sama-sama menampilkan lautan eksotis dan pegunungan yang menarik untuk disimak.

Lantas mengapa kedua pulau tersebut diabadikan dalam uang kertas? Memang, kedua pulau ini memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia. Dimana cerita ini berawal dari hadirnya sejenis tumbuhan bernama rempah-rempah di kedua pulau tersebut. Karena memiliki beragam manfaat, orang Portugis mengamatinya pada abad ke-16.

Ditelaah lebih lanjut bahwa penjajah Portugis pertama kali memasuki kepulauan lepas, menaklukkan Malaka sekitar tahun 1512, dan kemudian pindah ke Kepulauan Maluku. Di pulau Maitara yang indah inilah penjajah Portugis pertama kali menginjakkan kaki di wilayah Maluku.

Selanjutnya, melalui penaklukan militer dan juga aliansi dengan penguasa lokal, mereka juga mendirikan beberapa pos dan benteng. Sementara itu, untuk mendirikan misi dagang di Indonesia bagian timur, mereka menjadikan cengkeh dan pala sebagai barang dagangan utama.

Bunga cengkeh sendiri merupakan salah satu rempah yang paling tua dan terkenal dan telah digunakan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Perlu diketahui juga bahwa cengkeh merupakan salah satu tanaman asli Kepulauan Maluku dan dikenal sebagai Kepulauan Rempah. Sedangkan pala sendiri merupakan tanaman buah dari pohon besar asli Indonesia yang berasal dari daerah Banda dan Maluku.

Atraksi di Pulau Maitara

Atraksi Pulau MaitaraKredit Gambar: Facebook Fuad di

Pulau cantik ini memiliki luas sekitar 106 hektar yang di sekitarnya terdapat hamparan pantai yang bersih dan pesona pasir putih yang menarik untuk dinikmati keindahannya. Tentu saja, menyusuri pantai di atas pasir putih ini bisa menjadi pengalaman liburan yang paling berkesan.

Selain pasir putihnya yang menawan, air laut di sekitar Pulau Maitara juga sangat biru dan jernih. Anda dapat melihat ini dari jauh sekalipun. Konon, keindahan air laut juga dibuktikan dengan banyaknya ikan-ikan kecil yang berenang bebas di lautan.

Mengagumi pesona pulau ikonik, Anda juga akan melihat pemandangan alam di sekitarnya yang cukup alami. Dimana hal tersebut terbukti karena selama ini tidak terlihat adanya limbah atau polusi udara yang mencemari lingkungan sekitar, padahal sudah banyak wisatawan yang datang berkunjung ke pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Maitara

Alamat Pulau MaitaraKredit gambar: Google Maps Deby Firmansyah

Pulau Maitara adalah pulau yang indah di wilayah Maluku Utara. Jika Anda ingin menikmati keindahan pulau ini, Anda bisa berangkat dari Ternate menggunakan transportasi laut yaitu kapal cepat kecil. Waktu tempuh yang Anda perlukan untuk menempuh perjalanan untuk sampai ke pulau ini sekitar 30 menit.

Meski waktu ini cukup lama bagi Anda yang kurang puas dengan wisata laut, Anda tidak perlu khawatir. Karena pemandangan laut yang indah tidak akan membuat Anda bosan. Sebaliknya, Anda akan terkesan dengan pemandangan laut biru dan pegunungan yang tidak jauh dari sekitarnya.

Perlu diketahui juga bahwa kapal rapid transit utama memiliki kapasitas penumpang sekitar 5 orang untuk satu kali perjalanan. Jika wisatawan datang berbondong-bondong, Anda bisa bergiliran tiba di kawasan pulau tersebut. Dikaitkan dengan harga sewa speedboat, yaitu sekitar 150.000. Cukup terjangkau bukan untuk akomodasi ke destinasi wisata?

Bagi Anda yang hobi fotografi dan tidak ingin melewatkan kesempatan mengabadikan pesona alam yang memanjakan mata, Anda bisa mampir ke dermaga. Dimana dermaga speedboat bisa terhubung langsung ke Pulau Maitara. Harga tiket persinggahan juga sangat terjangkau, sekitar 5.000-an.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Maitara

Aktivitas di Pulau MaitaraKredit gambar: Twitter wisatawan

1. Cobalah olahraga air

Apakah Anda seorang traveler yang suka menikmati keindahan alam sambil melakukan olahraga air? Jika iya, Anda wajib menjadikan Pulau Maitara sebagai destinasi wisata favorit Anda. Karena di pulau ini Anda bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan olahraga seperti diving dan snorkeling.

Namun sayang, fasilitas yang ada di pulau ini kurang menguntungkan wisatawan yang ingin berlatih olahraga air. Oleh karena itu, Anda harus membawa peralatan snorkeling sendiri. Dengan cara ini, wisatawan bisa puas menikmati keindahan biota laut yang banyak dijumpai di kawasan pulau.

Anda tidak hanya melihat ikan-ikan cantik berenang di sana-sini, tetapi Anda juga bisa melihat karang yang bertengger sempurna di dasar laut. Sebagai informasi, bahwa semua hewan laut di pulau ini masih terpelihara dengan baik. Maka tak heran jika banyak wisatawan jatuh cinta dengan surga bawah laut pulau ini.

2. Menikmati matahari terbenam

Jika Anda berada di Pulau Maitara bertepatan dengan matahari terbenam, Anda pasti akan melihat keindahan senja yang tidak kalah dengan destinasi lainnya. Tentunya momen ini menjadi yang paling berkesan dan tidak akan terlupakan bagi wisatawan yang singgah di pulau tersebut.

Beberapa saran bagi wisatawan yang ingin berburu foto terbaik, Anda bisa menjadikan suasana senja ini sebagai latar belakang yang indah dengan melihat siluetnya. Hasil foto ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah pasti bagus dan indah. Akan sangat cocok untuk ditampilkan di akun media sosial dan memamerkan pesona pulau Maluku utara yang eksotis ini.

Selain keindahan matahari, Anda juga akan merasakan sejuknya semilir angin yang berhembus di destinasi wisata ini. Duduk di atas pasir putih sambil menikmati sunset sembari mendengar deburan ombak kecil, pastinya Anda akan betah berlama-lama di pulau sejuta keindahan ini.

3. Berjalan menyusuri pantai

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau MaitaraKredit gambar: Facebook Yonna Muda Nilahi

Begitu wisatawan menginjakkan kaki di Pulau Maitara, cobalah berjalan di sepanjang garis pulau. Karena di sini Anda akan melihat perahu ketinting yang berjajar sempurna di kawasan pantai. Tak hanya itu, ada juga bangku-bangku semen beratap yang disediakan khusus bagi wisatawan yang menyempatkan diri menikmati liburan di pulau ini.

Saat Anda berdiri di tepi pantai, Anda juga akan melihat Gunung Gamalama yang dikelilingi deretan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Tentunya hal ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur di tengah pulau untuk melepas penat setelah lelah dengan aktivitas kota dan ingin merasakan kesegaran alam sekaligus memanjakan mata.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Maitara, Maluku

Fasilitas di Pulau Maitara, MalukuKredit gambar: Google Maps Deby Firmansyah

Pulau ini memang pernah dijadikan sebagai destinasi wisata yang diidolakan banyak wisatawan. Tidak hanya penduduk lokal, tetapi juga turis asing. Tak jauh berbeda dengan destinasi bahari lainnya, Pulau Maitara juga memiliki beragam fasilitas penunjang yang tak kalah hebatnya.

Adapun salah satu fasilitas terbaik yang di tempatkan oleh pengelola pulau yaitu adanya chalet atau losmen yang dibangun khusus untuk wisatawan. Meski chalet ini berdiri di tengah pulau, namun fasilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Karena yang satu ini juga memiliki fasilitas yang tidak kalah menarik dari chalet lainnya.

Dimana semua tamu yang datang akan merasakan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari AC, kamar mandi dan beberapa fasilitas penunjang lainnya. Untuk bisa menginap disini disarankan untuk booking lebih awal agar dapat kamar.

Bicara soal harga, cottage ini cukup terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 350.000 saja, Anda sudah bisa menginap di chalet dengan pemandangan yang menakjubkan. Pasti akan menjadi pengalaman yang indah dan menarik ketika Anda langsung terbangun dengan eksotisme pantai dan hamparan hijau pegunungan Pulau Maitara.

Fasilitas penunjang lainnya yang akan Anda manfaatkan, yaitu adanya dermaga untuk pelabuhan kapal kecil. Selain itu, ada juga tempat duduk atau jembatan yang mengarah ke tengah pantai. Dengan cara ini Anda bisa menikmati keindahan birunya air laut sambil duduk santai di tempat yang disediakan.

Inilah informasi menarik tentang pulau Maitara di Maluku utara. Hanya karena keeksotisan pantai ini, membuat masyarakat terpesona untuk menjadikannya daftar wisata yang tidak boleh dilewatkan. Pastikan juga Anda telah menyiapkan biaya yang cukup agar kegiatan wisata dapat berjalan lancar tanpa terkendala oleh kekurangan dana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button