ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 selesai, inilah hasilnya - WisataHits
Jawa Tengah

ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 selesai, inilah hasilnya

ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 selesai, inilah hasilnya

Purwakarta

ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 telah usai. Di bawah ini adalah hasil event triathlon internasional pertama tahun ini di Indonesia.

Ajang triathlon yang diprakarsai oleh Ikatan Alumni Teknik Sipil ITB dan Perum Jasa Tirta II berlangsung pada Minggu (15/01/2023) di Bendungan Jatiluhur. Para kontestan dibubarkan langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga serta Pengurus Perum Jasa Tirta II selaku pengelola Waduk Jatiluhur.

Sebanyak 232 peserta dari delapan negara saling berkompetisi untuk menyelesaikan swim track, bike track dan running track yang dibagi menjadi dua kategori.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Kategori pertama adalah sprint distance dengan jarak renang 750 meter, bersepeda 20 kilometer, dan lari 5 kilometer. Sedangkan untuk kategori kedua adalah jarak Olimpiade dengan renang 1.500 meter, bersepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer.

Untuk lomba ini, ada tujuh kategori lomba yang memenuhi persyaratan kelayakan, yaitu Jarak Sprint Putra Solo, Alumni Jarak Sprint Putra Solo, Jarak Sprint Putra Solo Junior, Jarak Olimpiade Putra Solo, Alumni Solo Jarak Olimpiade Putra, Alumni Lari Jarak Sprint Putri dan Jarak Sprint Wanita Jarak Solo.

Setelah menyelesaikan swim course, para peserta langsung menuju area transisi di depan Jatiluhur Water World untuk mengambil sepeda dan melanjutkan balapan di bike course.

Menurut para peserta, jalur sepeda di ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 ini sangat menantang karena memiliki vertical drop sekitar 750 meter untuk kategori sprint distance dan vertical drop 1500 meter untuk kategori Olympic distance.

Daya tahan dan kekuatan para peserta diuji di jalur sepeda ini. Peserta yang telah menyelesaikan jalur sepeda kemudian melanjutkan balapan di jalur lari.

Lintasan lari menjadi ciri dan daya tarik utama event ini karena melintasi tubuh Bendungan Jatiluhur yang sangat ikonik dan bersejarah.

Lomba lari merupakan kamuflase dari olahraga lestari ini dan para peserta melewati garis finis yang terletak di depan kolam renang wisata Jatiluhur Water World.

Pemenangnya adalah Kopda Hari Rohman dari Satkopaska Koarmada I kategori Solo Olympic Distance, disusul Sersan Marinir Debby Anggrean di urutan kedua dan juara ketiga diraih oleh Millennium of England. Hasil pertandingan selengkapnya dapat diakses melalui tautan ini.

Melihat antusiasme peserta dan dukungan pemerintah Puwakarta, Teknik Sipil ITB Iluni dan Perum Jasa Tirta II berharap Triathlon Internasional ITB Jatiluhur dapat menjadi rutinitas tahunan.

(mrp/rin)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button