Pulau Bidadari Labuan Bajo, pesona pulau eksotis yang memanjakan mata - WisataHits
wisatahits

Pulau Bidadari Labuan Bajo, pesona pulau eksotis yang memanjakan mata

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Cek lokasi

Ada berbagai jenis pulau yang bisa dikunjungi saat kita berlibur atau berencana mencari tempat bersantai. Diantara semua pulau yang ada di Indonesia, ada sebuah pulau yang namanya belum terlalu familiar, yaitu pulau Bidadari yang terletak di Labuan Bajo.

Padahal, pulau ini tidak kalah menarik dan menawan dibandingkan dengan beberapa pulau lain yang lebih terkenal. Karena pulau ini juga memiliki berbagai macam keindahan yang bisa membuat orang lain betah berlama-lama di tempat ini.

Tentunya semua keindahan ini bisa terjaga karena yang merawat Pulau Bidadari di Manggarai Barat benar-benar menjaganya. Hal ini memaksa wisatawan yang berkunjung ke pulau ini untuk mengikuti segala aturan agar dapat lebih menikmati tempat wisata tersebut.

Daya Tarik Pulau Bidadari

Pulau Bidadari milik objek wisataKredit Gambar: Instagram jesslyn

Seperti pulau terkenal lainnya, Pulau Bidadari juga menawarkan berbagai atraksi menarik. Hal ini mendorong wisatawan yang ingin mengunjunginya untuk tertarik menjelajahi setiap sudut tempat wisata ini. Berikut adalah beberapa atraksi yang dapat Anda temukan saat mengunjunginya:

1. Air laut biru jernih

Daya tarik pertama pulau eksotik di Labuan Bajo ini tentu saja air lautnya yang sangat indah.Air dari pulau ini terdiri dari beberapa warna yang sangat memanjakan mata. Warnanya biru-hijau yang terlihat berkilau terutama saat terkena sinar matahari.

Tidak hanya memiliki warna yang menarik, airnya juga sangat jernih dan dijamin bebas limbah. Pengunjung yang menyendiri membuat pulau ini sangat bersih, sehingga makhluk yang hidup di bawah laut juga menikmati tempat ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ikan-ikan kecil yang hidup dan berenang di tempat ini.

2. Sejarah penamaan yang menarik

Berbicara tentang pulau ini tidak lepas dari sejarah sebutannya yang begitu menarik dan unik. Berdasarkan sejarah yang diyakini masyarakat setempat, pulau ini awalnya hanya diberi nama sederhana, yaitu Pulau Bajo. Namun ternyata di sekitar pulau tersebut juga terdapat pulau lain yang tak kalah indahnya yaitu Pulau Bidara.

Lambat laun kedua pulau tersebut dianggap sebagai satu kesatuan pulau yang sama sehingga namanya diubah menjadi Pulau Bidadari. Selain fakta sejarah, ternyata ada juga cerita mistis yang ikut menyelimuti pulau ini. Konon, kamu sering melihat sosok misterius di pulau ini yang hanya muncul pada waktu-waktu tertentu saja.

Sosok misterius tersebut konon datang dalam wujud seorang wanita yang sangat cantik dan cantik. Sosok perempuan misterius inilah yang membuat pulau ini disebut Pulau Bidadari karena keindahannya yang hampir menyerupai sosok bidadari. Apalagi sosoknya harus muncul karena pulau ini memang sangat tenang dan sunyi.

3. Suasana di sekitar pantai sangat damai

Suasana di pulau ini terlihat begitu damai dan tenang. Bahkan, karena suasana tenang yang melanda di tempat ini, banyak yang mengaitkan keberadaannya dengan kehadiran makhluk astral yang tidak terlihat.

Namun, suasana inilah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa berkunjung ke pulau ini bisa memberikan perasaan yang berbeda dari biasanya. Jika Anda merasa penat dengan kehidupan alam yang tidak kunjung padam, maka berkunjung ke pulau ini sambil bersantai bisa menjadi aktivitas yang sangat cocok.

4. Tidak Dihuni Komodo

Atraksi Pulau BidadariKredit gambar: Twitter perjalanan Alex

Karena terletak di sebelah timur Nusa Tenggara, mungkin masih banyak orang yang ragu untuk mengunjunginya karena provinsi ini memang cukup identik dengan komodo. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pulau ini sama sekali tidak dihuni oleh komodo.

Sebaliknya, pulau ini dihuni oleh banyak hewan dan ikan kecil yang sangat tenang yang hanya ada di air. Untuk itu jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, anda dapat merasakan rasa aman yang sangat tinggi dan tidak perlu khawatir dengan bahaya lain yang tidak diinginkan.

5. Salah satu pulau terindah di Flores Barat

Tak bisa dipungkiri lagi, pulau Bidadari menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Bahkan, keindahannya menjadikan pulau ini salah satu pulau terindah di Flores Barat.

Daerahnya yang relatif tenang membuat pulau ini cocok untuk dijelajahi bersama orang-orang terdekat dan menemukan keindahan yang ada di sana. Dijamin, Anda tidak akan bosan mengulas betapa kerennya pulau ini.

6. Pasir lembut

Selain keindahan pemandangannya, pasir di sekitar pantai ini juga sangat lembut. Pasirnya jika dipegang dengan tangan akan sangat halus dan tidak akan melukai kulit saat kita berjalan tanpa alas kaki.

Pasir putihnya sangat indah dilihat dari atas. Bentuknya yang tidak terlalu kasar juga menjadi alasan yang tepat untuk bermain pasir di sini bersama anak-anak Anda.

7. Pohon rindang

Terakhir, pulau ini dikelilingi pepohonan rindang. Meski pepohonannya tidak lebat seperti pepohonan di pantai lain, namun pepohonan di tempat ini mampu melindungi pengunjung dari sengatan sinar matahari yang sangat mengganggu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau BidadariKredit Gambar: Facebook Kunjungi Indonesia

Pulau Bidadari terletak di Labuan Bajo, sebuah daerah yang masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Manggarai Barat. Pulau Nusa Tenggara Timur sering diabaikan karena popularitasnya jauh di belakang Taman Nasional Komodo yang juga ada di provinsi ini.

Untuk mencapai pulau ini, Anda bisa memulainya dari pusat kawasan Labuan Bajo. Setelah itu, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk segera menuju pulau. Karena akses ke pulau ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi laut saja.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau BidadariKredit Gambar: Instagram Sumba Ocean Phinisi

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Bidadari, Anda tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam untuk mengunjunginya. Pasalnya, pulau ini bisa diakses tanpa harus membayar tiket masuk, sehingga pengunjung bisa mengunjunginya tanpa direpotkan dengan biaya yang berlebihan.

Namun, Anda mungkin perlu memikirkan biaya transportasi yang harus Anda keluarkan untuk sampai ke pulau ini. Jika Anda berasal dari kota besar, biaya tiket pesawat yang harus dibayar sekitar 500.000 rupiah. Selain pesawat, Anda juga harus membayar sewa perahu nelayan yang harganya sekitar Rp 100.000.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Bidadari

Aktivitas Seru di Pulau BidadariKredit gambar: Facebook Ipang FLorez

1. Berenang

Banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Bidadari termasuk berenang. Air laut di sekitar bibir pantai tidak terlalu dalam, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk berenang sebentar.

Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan lingkungan sekitar agar tidak perlu berenang terlalu jauh. Berenang di tempat ini juga mampu membuat tubuh jauh lebih sejuk dari sebelumnya, jadi pastikan untuk membawa perlengkapan renang yang lengkap sebelum memutuskan untuk mengunjungi pulau ini.

2. Ambil gambar

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di tempat ini. Pulau ini memiliki banyak sekali spot foto dan mampu membuat siapapun merasa kagum dan tertarik untuk menggunakannya sebagai latar belakang pemotretan. Selain itu, saat waktu sudah menunjukkan sore hari, Anda bisa menyaksikan fenomena matahari yang menarik.

Matahari dapat terlihat dengan jelas saat terbenam atau terbit. Untuk itu, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada siang hari atau sore hari sebelum matahari benar-benar hilang. Potret yang akan Anda dapatkan pasti akan sangat menakjubkan.

Tak hanya itu, pulau cantik ini juga sangat cocok dijadikan latar foto sebelum pernikahan. Berfoto bersama pasangan tentunya menjadi impian banyak orang, apalagi dibarengi dengan background yang indah dan eye catching, maka akan lebih baik jika Anda menuliskan nama pulau ini sebagai salah satu daftar pulau yang akan dikunjungi.

3. Bersantai

Terakhir, Anda bisa menikmati suasana Pulau Bidadari Labuan Bajo yang tenang dan damai untuk duduk santai. Anda bisa menggelar tikar yang sudah ada sambil duduk menikmati semilir angin yang datang dari berbagai sisi menyentuh wajah Anda.

Karena suasananya yang sunyi, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat rekreasi keluarga. Anak-anak tentu menyukai suasana tenang yang dihadirkan tempat ini, dan mereka bisa bermain dengan bebas saat berada di tempat ini.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau BidadariKredit gambar: Google Maps Iain Laslett

1. Seaesta Komodo Hostel dan Hotel

Akomodasi yang bisa dipilih adalah Seaesta Komodo Hostel & Hotel. Hostel ini mampu membuat pengunjungnya merasakan pemandangan laut yang indah dari dalam hotel. Peralatan yang disediakan juga sangat berkualitas.

2. Hotel koleksi lokal

Untuk yang satu ini harganya cukup mahal, sekitar 1 jutaan lebih. Namun, harga tersebut tentunya sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh para pelaku bisnis perhotelan di sini. Jarak dari hostel ini ke Pulau Bidadari cukup dekat dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

3. Resor Ramah Lingkungan Pulau Bidadari

Hostel ini memiliki lokasi yang sangat dekat dengan pantai, yakni hanya berjarak sekitar 80 meter saja. Ada beberapa fasilitas yang disediakan di hotel ini seperti Wi-Fi gratis dan sarapan yang disediakan oleh pihak hotel. Tak hanya itu, hostel ini juga cocok untuk sharing dengan anak-anak.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di kawasan Pulau BidadariKredit Gambar: Tampilan Digi Instagram

Saat ingin berkunjung ke Pulau Bidadari, Anda tidak perlu bingung karena fasilitas yang tersedia di pulau ini cukup lengkap untuk ukuran pulau yang kurang dikenal. Beberapa fasilitas tersebut antara lain toilet, perahu, restoran dan lain-lain.

Restoran di tempat ini sudah lama terkenal dengan menu masakannya yang bisa memuaskan selera pengunjung. Harga yang diterapkan pada restoran-restoran tersebut memang berbeda dengan restoran pada umumnya, namun hal tersebut tentu wajar terjadi.

Saat ingin menggunakan fasilitas perahu, pengunjung diharuskan mengeluarkan sejumlah uang sebelum menggunakannya. Umumnya harga yang harus Anda bayar untuk menyewa perahu tidak terlalu mahal dan Anda tetap bisa berkeliling laut dengan tenang bersama perusahaan persewaan perahu.

Demikian informasi Pulau Bidadari di Labuan Bajo yang bisa Anda temukan jika tertarik mengunjungi pulau eksotis ini. Tak hanya cantik, pulau ini bisa membuat Anda merasakan keindahan dunia yang luar biasa.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button