Rambut Monte, Pesona Danau Eksotis Penuh Mitos di Blitar - WisataHits
wisatahits

Rambut Monte, Pesona Danau Eksotis Penuh Mitos di Blitar

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Tirtomoyo, Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Rambut Monte merupakan tempat wisata di Blitar berupa danau dengan keindahan alam yang menakjubkan. Memiliki air yang begitu jernih berpadu dengan warna biru kehijauan di tengah danau membuat kawasan ini sangat indah.

Terletak di Telaga Rambut Monte, Anda juga bisa melihat puluhan ikan besar berwarna abu-abu berenang hilir mudik. Tidak jarang ikan ini muncul dan memamerkan siripnya yang mirip hiu. Ikan ini dijuluki dengan nama Ikan Dewa oleh warga sekitar. Untuk itu, pengunjung tidak diperbolehkan mandi atau berenang di sini.

Tempat ini tidak hanya menjadi objek wisata, tetapi juga merupakan kawasan cagar budaya. Hal ini dikarenakan kawasan ini memiliki sebuah pura bersejarah yang sering digunakan oleh umat Hindu untuk berdoa pada hari-hari keagamaan.

Daya tarik itu Monte. Rambut memiliki

Atraksi kapiler Monte BlitarKredit gambar: Google Maps Aries Evo

1. Keindahan danau dan alam sekitarnya

Memiliki danau yang luar biasa indah menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Keindahan danau yang memiliki air yang begitu jernih ini semakin lengkap dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya. Jika cuaca cerah, Anda bisa menikmati danau yang memantulkan rindangnya pepohonan yang indah dan awan yang begitu memanjakan mata.

2. Rumah Ikan Langka

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Telaga Rambut Monte Blitar adalah rumah bagi ikan langka asli Indonesia. Keberadaan ikan ini disakralkan oleh warga sekitar, masyarakat percaya bahwa menangkap ikan di danau ini dapat mendatangkan malapetaka dan kutukan.

Namun dibalik mitos tersebut, keberadaan ikan ini harus dijaga dan tidak boleh diganggu, karena nilai sejarah dan aura mistis yang ada di tempat ini memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian dan juga sebagai daya tarik di danau ini.

3. Keberadaan candi bersejarah

Atraksi Rambut Monte BlitarKredit gambar: Google Maps Brontho Dwiatmoko

Kawasan wisata ini masih satu kompleks dengan Pura Rambut Monte, sebuah pura bersejarah yang masih sering digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu. Pembangunan candi dan bangunan kuno di sini bisa membuat Anda merasa seperti berada dalam keadaan kuno.

Suasana di sekitar tempat ini begitu sejuk dan asri. Tentunya sangat cocok untuk anda yang sedang mencari tempat untuk menenangkan pikiran dari segala penat dan masalah sehari-hari. Apalagi karena memiliki beragam bangunan kuno yang menarik, Anda juga bisa memanfaatkan area candi ini untuk mencari foto-foto unik yang pastinya instagenic.

4. Cerita Sejarah

Sebelumnya diketahui bahwa destinasi alam ini merupakan kawasan danau yang memiliki air jernih dengan warna pirus indah yang berasal dari dua sumber. Menurut mitos yang dipercaya masyarakat setempat, warna indah yang tercipta di danau ini berasal dari kisah Mbah Monte, seorang wanita yang tidak memiliki anak.

Singkat cerita, Mbah Monte memiliki dua siswa yang menyalahgunakan ilmu yang diajarkannya. Akhirnya Mbah Monte marah dan membakar pohon-pohon di sekitar danau. Konon ikan di danau ini berasal dari pembakaran pohon oleh Mbah Monte. Dan kedua murid itu berubah menjadi dua mata air di area danau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Rambut Monte BlitarKredit gambar: Google Maps Syamsul Arifin

Telaga Rambut Monte masih berada di kawasan yang sama dengan Candi Rambut Monte di Kecamatan Gundusari. Atau lebih tepatnya terletak di Desa Krisik. Lokasi danau ini berada di antara kaki Gunung Buthak dan Gunung Kelud di Blitar, Jawa Timur.

Objek wisata cagar budaya dan danau dengan air yang begitu jernih ini berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut, membuat udara di kawasan ini terasa begitu segar dan dingin. Selain itu, akses jalan untuk menuju kawasan wisata ini bisa disebut cukup baik, namun masih cukup sempit jika dilalui kendaraan besar.

Untuk rute menuju lokasi, Anda bisa memulai perjalanan dari arah utara yaitu Pasar Wingi. Dari sana, Anda hanya perlu mengikuti jalan utama untuk sampai ke Batu. Setelah melewati jembatan besar, ini tandanya kamu sudah sampai di Desa Krisik.

Anda akan menemukan pasar setelah berjalan sekitar 2 km dari pintu masuk desa Krisik. Dari pasar ini, Anda bisa masuk ke gang di sebelah kanan lalu belok kiri untuk sampai ke tujuan. Saat mengunjungi objek wisata ini, tidak disarankan menggunakan kendaraan bus, karena kondisi jalan yang cukup sempit.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Rambut Monte BlitarKredit gambar: Google Maps Tryyas Eka Pradibtya

Untuk memasuki kawasan wisata Rambut Monte akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000 per orang untuk dewasa dan Rp 2.000 per orang untuk anak-anak. Bisa dikatakan pajak ini merupakan biaya yang cukup murah, namun jangan remehkan keindahan yang ditawarkan di kawasan wisata danau ini, karena keindahannya tidak murah.

Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan berupa biaya parkir kendaraan. Tarif ini dipatok dengan harga yang relatif murah, yakni hanya Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Anda bisa lebih hemat saat berkunjung dengan rombongan lebih dari 25 orang. Karena jika Anda berkunjung dengan rombongan, Anda berpeluang mendapatkan diskon 15%. Hal ini tentunya membuat tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama rombongan, baik keluarga maupun teman.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Hair Monte

Aktivitas Rambut Monte BlitarKredit Gambar: Google Maps Nona Wulan

1. Beri makan ikan

Seperti yang sudah disebutkan, kawasan danau ini banyak terdapat ikan. Hal ini dapat memberikan aktivitas yang menarik berupa memberi makan ikan-ikan di danau ini. Anda bisa membuang makanan ikan berupa kacang-kacangan di area danau. Setelah membuang makanan, Anda akan melihat pemandangan indah dari ikan-ikan yang berkerumun.

Jika Anda tidak memiliki makanan untuk dibagikan dengan ikan-ikan di sini, Anda dapat membelinya dari warung-warung di sekitar danau.

2. Berburu Foto

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berlibur di kawasan wisata Rambut Monte adalah berburu spot foto keren. Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai spot foto instagramable menarik yang dijadikan sebagai background untuk mengabadikan momen liburan Anda.

3. Nikmati suasana alam

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah menikmati segala keindahan alam dan suasana yang ada. Adanya danau biru jernih dan pepohonan hijau disekitarnya menciptakan suasana yang sangat asri dengan udara sejuk dan segar yang bisa membuat anda merasa lebih sejuk.

4. Berkemah dan bersantai di tempat tidur gantung

Aktivitas menata rambut di Monte BlitarKredit gambar: Google Maps menyangkal _nama saya

Bagi Anda yang suka berkemah di alam, tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda. Karena disini terdapat lahan atau lahan kosong yang bisa anda manfaatkan sebagai area camping.

Selain berkemah, Anda juga bisa memasang hammock di sekitar kawasan wisata ini, karena di sebelah timur danau ini terdapat pohon pinus yang saling berdekatan. Anda bisa bersantai dengan duduk atau berbaring di hammock sambil menikmati keindahan alam yang begitu sejuk.

5. Berenang

Memiliki kawasan danau yang dilarang untuk berenang membuat pengelola dan warga sekitar Rambut Monte sepakat untuk membangun kolam renang di kawasan wisata ini. Dengan dibangunnya kolam renang ini, Anda bisa mandi sepuasnya dan bermain air seperti sedang berenang di area danau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi kapiler Monte BlitarKredit gambar: Google Maps Robertus Hari

Bisa dikatakan objek wisata ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Di sebelah selatan danau ini terdapat pos pengamatan yang memiliki ketinggian sekitar 7 meter. Anda bisa memanfaatkan pos pengamatan ini untuk menikmati sepenuhnya keindahan danau.

Selain itu, karena kawasan Danau Rambut Monte tidak boleh digunakan sebagai tempat berenang atau mandi, pengelola juga menyediakan kolam renang khusus agar pengunjung selalu bisa merasakan sensasi berenang di kawasan wisata ini.

Di sini juga tersedia tempat parkir yang memadai, namun saat memasuki musim liburan, tempat parkir ini akan sangat penuh sampai ke jalan raya. Fasilitas penunjang lain yang juga tersedia di kawasan danau ini antara lain beberapa warung makan, kamar mandi dengan air minum, mushola, gazebo dan masih banyak fasilitas lainnya.

Itulah ulasan tentang rambut Monte di Kota Blitar yang memiliki pesona danau yang begitu indah. Tempat wisata ini tentunya bisa menjadi referensi tempat liburan low budget yang bisa Anda kunjungi khususnya di sekitar Kota Blitar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button