Pantai Akkarena, pantai yang indah untuk tujuan wisata keluarga di Makassar - WisataHits
wisatahits

Pantai Akkarena, pantai yang indah untuk tujuan wisata keluarga di Makassar

Keindahan Pantai Akkarena memang tiada tandingannya. Inilah beberapa hal yang membuat pantai Akkarena Makassar wajib masuk daftar wisata Anda.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 06.00-21.00 WITA, Alamat: Jl.Metro Tanjung Bunga No.5, Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Siapa yang tidak suka matahari terbenam? Hampir semua orang menyukai pemandangan matahari terbenam. Panorama langit jingga yang mulai menggelap sangat digemari anak muda. Apalagi jika berada di daerah pesisir. Tentu saja, itu akan menjadi latar belakang terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Ditemani dengan suara deburan ombak dan duduk di atas pasir halus atau menonton dari jauh.

Salah satu pantai yang menawarkan pemandangan sunset terbaik adalah Pantai Akkarena. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Makassar dan saat ini sedang populer. Jika Anda mencari rekomendasi pantai di Makassar, Anda pasti akan menemukan nama pantai yang sekarang sejajar dengan pantai Iosari ini. Pantai masih menjadi tujuan wisata.

Akkarena memungkinkan Anda melakukan segala macam kegiatan keluarga yang menyenangkan. Mulailah dengan bermain di pantai, menikmati wahana yang ditawarkan, menyaksikan matahari terbenam atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai. Bisa dibilang pantai ini sangat cocok dikunjungi saat liburan. Namun, jika Anda belum pernah ke sini, Anda harus tahu dulu seluk beluk Pantai Indai di Makassar.

Sejarah Singkat Pantai Akkarena

Sejarah Pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Muh. Rezky Anugerah A

Ternyata Pantai Akkarena memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Sebelumnya, nama pantai ini adalah Tanjung Bunga. Akhirnya datanglah perusahaan subkontrak dari Sulawesi yang mengambil alih tempat ini dan merenovasinya sedemikian rupa. Sejak saat itu, Tanjung Bunga menjelma menjadi tempat yang bisa dikunjungi wisatawan.

Padahal, sebagian besar wilayah pesisir ini berawa. Namun, dengan ide kreatif seperti membangun resort, kafe, wahana wisata, tempat ini diincar oleh para wisatawan. Ada tambahan pemulihan pembangunan dalam rangka membentuk pariwisata yang menarik. Kemudian, setelah melalui proses yang panjang, tempat ini diberi nama Pantai Akkarena.

Tiket masuk dan rute ke Pantai Akkarena

Jalan Pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Abdul Malik

Karena pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata Makassar yang paling populer, akses jalan cukup mudah. Apalagi lokasinya yang dekat dengan pusat kota Makassar di Sulawesi Selatan membuat tempat ini mudah ditemukan oleh para wisatawan. Berjarak 10 menit dari pusat kota, Anda bisa berjalan kaki untuk sampai ke sana. Di seberang pantai berdiri GTC Mall yang dapat berfungsi sebagai landmark untuk rute tersebut.

Anda tidak perlu membayar mahal untuk memasuki pantai Akkarena. Dari Senin sampai Jumat, biaya masuk yang harus dibayar adalah Rp 10.000. Sedangkan pada akhir pekan akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000, namun belum termasuk parkir. Anda perlu menyiapkan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Sayangnya, harga tiket masuknya terpisah dari wahana. Jika Anda ingin berjudi di wahana, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang. Harga permainan bervariasi. Mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000 sekali jalan. Tarif untuk naik wahana masih cukup terjangkau di dompet.

Sama seperti pantai pada umumnya, tempat ini buka pada pukul 08:00 dan tutup pada pukul 01:10. Apalagi pantai Akkarena selalu buka setiap hari bahkan pada hari libur nasional. Karena akhir pekan selalu menjadi waktu tersibuk bagi wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Makassar yang indah

Fasilitas Pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Rihlah TV

Banyak fasilitas yang disediakan di Pantai Akkarena. Dari fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, tidak salah lagi penempatan kendaraan, kamar mandi bersih, tempat duduk di beberapa tempat untuk pengunjung, dll.

Daya tarik terpenting dari fasilitas di pantai ini adalah tersedianya ruang pertemuan dengan ukuran besar dan kecil. Ada juga mushola yang digunakan sebagai tempat ibadah dan persewaan barang-barang pantai seperti ban atau pelampung. Bagi anak-anak yang ingin berenang bisa menyewa peralatan jika diperlukan.

Selain itu, pantai eksotis ini menawarkan dua pintu masuk dan keluar yang masing-masing memiliki pos jaga. Di pos itulah tiket yang dibeli di pintu masuk pantai harus disimpan sampai kepulangan terakhir dan diberikan kepada petugas yang mengawasi pintu keluar.

Dermaga Cinta, Ikon Pantai Akkarena

Dermaga Cinta Pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Hafsah nuhal

Saat berkunjung ke pantai tentunya mencari spot-spot foto yang bisa dijadikan oleh-oleh atau diunggah ke media sosial. Dermaga Cinta adalah salah satu spot selfie terbaik dengan latar belakang jembatan yang mengarah ke laut.Wisatawan selalu ingat untuk berfoto di dermaga ini sebagai ikon pantai dari Akkarana.

Dermaga ini memiliki panjang sekitar 150 meter dengan lebar 5 meter. Selain digunakan sebagai tempat selfie, dermaga ini juga berfungsi sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal kecil dan menengah.

Rumor menyebutkan dermaga ini sebagai dermaga cinta karena sejarah masa lalu. Dikatakan bahwa dua turis sedang berkunjung ke sini dan salah satunya mengungkapkan perasaannya. Latar belakang senja yang gelap menambah suasana romantis. Terlepas dari rumor yang beredar, tempat ini cukup bagus untuk mengabadikan momen.

Permainan Air Banana Boat

Jalan-jalan di Pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Fannisa Septariana

Salah satu olahraga air yang dapat memicu adrenalin adalah banana boat. Bagi wisatawan yang menyukai tantangan, cobalah wahana air ini. Di dalam perahu berbentuk pisang yang hanya bisa diisi oleh 6 orang. Wajib memakai jaket pelampung karena saat banana boat terbalik nanti, tidak ada yang akan tenggelam, kalau-kalau Anda tidak bisa berenang.

Selain mencoba banana boat, ada wahana air serupa yang tak kalah seru untuk dicoba. Seperti jet ski, speedboat, waterfox, kano, dll. Sedangkan bagi wisatawan yang tidak ingin bajunya basah saat bermain, ada alternatif solusi dengan mencoba perahu di danau cinta.

Taman bergaya mediterania di pantai Akkarena

Taman Pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Yusri Adriant

Pantai Akkarena menawarkan paket lengkap dengan hadirnya taman seluas 450 meter persegi di sekitar pantai. Taman ini dibangun dengan desain dan arsitektur yang menggunakan konsep gaya mediterania agar bangunan terlihat elegan. Menanam deretan pohon kelapa yang menambah sejuknya suasana taman.

Di sana terdapat deretan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil bersantai menikmati suasana di sekitar pantai. Untuk mengisi waktu luang Anda, taman ini juga menawarkan layar LCD, sound system dan hiburan berupa live music.

Segarkan diri sambil memancing di sekitar pantai

Kesegaran Pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Ingrid

Tidak ada larangan memancing di pantai selama mengikuti prosedur yang ditetapkan. Sebelumnya, kapal disewakan untuk kebutuhan wisatawan. Salah satunya bisa digunakan untuk memancing. Anda hanya perlu menyewa perahu dan pergi ke area pemancingan yang telah disiapkan di pantai Akkarena.

Tempat acara terbaik di Makassar

Lokasi Event Pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Rahmat Hidayat

Biasanya banyak acara diadakan di pantai ini sebagai tuan rumah. Pertunjukan seperti festival musik yang diselenggarakan oleh band atau sebelum malam tahun baru, ada pesta berkemah di pantai di mana wisatawan dapat menikmati wisata makanan, api unggun, animasi kembang api.

Acara tahunan yang rutin diadakan di Pantai Akkarena ini adalah festival layang-layang yang menggunakan konsep permainan tradisional. Festival ini menampilkan berbagai ukuran jenis layang-layang. Anak-anak hingga orang dewasa dapat mengikuti acara tersebut. Kegiatan tahunan ini telah masuk dalam kalender acara dewan pariwisata kota Makassar.

Tersedia berbagai hidangan lezat

Tersedia Kuliner Pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Norman Marantika

Bagi wisatawan yang ingin mengisi perut setelah bermain di pantai, datang saja ke taman pantai. Ada beberapa food court yang menawarkan berbagai menu makanan. Dari makanan lokal Makassar hingga internasional.

Panorama keindahan sunset pantai Akkarena

Panorama matahari terbenam di atas pantai AkkarenaKredit gambar: Google Maps Agus aQm

Pantai Akkarena terkenal dengan keindahan sunsetnya yang jauh lebih bagus dari pantai lainnya. Saat langit mulai berubah jingga dan matahari perlahan mulai terbenam di ufuk barat, wisatawan ditempatkan pada posisi yang nyaman untuk mengamati. Kelap-kelip cahaya matahari terbenam yang terpantul di laut mampu membius pengunjung.

Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk menyaksikan matahari terbenam adalah dermaga. Dermaga ini panjang dan dilengkapi dengan kursi taman dan lampu yang menambah suasana romantis. Tak heran banyak pasangan datang ke sini hanya untuk melihat indahnya matahari terbenam di atas Pantai Akkarena yang terkenal dengan suasana romantisnya.

Nah, itulah hal-hal menarik yang bisa ditemukan dari pantai Akkarena. Dari informasi umum hingga detail tentang destinasi wisata tepi laut ini. Sejak awal, pantai selalu menjadi pilihan liburan bagi sebagian orang. Sangat cocok untuk mengunjungi pantai ini bersama kerabat keluarga atau teman dekat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button