Pantai Balangan, pantai favorit para peselancar di Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Balangan, pantai favorit para peselancar di Bali

Pantai Balangan Bali menawarkan pesona alam yang eksotis, tebing berbatu, pasir putih dan ombak yang menantang untuk berbagai aktivitas menarik, mulai dari berselancar hingga panorama matahari terbenam.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Balangan, Ungasan, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Pantai Balangan sukses memikat hati para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai yang merupakan “surga tersembunyi” di pulau Bali ini sangat eksotis dan mempesona dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Tidak heran jika disebut sebagai “surga tersembunyi” karena pantai ini belum terpengaruh sebanyak “sejuta pantai” lainnya.

Bagi Anda yang membutuhkan ketenangan dengan suasana pantai di kawasan Badung yang sepi dan tidak terlalu ramai, tempat wisata ini menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi untuk menemani liburan Anda. Pantai ini terletak di kawasan Bukit Pecatu di wilayah selatan Bali. Pantai tersembunyi ini dikenal luas oleh wisatawan sebagai tuan rumah kompetisi berselancar tingkat global.

Lagu ini dianugerahi sebagai versi pertama CNN Go dalam daftar 5 Pantai Tersembunyi Terbaik Di Bali pada Januari 2012. Karena suasananya yang tenang dan lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk pusat kota, pantai ini sering disebut sebagai pantai pribadi. Pantai ini membentang sekitar 1 km dengan dua tebing batu karang yang mengapitnya.

Atraksi Pantai Balangan

Aktivitas Pantai BalanganKredit gambar: Google Maps Pavel Maksin

Dari pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan laut biru sambil menyaksikan aktivitas Bandara Internasional Ngurah Rai dari jauh. Di bagian timur pantai dibatasi oleh tebing-tebing tinggi dengan lekukan di bawahnya akibat tergerus ombak. Kemudian di sebelah barat dibatasi oleh tebing-tebing tinggi dengan rerumputan hijau dan deretan pohon kelapa yang indah.

1. Memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya

Meski namanya belum banyak diketahui masyarakat, pantai tersembunyi ini memiliki keunikan yang tidak banyak ditemukan di pantai lainnya. Warna pasir pantainya tidak hanya putih melainkan putih kecoklatan dan bercampur pasir hitam di beberapa tempat. Tekstur batu berjamur berwarna hijau dan coklat di pantai ini juga sangat unik.

Di beberapa tempat di Pantai Balangan terdapat ruang-ruang kosong yang berisi air jernih, sehingga banyak ikan yang terperangkap di ruang tersebut. Di sini Anda tidak hanya bisa bermain air pantai, tetapi juga bermain bebas dengan ikan-ikan tersebut.

2. Lokasi pilihan untuk peselancar kelas dunia

Pesona keindahan pantai ini masih sangat alami. Peselancar kelas dunia menjadikan pantai ini sebagai tempat favorit mereka karena pantai ini memiliki ombak yang besar, tinggi dan panjang. Karena ombaknya tergolong berbahaya dan sulit, peselancar pemula disarankan untuk tidak mencoba berselancar di pantai ini.

Pantai ini merupakan salah satu spot surfing terbaik di pulau Bali. Pada bulan-bulan tertentu saat ombak sedang kencang, banyak peselancar kelas dunia berduyun-duyun datang ke sini. Pantai ini juga dikenal sebagai tempat diadakannya kompetisi selancar kelas dunia karena ombaknya yang menantang.

3. Menawarkan panorama alam yang romantis

Panorama alam yang disuguhkan pantai ini sangat indah, apalagi saat senja. Bagi Anda yang suka mengejar sunset, pantai ini adalah tempat yang tepat. Suasana senja dengan semburat lukisan warna langit yang indah ditambah dengan semilir angin yang sejuk dan suara ombak yang tenang membuat pantai ini semakin eksotis dan romantis.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Balangan

Lokasi Pantai BalanganKredit gambar: Instagram Eko Wibowo, RFP

Pantai yang disajikan sebagai surga tersembunyi Letaknya sekitar 20 kilometer dari kawasan wisata desa Kuta. Destinasi wisata ini terletak di Desa Uluwatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Pantai ini cukup mudah diakses karena pemerintah setempat telah memperbaiki beberapa titik jalan yang rusak.

Ada banyak penginapan yang bisa Anda pilih untuk menuju ke tempat ini. Anda dapat menyewa sepeda motor atau mobil atau menggunakan taksi. Namun, disarankan untuk menyewa mobil dengan sopir atau menggunakan taksi agar Anda tidak kesulitan menemukan lokasi dan tidak tersesat di jalan.

Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 hingga 55 menit untuk sampai kesana menggunakan kendaraan roda dua atau empat jika anda berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Jarak dari Bandara Ngurah Rai ke pantai ini hanya sekitar 15 kilometer. Rute terbaik menuju Nusa Dua melalui Jl. Je Gusti Ngurai Rai – Jl. Raya Uluwatu Jimbaran – Jl. Pantai Balangan.

Jika anda memulai dari kota Denpasar, jarak tempuh menuju pantai ini sekitar 45 menit. Rute terbaik yang bisa Anda tempuh dari kota Denpasar untuk menuju lokasi adalah dari Denpasar dengan memasuki Jalan Teuku Umar – Jalan Imam Bonjol – Jalan Sunsed Road – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jl. Uluwatu II – Jl. Raya Uluwatu – Jl. Balangan Pantai.

Harga Tiket Masuk Bali Balangan Beach Tour

Harga Tiket Bali Balangan BeachKredit gambar: Google Maps Yuda Satrio

Anda yang menginginkan suasana pantai yang menenangkan bisa mencoba mengunjungi pantai ini tanpa harus khawatir dengan jam buka. Pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam dan tidak menghalangi wisatawan yang ingin mengunjunginya karena tiket masuk untuk kunjungan ini hanya dipatok Rp 5.000 per orang.

Biaya parkir sebesar Rp 2000 akan dikenakan jika Anda mengunjungi pantai ini menggunakan kendaraan roda dua. Selama ini, jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Jika Anda pergi ke pantai ini dengan taksi, Anda membutuhkan anggaran sekitar Rp 200.000 dari bandara Ngurah Rai.

Harga sewa motor di kawasan pulau Bali berkisar Rp 75.000 hingga Rp 100.000 per hari. Kemudian untuk sewa mobil Avanza harga tanpa sopir sekitar Rp 225.000 hingga Rp 250.000 per hari sedangkan jika lengkap dengan sopir sekitar Rp 500.000 selama 10 jam. Akan lebih nyaman jika Anda menyewa sekaligus dengan sopir yang mengetahui rute menuju lokasi dengan sangat baik.

Di pantai ini juga disediakan persewaan kursi untuk berjemur dan tenda payung. Jika Anda tertarik, Anda bisa menyiapkan budget Rp 50.000 per kursi untuk menyewa kursi berjemur yang bisa Anda pakai seharian. Jika ingin menyewa tenda payung agar tidak kepanasan, Anda bisa merogoh kocek Rp 50.000 per payung yang bisa digunakan seharian.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Balangan

Aktivitas di Pantai BalanganKredit gambar: Twitter #COYG

1. Tunggu matahari terbenam dari tempat terbaik

Anda bisa melihat aktivitas pulang pergi di kawasan bandara Ngurah Rai di pantai ini dari jauh. Di pagi hari, Anda juga bisa melihat aktivitas bongkar muat ikan hasil tangkapan di atas kapal nelayan di Pantai Kedonganan.

Aktivitas yang paling menarik adalah menunggu matahari terbenam dari spot terbaik di pantai. Tempat terbaik di pantai ini adalah di tebing barat karena sunset sangat indah dilihat dari tempat ini. Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini pada sore hari karena ingin melihat keindahan matahari terbenam dari pantai yang merupakan “surga tersembunyi” Bali.

2. Bermain selancar

Bagi Anda yang sangat jago berselancar, Pantai Balangan adalah tempat yang tepat untuk memanjakan hobi berselancar Anda. Para peselancar asing, khususnya Australia, sering mengunjungi pantai ini hanya untuk bermain selancar. Peselancar asing sangat nyaman menaklukkan ombak dengan papan selancar mereka dari pagi hingga malam.

3. Berjemur di pantai

Jika tidak ingin berselancar, Anda bisa merogoh kocek Rp 100.000 untuk menyewa kursi geladak dan tenda payung yang bisa Anda gunakan untuk berjemur seharian di pantai. Sambil berjemur, Anda bisa menyaksikan anak-anak Anda bermain air dan bermain pasir di tepi pantai.

4. Nikmati masakan pesisir

Anda tidak perlu khawatir jika lapar atau haus karena di sekitar pantai terdapat kafe-kafe yang dikelola oleh warga sekitar. Menu khas pantai yang ditawarkan sangat bervariasi. Jangan lupa untuk memesan es krim kelapa muda karena minuman ini menjadi pilihan favorit para wisatawan untuk menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh.

5. Lakukan pemotretan pre-wedding

Bagi Anda yang berencana untuk menikah dan sedang mencari tempat untuk pemotretan prewedding, Anda bisa memilih pantai populer ini karena romantisme yang disuguhkan pantai ini tidak ada duanya. Setiap hari selalu ada fotografer yang sibuk memotret pasangan yang sedang melakukan momen prewedding.

6. Ikuti yoga

Anda yang mendambakan tubuh ideal dan sehat dapat mencoba mengikuti olahraga relaksasi di Yoga Studio. Olahraga ini banyak diikuti oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Aktivitas yoga di sini sangat menarik karena didukung oleh pemandangan matahari terbenam yang indah.

Penginapan murah dekat pantai Balangan

Akomodasi di Pantai BalanganKredit gambar: Google Maps Ferdinand Leonidas

1. X2 Bali Breakers Resort

Hotel bintang 5 yang terletak di Jl. Pantai Balangan ini mengusung konsep super mewah. Tarif kamar per malam mulai dari Rp 2.899.916 sudah termasuk pajak. Meski terbilang cukup mahal, Anda akan dimanjakan dengan perlengkapan yang sangat lengkap. Fasilitas super lengkap sangat sepadan dengan harga kamar per malam yang ditawarkan.

2. Kamar Tepi Pantai Balangan

Anda bisa memilih hostel ini jika ingin melihat pemandangan pantai langsung dari jendela kamar. Hostel ini hanya berjarak 43 meter dari pantai. Meski sangat dekat dengan pantai, Anda akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap di hostel ini.

3. Vila Tepi Tebing Nakar

Jika Anda ingin menginap di tempat yang khusus ditempati oleh Anda dan keluarga, Anda bisa memilih vila ini. Fasilitas villa ini lengkap dan modern. Lokasinya hanya 195 meter dari bibir pantai. Anda hanya perlu 3-5 menit berjalan kaki untuk sampai ke pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Balangan Bali

Fasilitas Pantai Balangan BaliKredit gambar: Google Maps Bram Smart Relax bali

Pantai ini, meski letaknya tersembunyi, namun fasilitasnya cukup lengkap sehingga wisatawan khususnya wisatawan asing tidak pernah bosan berkunjung ke sini. Fasilitas seperti penjaga pantai, kamar mandi, studio yoga, kafe hingga tempat relaksasi berupa kursi santai dengan tenda payung tersedia. Akomodasi di sekitar pantai juga banyak tersedia.

surga tersembunyi di Bali tetap berhasil membuat wisatawan terpesona dengan keindahannya. Suasananya yang tenang dan menentramkan bisa membuat Anda jatuh cinta pada pandangan pertama. Apalagi ditambah dengan fasilitas yang cukup lengkap, Anda tidak akan pernah berpaling dari pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button