Pantai Kedung Tumpang, pantai indah yang mempesona dan karang yang eksotis di Tulungagung - WisataHits
wisatahits

Pantai Kedung Tumpang, pantai indah yang mempesona dan karang yang eksotis di Tulungagung

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pucanglaban, Kec. Pucang Laban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Kedung Tumpang adalah sebuah pantai indah yang terletak di sebelah timur pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Tulungagung. Pantai ini terbentuk oleh sekelompok karang yang memiliki beberapa laguna atau kolam yang terbentuk secara alami karena proses alam.

Pantai ini memiliki banyak sekali keindahan yang membuat wisatawan berbondong-bondong datang ke sini. Bentuk lagunanya indah, airnya jernih dan bersih untuk kita berenang, karangnya dipenuhi lumut hijau, dan masih banyak keindahan lainnya di sana.

Tak hanya itu, ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk menunjang aktivitas para wisatawan. Walaupun akses menuju kesana cukup sulit, namun semua perjuangan kita untuk menuju kesana akan terbayar dengan keindahan yang ada disana.

Atraksi Pantai Kedung Tumpang

Aktivitas di Pantai Kedung TumpangKredit gambar: Google Maps Johan Nur Cahyo

Tak hanya Lombok dan Bali, Pulau Jawa juga memiliki banyak destinasi pantai yang tak kalah indahnya. Pantai Kedung Tumpang salah satunya. Pulau ini memiliki pesona tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain di daerah tersebut. Apalagi bagi para pecinta fotografi, tentunya pantai yang indah ini bisa menawarkan sisi menarik dan keunikan tersendiri.

1. Bentuk pantai

Salah satu daya tarik pantai ini adalah bentuk pantainya yang terbentuk dari gugusan karang yang memiliki beberapa kolam atau biasa disebut laguna, yang terbentuk secara alami karena proses alam.

2. Karang

Daya tarik selanjutnya dari pantai ini adalah karangnya. Di pantai ini, terumbu karang laut yang tersebar berukuran besar dan dapat menahan deburan ombak pantai yang kencang. Terletak di dekat pantai, karang ini sangat menawan, dengan kolam air biru jernih.

3. Tebing

Di Pantai Kedung Tumpang juga terdapat tebing-tebing tinggi yang sangat sulit namun masih bisa didaki oleh wisatawan. Saat kita kesana, jangan lupa untuk menikmati sensasi melihat keindahan pantai dari atas tebing. Jika kita ingin mendaki tebing, pastikan menggunakan sepatu dan pakaian yang bisa menopang kita untuk bisa mendaki tebing, karena medan disana cukup sulit dan juga terjal.

4. Tempat foto

Objek Wisata Pantai Kedung TumpangKredit gambar: Google Maps Sigit Noviantono

Banyaknya keindahan alam yang ada di sana, bisa kita manfaatkan sebagai objek foto. Seperti berfoto di laguna yang indah di sana, tebing yang menjulang tinggi dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan spot foto menarik.

5. Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang menarik

Melihat keindahan dari matahari terbit hingga terbenam menjadi tujuan utama sebagian wisatawan saat berkunjung ke pantai ini. Bagaimana tidak, pantai merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Sama seperti di Pantai Kedung Tumpang, tidak seperti tempat lain, kita bisa menikmati sensasi melihat indahnya matahari terbit dan terbenam yang mempesona langsung dari atas tebing.

6. Ada beberapa kolam alami

Ada beberapa kolam yang terbentuk secara alami di sana. Letaknya di permukaan karang atau biasa disebut laguna. Air yang memiliki warna hijau semu ini berwarna biru dengan gradasi warna kuning jika dilihat dari atas tebing sesekali. Bentuk laguna yang berbeda dan tidak beraturan menjadikannya daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Kedung TumpangKredit Gambar: Google Maps alexandra ca

Pantai Kedung Tumpang terletak di Jawa Timur, Tulungagung, tepatnya di Kecamatan Pacunglaba, Desa Pacunglaba, Jawa Timur. Akses menuju pantai ini cukup sulit dan rumit, ditambah lagi dengan jalan yang terjal masih belum mulus.

Kita lebih mudah melalui Jalan Pesantren ke Jalan Kalidawir sampai Panjerejo lalu belok kiri. Jika kita menemukan rumah sakit di persimpangan jalan, ikuti saja jalan lurus sekitar 2 kilometer, lalu belok kanan setelah SPBU di sisi kiri jalan.

Perjalanan dilanjutkan sekitar 1,5 kilometer menuju Jalan Demuk. Kita akan melintasi jalan yang berkelok-kelok dengan medan dan kemiringan yang cukup terjal. Setelah itu, lanjutkan perjalanan sekitar 21 kilometer, mengikuti rambu-rambu yang ada di sekitar area tersebut. Nanti kita akan sampai di tempat parkir dan akhirnya kita akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki hingga sampai di tempat tujuan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai Kedung TumpangKredit gambar: Google Maps Antonius Joseph

Jika kita pergi pada hari kerja kita bisa masuk tanpa dikenakan biaya karena tidak ada penjaga di sana. Namun, jika kita pergi ke sana pada akhir pekan atau hari libur, kita akan dikenakan biaya parkir dan tiket masuk karena ada agen layanan.

Untuk tiket masuknya sendiri, kita harus membayar Rp 5.000 per orang. Selama ini, harga parkirnya berbeda. Untuk motor sendiri kita harus membayar Rp 3.000,- sedangkan untuk mobil kita harus membayar Rp 5.000,-.

Pantai ini tidak dikelola dengan baik, sehingga penjaga yang menjaganya tidak mengawasi setiap hari, hanya pada hari libur atau akhir pekan. Dengan demikian, pengunjung bisa pergi ke sana dengan bebas tanpa membayar di hari biasa.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kedung Tumpang

Aktivitas di Pantai Kedung TumpangKredit gambar: Google Maps Sentot Alibasah

1. Nikmati pemandangan pantai

Salah satu hal yang menarik untuk dilakukan jika kita berkunjung ke pantai tentunya adalah menikmati keindahan alamnya. Apalagi pantai ini memiliki keindahan alam yang tidak bisa didapatkan di pantai lain.

Banyak tebing tinggi yang bisa didaki untuk melihat keindahan pantai saat matahari terbenam dan matahari terbit. Karang, beberapa laguna, air laut yang jernih dan masih banyak lagi.

2. Ambil gambar

Sayang sekali jika kita ke sana hanya untuk melihat pemandangan, tapi tidak mengabadikannya melalui kamera. Karena pemandangan yang indah ada sayang jika tidak diabadikan dengan lensa kamera.

3. Berenang

Aktivitas Menarik di Pantai Kedung TumpangKredit Gambar: Google Maps candra wijaya

Hal menarik berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Pantai Kedung Tumpang adalah berenang. Di Kedung Tumpang, Anda bisa berenang di kolam alami atau laguna. Sensasi berenang di kolam renang pribadi dengan pemandangan laut yang indah akan kita rasakan.

Namun, kita hanya diperbolehkan berenang saat air sedang surut yaitu saat hari masih pagi, selain itu kita tidak diperbolehkan berenang.

4. Bersantai

Selain menikmati pemandangan alam, pantai yang indah ini memang menjadi tempat yang tepat untuk bersantai. Indahnya pemandangan alam yang disuguhkan, suasana tenang dan damai, udara segar dan semilir angin pantai tentunya menjadi kombinasi yang tepat untuk kita bersantai sekedar melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Akomodasi di sekitar

Akomodasi di dekat Pantai Kedung TumpangKredit Gambar: Google Maps OYO Life 2508 Alba Suites Homestay

1. Homestay Pak Kentong

Salah satu hostel di dekat Pantai Kedung Tumpang, yang pertama adalah Homestay Pak Kentong, banyak wisatawan yang memilih untuk menginap disini karena akomodasi yang layak dan nyaman. Bangunan hostel ini berdesain modern, tempat parkir cukup luas dan harga tidak terlalu mahal.

2. Keluarga angkat Bu Efy

Hostel ini sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang memiliki keluarga kecil, karena daya tampung di sana lumayan dan fasilitasnya memadai. Jika ingin menginap, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 200.000 per malam. Penginapan yang sangat recommended, cukup murah, tidak mengosongkan kantong kita.

3. Homestay Alba Suites

Penginapan terakhir yang direkomendasikan adalah Alba Suites. Hostel ini terkenal dengan akomodasinya yang bersih dengan biaya sewa yang terjangkau. Kita hanya perlu membayar tarif sewa Rp 150.000 per malam ditambah biaya ranjang tambahan sebesar Rp 75.000. Selain harga yang cukup bersahabat, fasilitas yang tersedia juga memadai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Kedung TumpangKredit gambar: Google Maps Jaim-Production.com

Tentunya sebagai tempat wisata keberadaan fasilitas tentu sangat penting untuk menunjang kegiatan wisata. Begitu juga fasilitas di pantai Kedung Tumpang, sayangnya karena pengelolaan pantai ini kurang baik, maka fasilitasnya juga terbatas.

Di pantai ini hanya terdapat beberapa fasilitas umum dan beberapa fasilitas penunjang. Untuk fasilitas umum hanya ada beberapa warung makan, tempat parkir dan toilet. Ada juga kursi tapi tidak terlalu banyak. Sedangkan untuk fasilitas penunjang disediakan beberapa area spot foto dan objek foto.

Seperti beberapa kolam yang terbentuk dari proses alam atau biasa disebut laguna, tebing-tebing tinggi yang semuanya bisa kita manfaatkan sebagai spot foto yang indah. Dan ada perlengkapan keselamatan yang disediakan bagi wisatawan yang ingin mendaki tebing.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung. Pemandangan alam yang indah di sana, tersedianya banyak spot foto dan objek foto, serta suasana yang tenang dan damai tentunya sangat cocok jika dijadikan tempat menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Memang jalur yang berlangsung disana cukup sulit, namun semuanya akan terbayar dengan indahnya pemandangan alam yang ada disana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button