Panduan Lengkap Wisata Kuliner Hokkaido - WisataHits
wisatahits

Panduan Lengkap Wisata Kuliner Hokkaido

Panduan Lengkap Wisata Kuliner Hokkaido

Wisata kuliner di Hokkaido Jepang merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang sangat beragam. Setiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing yang akhirnya menjadi daya tarik tersendiri. Memang jika kuliner khas daerah sangat hadir, bisa jadi berbagai kuliner tersebut menjadi daya tarik wisata bagi suatu daerah. Contohnya adalah Hokkaido.

Hokkaido, sebuah prefektur yang terletak di ujung utara Jepang, sering disebut yukiguni alias negeri salju, karena di prefektur ini turun salju lebat saat musim dingin tiba. Tapi tahukah teman-teman kalau Hokkaido memiliki julukan lain yaitu Food Kingdom alias Food Kingdom.

Memang di prefektur ini banyak terdapat bahan makanan berkualitas tinggi, baik dari darat maupun laut; dan pada akhirnya melahirkan keragaman kuliner yang berkualitas dengan cita rasa yang unik dan lezat.

Bagi sobat yang berencana untuk mengunjungi Hokkaido atau sekedar ingin mengetahui makanan khas daerah tersebut, mari simak panduannya berikut ini.

Ramen, menu segala mie dan makanan berkuah lainnya

Orang Jepang dikenal sangat menyukai ramen, kuliner kuah mi yang dipercaya berasal dari China. Tapi di Hokkaido, ramen justru lebih populer. Mungkinkah karena suhu udara di Hokkaido jauh lebih sejuk dibanding wilayah Jepang lainnya karena posisinya yang lebih dekat dengan Rusia, sehingga makanan panas lebih disukai? Siapa tahu.

Yang pasti, tidak sulit menemukan ramen di Hokkaido dan hampir setiap daerah memiliki keunikan ramennya masing-masing. Ada 3 jenis saus ramen dasar yang bisa dipilih, yaitu kecap asin, saus miso, dan saus asin.

Kota Hakodate populer untuk menemukan ramen dalam kaldu asin/garam, sedangkan kota Asahikawa dan Kushiro populer dengan ramen kecapnya. Tapi Ramen Sapporo disebut-sebut sebagai tempat mencicipi Ramen terenak di Hokkaido.

Sapporo Hokkaido RamenRamen Sapporo Hokkaido melalui Match-jp

makanan daging

Di antara banyak kuliner khas Hokkaido, Genghis Khan Ini disebut-sebut sebagai salah satu kuliner yang wajib dicoba setelah ramen. Genghis Khan, atau Jingisukan, adalah yakiniku Jepang (daging panggang) yang dipanggang dengan sayuran dalam panci khusus berbentuk helm.

Ada 2 cara untuk menikmati sajian kuliner ini, yaitu dengan cara mencelupkan daging ke dalam kuah dan memanggangnya, atau dengan memanggangnya terlebih dahulu lalu mencelupkannya ke dalam kuah. Dagingnya biasanya domba berumur 2 tahun atau lebih. Masakan ini konon terinspirasi dari Genghis Khan, pendiri Kerajaan Mongol yang sangat menyukai daging.

Selain itu, Jenghis Khan sangat cocok disantap dengan bir, artinya salah satu tempat terbaik untuk mencicipi hidangan ini adalah di kota Sapporo yang terkenal dengan bir Sapporo-nya.

Jingisukan melalui Live JepangJingisukan melalui Live Jepang

makanan laut

Hokkaido populer sebagai salah satu daerah penghasil makanan laut berkualitas tinggi dibandingkan dengan daerah lain di Jepang. Jadi jangan heran kalau masakan bertema seafood sangat populer di sini, atau setidaknya seafood segar sangat populer di Hokkaido.

Ada beberapa daerah di Hokkaido yang memiliki makanan laut andalannya, seperti daerah Akkeshi yang populer dengan kerangnya. Hakodate populer dengan cumi-cuminya, dan salmon secara keseluruhan dianggap sebagai makanan laut yang mewakili Hokkaido.

Ada beberapa kuliner khas yang bahan utamanya adalah salmon. Chan Chan Yaki, atau Salmon Hotpot, adalah salah satunya. Masakan ini terdiri dari salmon dan campuran sayuran dalam saus berbasis miso dan dikenal sebagai panci nelayan.

Hidangan kuliner lain yang menggunakan ramen adalah Ishikari Nabeyaitu rebusan dengan irisan salmon dan saus miso.

Sanpei-jiru juga merupakan makanan khas Hokkaido yang dibuat dengan salmon dan saus miso. Hanya saja, hidangan ini lebih mirip sup miso musim dingin dan biasanya diberi topping campuran sayuran seperti daikon, kentang, wortel, dan bawang bombay. Alternatif menu salmon lainnya adalah Ruibe.

Menu ini sebenarnya mirip dengan sashimi. Salmon dibekukan secara alami di luar ruangan, diiris tipis dan dimakan polos. Konon masakan ini merupakan warisan masyarakat Ainu yang akan menjadi nenek moyang masyarakat Hokkaido.

Ishikari Nabe di Live JepangIshikari Nabe di Live Jepang

Di Hokkaido, hidangan seafood juga populer sebagai hidangan mangkuk. Misalnya Nama Persatuan Donburi (mangkuk nasi bulu babi mentah), yang merupakan donburi (hidangan mangkuk nasi) dengan bulu babi mentah.

Jika Anda tidak yakin bisa makan sesuatu yang benar-benar mentah, cobalah. United Ikura-don yaitu semangkuk nasi dengan campuran telur ikan salmon dan bulu babi. Kaisen-don, yaitu semangkuk nasi dengan berbagai topping seafood (seperti kepiting, salmon, landak laut, tuna, dll.) juga sangat populer di sini.

tambahan lainnya, Ika Somen juga patut dicoba di Hokkaido. Hidangan ini sebenarnya adalah cumi-cumi yang diiris sangat tipis hingga menyerupai mi dan dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam kuah celup, persis seperti saat makan somen (mie dingin). Somen Ika populer di kawasan Hakodate, dan penampilannya bisa dilihat di foto berikut.

Hokkaido Ika Kuliner SomenIka Somen di Wikipedia

Lainnya

Selain jenis masakan yang disebutkan di atas, Hokkaido terkenal sebagai salah satu daerah penghasil alkohol terbaik di Jepang. Bir, sake, anggur, wiski, merek terbaik bisa ditemukan di Hokkaido. Prefektur ini juga dihargai karena berbagai produk pertanian dan olahannya.

Jagung bakar, sosis, buah, dan bacon lokal juga populer. Intinya, kuliner yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari repertoar kuliner Hokkaido yang sebenarnya. Jadi jangan ragu untuk merencanakan kunjungan kuliner ke kerajaan makanan!

* * * * * *

Demikian ulasan tentang Hokkaido Food Tour Guide yang dapat kami perkenalkan, semoga bisa menjadi panduan bagi anda yang ingin bersenang-senang sambil makan di Hokkaido.

Kunjungi juga: 31 kegiatan dan atraksi menyenangkan di Hokkaido

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button