Taman Cikal Tempuran, destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk liburan keluarga di Bantul - WisataHits
wisatahits

Taman Cikal Tempuran, destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk liburan keluarga di Bantul

Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 10.00-16.00 WIB, Alamat: Cikal, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Taman Tempuran Cikal merupakan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi saat liburan tiba. Tempat wisata ini terletak di jogja tepatnya di kabupaten bantul. Perpaduan antara wisata alam dan permainan tidak pernah sepi pengunjung. Yang datang bukan hanya warga Jogja, tapi juga dari luar kota.

Dari namanya mungkin Anda sudah mengira kalau objek wisata di Bantul ini berupa lapangan luas yang dipenuhi bunga-bunga cantik. Sayangnya anggapan Anda salah, pemandangan yang Anda dapatkan saat berada di sini sebenarnya adalah aliran sungai yang terbentang hingga ke kejauhan. Tentu saja, Sungai Opak tersebut membelah sebagian kota Gudeg.

Selain sungai yang airnya jernih, keindahan tempat wisata ini juga didukung oleh rimbunnya pepohonan yang berjejer sempurna di sepanjang sungai. Mengunjungi tempat ini kurang cocok jika Anda seorang diri, karena banyaknya wahana menegangkan yang ditawarkan. Kebanyakan dari mereka berasal dari kelompok keluarga dan pasangan yang ingin menghabiskan waktu bahagia bersama.

Daya tarik taman Cikal Tempuran

Objek Wisata Taman Cikal TempuranKredit gambar: Google Maps Kriz

Untuk mengetahui apa saja yang ada di Taman Tempuran Cikal, kita bahas terlebih dahulu daya tariknya. Setiap wisatawan yang datang pasti karena daya tarik yang dimilikinya. Hal ini juga berlaku untuk tempat wisata lainnya. Namun khusus untuk kali ini, inilah beberapa pesona yang dimilikinya!

1. Alam yang Indah dan Indah

Tempat wisata kini berada tidak jauh dari perkotaan, namun suasananya mirip dengan pedesaan. Alam yang asri dan asri adalah daya tarik pertama yang harus dibicarakan. Lokasinya penuh dengan semak belukar sehingga kesan kesegaran sangat terasa. Pepohonan yang bertepi rapi ini memberikan warna hijau dan menyegarkan pandangan.

Tidak perlu sampai di lokasi utama, selama perjalanan Anda juga akan menemukan keindahan alam yang mungkin tidak Anda temukan di tempat lain. Sebagian besar pohonnya didominasi oleh bambu dengan ciri khas daunnya yang bergemerincing saat ditiup angin. Beberapa di antaranya merupakan tanaman hias yang sengaja ditanam di sepanjang jalan menuju lokasi wisata.

2. Keindahan Sungai Opak

Daya tarik selanjutnya di Taman Tempuran Cikal adalah Sungai Opak yang terlihat begitu indah. Sungai ini merupakan salah satu yang terpanjang di Jogja dan membelah beberapa wilayah. Dengan panjang mencapai 65 kilometer, sungai ini membentuk kelokan di beberapa sisi. Tak heran jika ada yang menganggapnya sebagai Sungai Amazon Jogja.

Saat berada di tempat wisata, terkadang air sungai terlihat begitu jernih dengan warna hijaunya. Warna tersebut seolah-olah dihasilkan dari pantulan pepohonan rindang yang tumbuh subur di tepian sungai. Kalaupun tidak, karena air Sungai Opak terkadang berwarna hijau.

Beberapa tanaman yang tumbuh subur di tepi sungai memiliki pepohonan yang sangat lebat. Selama disini tidak panas walaupun panas. Ada juga pepohonan yang terlalu dekat dengan air seolah ingin bercermin. Anda bisa melihat pemandangan ini sambil bersantai atau melakukan hal lain.

3. Putaran penuh permainan

Bukan hanya keindahan dan suasana yang menjadi daya tarik Taman Tempuran Cikal, wahana yang tersedia juga sangat lengkap. Bagi anak-anak yang menyukai tantangan, mencoba melayang di atas kelelawar buah pasti menyenangkan dan mengasyikkan. Di salah satu kawasan juga tersedia persewaan sepeda gunung dan sepeda track dengan jalur yang cukup menantang.

Selain wahana darat, wahana air juga tersedia di sini. Beberapa pengunjung bahkan menjadikannya favorit, terutama bagi pasangan. Wahana air yang ditawarkan meliputi kano, perahu, dan speedboat. Pengunjung akan diajak menyusuri Sungai Opak dan melihat pemandangan di sekitar lokasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Cikal TempuranKredit Gambar: Google Maps Cupiid Musliha

Untuk menuju Taman Cikal Tempuran, Anda harus menuju ke Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Dari pusat kota Bantul atau Imogiri yang berjarak sekitar 15 kilometer, Anda membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke sana. Bagi Anda yang saat ini berada di pusat kota, arahkan kendaraan menuju RS Nur Hidayah.

Kemudian menuju ke arah kawasan Wonokromo dan belok kanan setelah pertigaan menuju desa Pleret. Tujuan Anda selanjutnya adalah Jalan Ngablak dan seberangi jembatan di atas Sungai Opak. Perjalanan dilanjutkan melintasi Jalan Sitimulyo Sogoroyoso menyusuri Sungai Opak.

Sekitar 1 kilometer Anda akan sampai di Jalan Pagargunung, terus berjalan hingga melewati Jalan Kp. Ikuti terus jalan raya tersebut hingga tiba di kawasan Cikal. Mengikuti petunjuk, Anda akan tiba di lokasi wisata. Tujuan anda tidak jauh dari lapangan olah raga Cikal, silahkan jadikan sebagai landmark selanjutnya agar tidak bingung.

Harga Tiket Masuk Cikal Tempuran Park

Tiket Taman Tempur CikalKredit Gambar: Mode Tenang Google Maps

Taman Tempuran Cikal merupakan tempat wisata yang terbuka untuk umum, siapapun bisa masuk dan menikmati semua fasilitas yang disediakan. Namun pastikan untuk menyiapkan budget terlebih dahulu sebagai tiket masuk, karena tempat ini dikenakan biaya. Bagi wisatawan yang memasuki kawasan wisata ini dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah.

Tarif tersebut hanya untuk memasuki kawasan wisata, belum termasuk biaya parkir. Bagi yang membawa sepeda motor, siapkan tambahan 2.000 rupiah. Sedangkan bagi yang membawa mobil dikenakan tarif retribusi sebesar Rp 5.000. Juga, ada biaya tambahan bagi mereka yang ingin mencoba wahana yang mendebarkan.

Misalnya, untuk wahana air berupa kano, harus ditambah biaya sebesar Rp 5.000. Jika ingin menjelajahi Sungai Opak dengan speedboat, dana yang dibutuhkan hanya Rp 10.000. Ada juga wahana darat yang juga seru, misalnya flying fox yang disewakan Rp 5.000 sekali naik.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Tempuran

Aktivitas Taman Cikal TempuranKredit Gambar: Google Maps Theodurus Natanael

Setelah mengetahui informasi mengenai objek wisata, tempat dan harga tiket masuk Taman Tempuran Cikal, saatnya Anda mengetahui aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana. Jika melihat ulasan tempat wisata di atas, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Turuni Sungai Opak

Tak bisa dipungkiri, objek wisata menarik ini memiliki nilai lebih dari Sungai Opak. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya menyusuri sungai terpanjang di Jogja ini. Ada tiga pilihan kegiatan ini yaitu penggunaan kano, perahu wisata dan speedboat yang menjadi pilihan banyak pengunjung.

2. Piknik santai di Taman Tempuran Cikal

Suasana alam yang asri seakan berada di tengah hutan membuat Taman Tempuran Cikal menjadi tempat piknik santai. Ada banyak medan yang cocok untuk kegiatan ini, sediakan saja alas agar lebih santai. Di salah satu lokasi terdapat taman bermain, Anda bisa melihat anak-anak sambil piknik santai.

3. Cobalah perjalanan satu arah

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di sini adalah mencoba wahana-wahana keluar. Seperti yang sudah disebutkan di chapter sebelumnya, kamu bisa mencoba melayang dari ketinggian dengan flying fox. Selain itu, bersepeda gunung juga patut dicoba jika Anda menyukai tantangan. Medannya cukup seru, anak-anak pun bisa mencobanya.

4. Wisata Kuliner Khas Jogja

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Taman Tempuran Cikal tanpa mencoba kulinernya. Di sepanjang kawasan wisata terdapat warung-warung yang berjejer rapi. Sebagian besar merupakan masakan khas Jogja, sebagian lagi merupakan masakan modern yang dapat ditemukan di beberapa tempat lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Cikal TempuranKredit gambar: Google Maps Cynth_mant

Fasilitas menjadi salah satu perhitungan bagi wisatawan sebelum berkunjung ke suatu objek wisata. Anda tidak perlu khawatir saat berkunjung ke sini karena fasilitasnya sangat lengkap. Misalnya tempat parkir yang luas, toilet, gazebo dan tempat ibadah berupa mushola. Warung wisata kuliner juga menjadi fasilitas penting dalam hal persediaan.

Inilah pembahasan menarik tentang Taman Cikal Tempuran, salah satu tempat wisata di Bantul yang tidak pernah sepi pengunjung. Berkunjung ke tempat ini tidak membutuhkan biaya yang banyak, kesenangan dan kebahagiaan pasti didapatkan. Namun pastikan datang dalam rombongan agar liburan semakin seru.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button