Menparekraf Sandiaga Uno membawa UMKM ke kelas dan go international - WisataHits
Jawa Timur

Menparekraf Sandiaga Uno membawa UMKM ke kelas dan go international

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong semua pihak untuk bekerjasama dan mendukung pelaku UMKM.

Karena mereka diproyeksikan menciptakan 1,1 juta pekerjaan baru pada 2022 dan 4,4 juta pekerjaan berkualitas tinggi pada 2024.

“Kami menutup AKI 2022 di Jember dengan optimisme dan harapan karena karya 27 finalis dari Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) ini luar biasa. Mereka menembus imajinasi, memamerkan produk terbaik, membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja,” kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga dalam siaran pers yang diterima Selasa (9/8/2022).

Kerjasama dengan berbagai pihak diharapkan dapat menghasilkan produk-produk industri kreatif.

“AKI adalah program yang terarah dan tepat waktu. AKI dirancang untuk mendorong UMKM kreatif. Kalau dulunya hanya berani bermimpi, sekarang produknya bisa hadir di mall-mall untuk bersaing dengan merek yang lebih besar,” jelas Sandiaga. Dengan AKI diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya. Pemerintah juga ingin memperkuat semangat UMKM, Indonesia Dalam hal ini, industri kreatif menjadi lokomotif penciptaan lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan industri kreatif (creative industry).
“Saat ini, 20 juta UMKM menggunakan platform e-commerce. Kami ingin 30 juta UMKM menggunakan e-commerce dan masuk ke sistem ekonomi digital pada 2023,” ujar Menparekraf.
UMKM diharapkan dapat berpartisipasi tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. “Sama seperti CK Studios yang berhasil berkiprah di kancah internasional. Kami ingin mencapai tujuan semua orang di luar negeri menjadi duta besar Indonesia,” kata Sandiaga.
Super Mentor AKI juga mendorong semua pihak untuk membeli produk UMKM tanpa negosiasi bila memungkinkan – jangan hanya melihat-lihat – sebagai bukti kasih sayang UMKM.
“Saya menjadi Rojali (grup beli) dan Rogana (grup tidak pakai negosiasi). Saya membeli semuanya mulai dari satu hingga 27 finalis: ada cokelat, kayu, dan saus sambal, yang sudah go international. Kami membeli beberapa produk. semoga ekspor kita naik menjadi 2 miliar dolar AS,” kata Sandiaga.
Menurut Sandiaga, memotret tokoh/pejabat dapat meningkatkan penjualan UMKM sebesar 35-45 persen. Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,44 persen, namun masih sulit untuk menyeimbangkan pembangunan ekonomi.
“Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa ekonomi dapat bangkit kembali. Saya titipkan 3G untuk pelaku UMKM yaitu Gercep (gerak cepat), Geber (tarik bersama), Gaspol (garap semua potensi online),” jelasnya.
Menparekraf juga mendorong finalis AKI untuk memanfaatkan setiap momen melalui jejaring untuk membangun jejaring seluas mungkin. “Persahabatan membuka peluang bisnis. Kolaborasi terbaik, bukan hanya kompetisi. Kemudian buka lowongan, karena banyak yang membutuhkan pekerjaan, dan temukan mentor terbaik Anda. Terapkan etos kerja 4As: Kerja Keras, Cerdas, Teliti dan Ikhlas,” ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf berbincang dengan Ayu Maulida Putri, Putri Indonesia 2020. Ternyata Ayu mengaku pernah di-bully di masa kecilnya.
“Saya sudah diintimidasi sejak saya masih kecil. Perawakan tinggi (sekarang tinggi Ayu 179 cm) agak kurang umum pada anak-anak Indonesia. Tetapi ketika Anda diintimidasi, keinginan untuk membuktikan diri Anda positif menjadi semakin kuat. Sejak kecil, saya ingin menjadi Miss Indonesia,” kata Ayu.
Menurut perwakilan Indonesia di ajang Miss Universe, setiap orang harus berani bermimpi dan berdoa agar bisa sukses. “Taat sama orang tua juga. Saya 14 tahun bergelut di dunia modelling. Ibu ingatkan, pendidikan itu yang utama, jadi harus seimbang,” jelas Ayu.
Ayu mengaku menjadi Puteri Indonesia adalah sebuah kebanggaan karena menjadi wadah bagi perempuan untuk memperbaiki diri.
“Ini terlihat lebih, memiliki nilai, memiliki suara dan banyak orang mengikuti (menjadi panutan) dan membuka peluang. Saya punya Yayasan Senyum Desa, dari kecil sampai besar terima kasih kepada Putri Indonesia,” ujarnya.
Di ajang Miss Universe, Ayu mengaku sangat mempromosikan potensi pariwisata Indonesia. “Anda sudah tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata, mulai dari pantai hingga pegunungan. Kalau mau cari sesuatu di Indonesia ada,” kata seorang penggemar Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur, yang memiliki pantai indah dan bersih.
Saat menghadiri kontes Miss Universe, Ayu mengenakan kostum komodo yang mencuri perhatian. “Saat pemasangan, seorang anggota kru berteriak, ‘Wow, ada komodo dari Indonesia. Kenapa saya memilih Komodo karena saat itu menampilkan 5 destinasi wisata super prioritas dan salah satunya NTT. Saya ingin menjadi ratu Komodo,” jelas Ayu.
Menparekraf menambahkan, komodo memang menjadi daya tarik karena akan ada upaya perlindungan dan revitalisasi ekonomi di sektor pariwisata.
Berbicara tentang Jember, tentunya tidak terlepas dari Jember Fashion Carnival yang melegenda yang disebut-sebut terbaik se-Asia. “Jember luar biasa meski bukan ibu kota, tapi bisa menarik perhatian internasional,” kata Ayu yang tampil di Jember Fashion Carnival 2017 dengan kostum Borobudur.
Sandiaga sepakat bahwa Jember Fashion Carnival merupakan acara kolosal versi Indonesia yang jika dijalankan dengan baik dan dengan dukungan semua pihak berpotensi menjadi ajang kebanggaan internasional.
Dalam memajukan pariwisata dan industri kreatif, Ayu mendorong semua pihak untuk berani. “Kuncinya adalah memiliki keberanian untuk mencoba selagi arahnya positif. Misalnya, Pekan Mode Citayam. Yang penting berani dulu, kalau positif ya tentu mendapat dukungan pemerintah sehingga memiliki nilai ekonomi,” ujarnya.
Berbicara kepada salah satu finalis bidang musik AKI, ada satu hal yang menarik, salah satu kontestan menanyakan bagaimana musisi lokal bisa bersaing. Menparekraf menjawab bahwa ada PP No 24 yang baru saja ditandatangani oleh Presiden Jokowi. “PP ini merupakan hadiah bagi musisi kita untuk bersaing dengan musisi internasional dengan memberikan ruang bagi karya musisi setelah mendaftarkan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk mendapatkan pinjaman. Dengan cara ini, karya-karya tersebut dapat digunakan oleh musisi sebagai jaminan pinjaman, ”katanya.
Sandiaga menambahkan, musik sendiri bisa menjadi produk dengan nilai komersial tinggi. “Jika Amerika Serikat memiliki Grammy Awards, Korea memiliki K-pop, kami juga memiliki kemampuan itu. Di subsektor musik, AS saat ini No 1, Korea No 2 dan Indonesia No 3. Kami masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan, kami akan mendorong rekan-rekan musisi kami untuk tidak kalah dengan yang hebat, ” dikatakan.
Menparekraf juga berbicara dengan Raya, yang kini berusia 12 tahun dan menjadikan komik sebagai hobi. Saat bertemu Sandiaga, Raya mempresentasikan komiknya yang menceritakan Super Mentor AKI bermain basket, tenis, dan mengikuti tur. “Boleh saya ambil untuk Sulaeman, anak saya 10 tahun,” tanya Sandiaga.
“Kamu hanya bisa membelinya,” kata Raya.
Komik tersebut dijual dengan harga Rp 2 juta. “Raya bakal jadi pengusaha hebat karena bisa menjual komik hingga Rp 2 juta, padahal tawaran aslinya Rp 1 juta. Komiknya keren-keren,” ujar Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif.
Pameran Apresiasi Kreatif Indonesia (AKI) 2022 telah memasuki kota/kabupaten ke-11 yang diselenggarakan di Jember, Jawa Timur. Tahun kedua pelaksanaan Program Unggulan Kemenparekraf dirancang untuk merevitalisasi perekonomian masyarakat dan memaksimalkan kesempatan kerja.
Pameran Apresiasi Kreatif Indonesia (AKI) 2022 Jember yang akan diselenggarakan di Lippo Plaza Jember bertujuan untuk menjadi platform promosi yang maksimal bagi produk-produk pilihan dan bekerja untuk meningkatkan pendapatan dan mempromosikan UMKM kreatif. Sebagai mitra strategis kerjasama transaksi jual beli di pameran dagang dengan Go Pay – GOJEK.

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button