Tiket dan Jalur MOUNT PATUHA Bandung - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Jalur MOUNT PATUHA Bandung

Tiket dan Jalur MOUNT PATUHA Bandung

Harga tiket masuk Gunung Patuha: Rp 28.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat : Sugih Mukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, -.

Gunung Patuha merupakan salah satu gunung api di Kabupaten Bandung. Destinasi wisata populer Kawah Putih merupakan bagian dari gunung ini. Lebih banyak orang yang mengetahui kawah daripada gunung sebagai tujuan pendakian. Padahal, gunung ini menyimpan banyak pesona alam tersembunyi yang menarik saat dijelajahi.

Harga Tiket Masuk Gunung Patuha

Tiket pendakian dari Kawah Putih dan Cipanganten memiliki harga yang berbeda. Namun keduanya cukup terjangkau dan sebanding dengan fasilitas yang tersedia.

Biaya masuk
Tiket masuk melalui Kawah Putih Rp 28.000
Parkir Motor Kawah Putih Rp 8.000
Tempat parkir mobil Rp 15.000

Baca Juga: 10+ Destinasi Wisata Gunung Terbaik di Jawa Barat

Jam buka

Pendakian Gunung Patuha dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Hindari pendakian saat musim hujan agar tidak terjebak badai dan akses jalan yang licin dan berbahaya.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Wisata Pendakian Gunung Patuha

Panorama matahari terbit di atas Gunung PatuhaMenikmati sunrise dari Sunan Rama – Foto: Google Maps/Stevanus

Bagi pendaki pemula, tujuan pendakian biasanya berkisar pada perbukitan. Namun, ada juga beberapa gunung dengan jalur yang layak untuk pemula. Gunung Patuha misalnya, dengan ketinggian 2.434 mdpl.

Lokasinya berada di Kabupaten Bandung, tepatnya di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu. Gunung ini merupakan “ibu” dari Kawah Putih. Destinasi wisata yang sudah tidak asing lagi bagi wisatawan asal Bandung dan sekitarnya.

Selain memiliki Kawah Putih, ternyata gunung ini juga menawarkan beberapa jalur pendakian yang bagus. Kondisi geografisnya menarik dengan hutan cantigi dan dua puncak. Tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncaknya. Tapi bukan berarti jalannya tidak sulit sama sekali.

tiga jalan

Jalur Pendakian Tebing Kawah PutihPemandangan Kawah Putih akan menemani Anda sepanjang jalan menuju Sunan Rama – Foto: Google Maps/Ngacir Adventure

Ada tiga pilihan jalur pendakian di Gunung Patuha. Ketiga jalur tersebut adalah Kawah Putih, Cipanganten dan Punceling. Jalan Kawah Putih merupakan jalan resmi yang dibuka untuk umum. Sedangkan jalan lain yang tak kalah ramai adalah Cipanganten.

Jika memilih jalur Kawah Putih, pendaki bisa menggunakan kendaraan atau menuju puncak pertama. Transportasi ini cocok untuk pendaki pemula atau mereka yang ingin menghemat waktu. Rute Cipanganten memiliki rute yang lebih panjang dan menawarkan lebih banyak tantangan.

Jalur Kawah Putih

Kawah Putih dilihat dari Sunan IbuPanorama kawah putih dari spot Sunan Ibu – Foto: Google Maps/Ryan Suryadi

Titik awal pendakian melalui jalur Kawah Putih adalah gerbang masuk. Dari sana, pendaki bisa menggunakan mobil atau motor untuk mencapai puncak pertama yaitu Sunan Ibu. Perjalanan dimulai langsung dari ketinggian 2.300 mdpl.

Sebelum memulai, pendaki bisa menikmati panorama kawah putih. Kawah ini terbentuk dari letusan kedua Gunung Patuha. Pemandangan dari tempat ini dijamin membuat Anda takjub.

Pendakian ke puncak tidak jauh. Namun, medannya adalah hutan dengan vegetasi yang lebat. Pendaki akan menemukan banyak lumut, jamur, pakis dan pohon buah ceremai. Pemandangan Kawah Putih dari atas akan menemani Anda di awal lintas alam.

Selain jalur yang sempit, perjalanan juga akan melintasi tanjakan yang terjal. Jalan menjadi licin terutama setelah hujan. Akan banyak persimpangan yang ditemui, sehingga bagi pemula wajib menggunakan jasa guide. Ini untuk menghindari tersesat.

Jalur Cipanganten

Perkebunan Teh PatuahwatteePerjalanan dimulai dari kawasan perkebunan teh Patuahwattee yang sejuk dan mempesona – Foto: Google Maps/APRAX Community

Jalur Cipanganten dimulai sedikit lebih jauh dari Kawah Putih. Tentu saja, itu membutuhkan lebih banyak waktu dan lebih banyak usaha. Di awal rute, pendaki akan melintasi perkebunan.

Kebun sayur dan kebun teh adalah pemandangan yang patut dilihat. Jalannya cukup lebar karena juga merupakan akses jalan pertanian. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke Sunan Ibu.

Sebelum Sunan Ibu, pendaki akan tiba di sebuah danau. Danau cantik ini berada di tengah-tengah Kebun Teh Patuahwattee. Banyak juga yang menyebut danau ini sebagai miniatur Ranu Kumbolo. Tempat ini merupakan base camp tidak resmi yang bisa dijadikan tempat istirahat atau berkemah.

Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke spot berikutnya, Sunan Ibu. Dari sana, perjalanannya kurang lebih akan sama dengan pendakian melalui Kawah Putih. Pendaki harus melintasi hutan lebat dan jalan setapak yang terjal. Puncak tertingginya adalah Sunan Rama yang berdiri di ketinggian 2.434 mdpl.

Jalan Sunan Rama

Puncak Sunan Rama di ketinggian 2.434.mdplAda dua puncak Gunung Patuha, yaitu Sunan Ibu di ketinggian 2.300 mdpl dan Sunan Rama di ketinggian 2.434 mdpl – Foto: Google Maps/Dyah Lestari

Puncak Sunan Rama adalah tempat Kawah Saat berada. Kawah ini merupakan kawah pertama yang terbentuk saat letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, kawah ini merupakan kawah kering atau “bila”.

Dari atas, pendaki bisa melihat keberadaan batu petilasan di dasar kawah. Sunan Rama memang merupakan kawasan yang disakralkan dan menjadi tujuan ziarah. Untuk itu, pendaki tidak boleh bertindak sembarangan selama berada di sini.

Kawasan ini juga merupakan tempat yang mengalami kebakaran hutan pada tahun 2019. Oleh karena itu dilarang untuk tidak menyalakan api di sekitar sini. Ini termasuk kegiatan seperti merokok atau membakar sampah.

Pemandangan dari puncak kedua tak kalah menawan dari Sunan Ibu. Tempat ini sering menjadi tempat untuk melihat Matahari terbit. Matahari terbit paling memesona saat muncul di balik tebing kawah Saat.

Fasilitas Base Camp Gunung Patuha

Fasilitas di Base Camp Pendakian Gunung Patuha cukup lengkap. Di base camp Kawah Putih tersedia tempat parkir yang luas, toilet, mushola dan pusat informasi. Basecamp Cipanganten juga menyediakan tempat parkir, masjid, toilet, dan warung. Di sepanjang jalur pendakian juga terdapat gazebo untuk beristirahat.

Lokasi Gunung Patuha

Gunung Patuha terletak di Desa Sugih Mukti, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Dari Bandung, Anda bisa mengambil jalan Soreang – Ciwidey – Rancabali untuk menuju Kawah Putih. Sedangkan Jalan Cipanganten dimulai dari Desa Cipanganten, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali. Landmark tersebut adalah PT Tea Garden. Agri Wangi Sentosa.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button