Pameran Foto Surgawi Indonesia menampilkan keindahan alam nusantara - WisataHits
Jawa Timur

Pameran Foto Surgawi Indonesia menampilkan keindahan alam nusantara

Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan pariwisata unggulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Himpunan Media Anak (HAM) bekerjasama dengan content creator Heavenly Indonesia dengan Forum Strategis Arah Nasional (FOSTRAB) dan Digra Coffee & Eatery menyelenggarakan Pameran Foto Heavenly Indonesia yang berlangsung pada Minggu malam (24/7/ 2022) di Digra Coffee & Eatery, Lebak Bulus II, No, 21, Jakarta Selatan.

Kelima fotografer tersebut antara lain; Fatkhurrohim – Pemimpin Redaksi Wartamedia Network, Erwin Gumilar – Redaktur Foto Majalah Venue, Nurul Hidayat – Redaktur Foto Harian Bisnis Indonesia. Ketiga fotografer ini mewakili Media Children Association. Sementara Denny Garcia – salah satu pendiri Heavenly Indonesia – dan Iwenk Candy mewakili perusahaan “Heavenly Indonesia”, yang bergerak di bidang industri kreatif.

“Pameran Foto Surgawi Indonesia” ini menampilkan 20 karya foto bertemakan keajaiban alam atau landscape. Dan dimana setiap fotografer mengirimkan 4 foto dengan karakteristik, tone, angle dan keunikannya masing-masing.

Beberapa area yang dapat menarik perhatian setiap fotografer untuk dipamerkan adalah: Perwakilan wilayah Indonesia bagian barat, terdapat keindahan alam Belitung dan Pulau Mandeh, Sumatera Barat dan Pulau Pahawang di Kab.Tanggamus, Lampung.

Lalu ada untuk pulau Jawa; Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Gunung Bromo, via Probolinggo, Ranu Kumbolo, Ranu Klakah, di Lumajang, Jawa Timur. Kemudian foto indah Bukit Menoreh dipamerkan di pagi hari dari Yogyakarta.

Pulau Arborek yang kini dinominasikan sebagai peserta Indonesia Tourism Village Award 2022 menjadi satu-satunya foto yang mewakili Indonesia bagian timur. Kejernihan Pantai Arborek adalah fakta nyata yang terlihat di balik lensa kamera.

Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Produk Pariwisata dan Penyelenggaraan (Events) Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, mengapresiasi acara “Pameran Foto Indonesia Surgawi” yang berlangsung selama sebulan ini.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, mengingat foto-foto itu “mengatakan seribu kata”. Dan itu sangat penting untuk mendongkrak pariwisata,” ujarnya saat dimintai komentar secara tertulis.

Ir Achmad Hafisz Thohir, MBA Komisi XI DPR RI, Wakil Ketua BKSAP DPR RI, menegaskan DPR RI berkomitmen penuh untuk mendorong implementasi SDGs di bidang pariwisata.

Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan pariwisata unggulan dari berbagai sektor pariwisata, baik wisata edukasi maupun wisata pemandangan.

Keterlibatan ini merupakan bentuk perwujudan tujuan dan capaian SDGs pariwisata dengan pendekatan yang berbeda, yaitu; Berpartisipasi dalam membentuk SDGs nasional, mengembangkan kebijakan pariwisata yang lebih inklusif, merancang dan melaksanakan ekspor pariwisata nasional, dan sebagainya.

Sementara itu, Nurul Hidayat, Dewan Pembina Jurnalis Foto Indonesia (PFI) Jakarta, sekaligus salah satu fotografer dalam pameran ini mengungkapkan “perasaan” masing-masing fotografer terhadap subjek yang mereka potret.

“Siapa saja bisa dan bisa menjadi fotografer. Satu hal yang perlu ditekankan, tidak semua foto itu enak,” kata Nurul, yang juga editor foto Harian Bisnis Indonesia.

Fatkhurrohim yang mewakili Himpunan Anak Media (HAM), menambahkan bahwa “Pameran Foto Surgawi Indonesia” ini hanyalah basa-basi. Karena banyak destinasi wisata indah di negeri ini yang tidak tervisualisasikan dalam pameran foto ini.

“Terlalu banyak lanskap keindahan dan pesona alam di Indonesia. Ini hanya pengenalan bagi fotografer lain untuk menerjemahkan Indonesia ‘surgawi’ dari daerahnya masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu, sebagai pengamat fotografi, Chandra Amin dan Joko Prayitno mengemukakan bahwa fotografi bukan hanya soal skill, komposisi dan waktu terbang, tapi juga tentang sikap.

“Jangan lupa pameran-pameran seperti ini kalau bisa didigitalkan, agar para pecinta foto dari berbagai daerah juga bisa ikut. Sehingga keberlangsungan pameran dan cara bertutur tentang keindahan Indonesia tidak hanya tersampaikan di sini,” jelas pria yang akrab disapa Dolok ini.

Terakhir, Pameran Foto Surgawi Indonesia menghadirkan grup musik Cikini Tropical Sound yang membawakan lagu-lagu bergenre Hawaii.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button