PUPR targetkan Jembatan Kaca Seruni Point selesai September - WisataHits
Jawa Timur

PUPR targetkan Jembatan Kaca Seruni Point selesai September

Bisnis.com, MISKIN – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis pembangunan Jembatan Kaca Seruni Point di KSPN Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur akan selesai pada September 2022 dan diresmikan pada 2023.

Achmad Riza Chairulloh, Direktur Jenderal Bina Marga, Pusat Geoteknik, Terowongan dan Struktur, mengatakan jembatan ini merupakan jembatan kaca pertama di Indonesia.

Pria yang akrab disapa Riza itu mengatakan, jembatan kaca itu akan membentang sepanjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter di bentang utama dan 3 meter di awal dan tengah bentang, melewati jurang sedalam 80 meter.

Sistem konstruksi langit-langit/dek jembatan gantung terbuat dari kaca laminasi, terdiri dari dua atau lebih panel kaca yang disatukan dengan satu atau lebih interlayer dengan ketebalan total 25,55mm.

“Struktur jembatan ini dilengkapi dengan baja pelindung ganda berupa baja galvanis yang dilapisi cat epoksi agar lebih tahan terhadap karat dan hujan, misalnya. Kami targetkan jembatan ini selesai pada September,” kata Riza kepada media di Malang, Kamis (28/7/2022).

Kehadiran jembatan kaca ini menjadi destinasi wisata adrenalin yang menghubungkan terminal wisata Seruni Point dengan area shuttle yang menghadap ke Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru. Oleh karena itu, jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke KSPN Bromo-Tengger-Semeru.

“Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa pembangunan jembatan kaca dapat selesai pada tanggal yang direncanakan. Kedepannya, pengelolaan operasional Jembatan Kaca akan dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah Kabupaten Probolinggo guna meningkatkan jumlah wisatawan ke Bromi dan meningkatkan siklus ekonomi khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan. warga sekitar,” jelas Riza.

Riza menutup dengan mengatakan bahwa jembatan kaca ini dibangun dengan perhitungan desain yang luas sesuai standar dan melalui prosedur pengujian laboratorium agar jembatan ini bekerja dengan aman bagi wisatawan.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: ekonomi.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button