Orchid Forest Lembang, destinasi ekowisata yang paling banyak dikunjungi di Bandung - WisataHits
wisatahits

Orchid Forest Lembang, destinasi ekowisata yang paling banyak dikunjungi di Bandung

Harga tiket: Rp40.000, Jam operasional: 09.00-18.00 WIB Alamat: Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Anda yang ingin menikmati akhir pekan dengan mengunjungi tempat wisata tentunya akan memilih destinasi terlebih dahulu. Bagi Anda yang tinggal di Bandung, Anda pasti akan memilih tempat-tempat kekinian untuk dikunjungi. Mengapa demikian? Karena pemandangan indah dan pengalaman berbeda akan Anda dapatkan.

Bandung saat ini memiliki destinasi ekowisata baru yaitu Orhid Forest Lembang. Anda bisa datang ke sini setiap hari, hari kerja dan akhir pekan. Karena baru diresmikan, belum banyak orang yang datang ke destinasi wisata ini. Ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati tempat wisata secara maksimal.

Ekowisata Orchid Forest sendiri pertama kali dibuka pada 24 Agustus, 2 tahun yang lalu, pada tahun 2018. Meski baru, objek wisata ini kini berkembang dengan baik, terbukti dengan banyaknya fasilitas yang disediakan bagi para pengunjungnya.

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi Orchid Forest Lembang, berikut panduan yang bisa Anda gunakan. Semua detail tentang tempat wisata ini akan terangkum dalam penjelasan di bawah ini, mulai dari cara masuk, harga tiket, fasilitas dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Lembang

Harga Tiket Masuk Orchid Forest LembangKredit Gambar: Google Maps Tebe Ka

Harga tiket ekowisata baru ini hanya Rp 40.000 per orang. Lain halnya jika Anda membawa kamera DSLR, maka ongkos yang harus Anda keluarkan adalah Rs 50.000 per orang. Dengan tarif tersebut, Anda bisa puas berfoto di mana saja di Orchid Forest Lembang.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan berbagai fasilitas, baik spot foto maupun area bermain, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rs 15.000. Memang, beberapa kawasan ekowisata memiliki harga masuk yang lebih tinggi.

Sedangkan jam buka Orchid Forest Lembang mulai pukul 08.00 untuk pembukaan, pukul 18.00 pada hari biasa dan pukul 19.00 pada akhir pekan. Tiket parkirnya juga cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Bagaimana terjangkau bukan?

Layanan yang ditawarkan oleh kawasan wisata

Layanan yang ditawarkan oleh kawasan wisataKredit gambar: Google Maps Muhammad Asad

Sebagai tempat ekowisata, Orchid Forest Lembang menawarkan pemandangan alam berupa hutan pinus yang didekorasi dengan indah dan berbentuk. Agar pengunjung bisa menikmati pemandangan lebih maksimal, ada berbagai fasilitas yang disediakan pengelola.

Dengan luas 14 hektar, ada banyak fasilitas yang bisa Anda dapatkan. Misalnya, yang pertama adalah amfiteater. Disini desain amfiteater menggunakan kayu pinus asli yang ditata sedemikian rupa sehingga memberikan desain yang artistik.

Sering disewa sebagai tempat pernikahan, Amfiteater Orchid Forest Lembang berbentuk setengah lingkaran dengan semua kursi menghadap ke satu sisi. Semua bahan adalah kayu. Buat kamu yang ingin mendapatkan hasil jepretan rustic dan klasik, kamu bisa mencoba setup ini.

Nah, selain amfiteater, berikut adalah fasilitas unggulan dari Taman Ekowisata Hutan Anggrek Lembang.

1. Jembatan udara dan jembatan kayu

Jembatan Langit Hutan Anggrek LembangKredit gambar: Google Maps Eddy Fahmi

Ingin mencoba tantangan yang lebih ekstrim? Ada jembatan kayu dan tali yang bisa Anda gunakan sebagai tempat berfoto. Jembatan tali berwarna putih ini memiliki lampu LED yang dipasang di pinggir jembatan. Yang menjadikannya lokasi pemotretan foto terbaik di sini.

Menjelang sore, saat lampu mulai menyala, perasaan romantis bisa Anda rasakan. Banyak yang sering mengambil foto di sana dan kemudian membagikannya di media sosial. Nah, di bawah tempat ini ada jalur zigzag yang baru buka setelah jam 4 sore. Apa yang sedang terjadi di sana?

Di sana Anda akan menemukan jalan yang memiliki bentuk unik, yaitu zigzag dengan lampu hias di ujungnya. Di bagian paling akhir Anda dapat mencoba flyig fox dan set tempat tidur gantung yang disediakan.

2. Taman Kelinci

Taman Kelinci Orchid Forest LembangKredit gambar: Google Maps Cikole Orchid Forest

Fasilitas ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda, jika Anda akan pergi ke Orchid Forest Lembang bersama buah hati Anda. Selain sebagai tempat bermain dengan kelinci, ada banyak hal yang bisa Anda dan keluarga lakukan di sini.

Misalnya, belajar cara merawat kelinci, mulai dari membersihkan kandang, memberi makan, mengenal jenis kelinci dan masih banyak lagi. Ada sebuah rumah kecil berwarna-warni yang berfungsi sebagai tempat tinggal kelinci.

3. Bumi Perkemahan

Perkemahan Hutan Anggrek LembangKredit gambar: Google Maps Jefri Yushendri

Bagi Anda yang menginginkan pengalaman seru saat camping di Orchid Forest Lembang, juga disediakan area camping. Menariknya, berbagai fasilitas disediakan untuk mendukung kegiatan ini, mulai dari tenda, sarapan, api unggun bahkan jagung bakar.

Ini adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin tinggal di luar ruangan tetapi masih ragu untuk mendaki gunung. Anda bisa berkemah di bumi perkemahan dengan biaya 450.000 untuk tenda berkapasitas 4 orang, sedangkan tenda untuk 9 orang harga yang ditawarkan adalah 950.000 rupiah.

4. Pojok kopi

Pojok kopiKredit Gambar: Pinterest Minh Thành La

Tempat minum ini bisa Anda temukan di awal saat memasuki kawasan Orchid Forest Lembang, beserta fasilitas tambahan lainnya. Di sini kamu bisa mencicipi berbagai jenis kopi Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau, setiap gelasnya hanya dihargai 10-15 ribu rupiah saja.

Sama seperti fasilitas lainnya, area ini terbuat dari kayu jati dan bahan campuran lainnya. Bahkan persentase penggunaan kayu jati adalah 80%, sehingga benar-benar memberikan suasana yang elegan dan mewah.

5. Pujasera

food courtKredit Gambar: Orchid Forest Facebook Cikole

Anda tidak perlu khawatir kelaparan jika Anda berada di sini. Ada food court yang menawarkan berbagai minuman dan hidangan yang bisa Anda nikmati. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain bakso, olahan ayam, batagor, dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yakni sekitar 15-30 ribu rupiah. Makanan yang disediakan mulai dari snack hingga makanan yang mengenyangkan bagi Anda yang benar-benar lapar.

Akomodasi yang disediakan Hutan Anggrek Lembang

Akomodasi yang disediakan Hutan Anggrek LembangKredit gambar: Google Maps Yogi Wijaya

Terdapat fasilitas akomodasi yang disediakan oleh pengelola taman ekowisata ini. Mushola dan toilet merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Karena banyak pengunjung yang membutuhkan fasilitas ini. Masjid di sana terbuat dari kayu jati dengan bentuk rumah panggung, dengan ruang terpisah untuk perempuan dan laki-laki.

Sedangkan untuk toilet dan tempat wudhu terbuat dari marmer dengan desain yang menarik. Toilet juga dijaga kebersihannya, sehingga pengunjung bisa merasa nyaman menggunakannya.

Selain mushola dan toilet, disediakan juga mobil golf yang akan membawa Anda ke berbagai fasilitas bermain dan jalan-jalan di Orchid Forest Lembang. Karena medan yang luas, kereta golf ini dapat membantu Anda mempersingkat perjalanan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan fasilitas ini secara gratis.

Lokasi dan cara menuju Orchid Forest Lembang

Lokasi dan cara menuju Orchid Forest LembangKredit gambar: Google Maps Rajawali Robert

Seperti namanya, Orchid Forest Lembang sebenarnya adalah tempat pembibitan anggrek yang terletak di kota Bandung Jawa Barat. Jadi, jika tertarik, pengunjung bisa sekaligus belajar cara membuat pembibitan anggrek di tempat ini. Lokasinya berada di Jalan Tangkuban Perahu, Lembang Kota Bandung.

Lokasi ini dapat diakses dengan mobil atau kendaraan pribadi, dan dari segi transportasi, jalan menuju lokasi dalam kondisi baik. Jika Anda pergi ke tempat ini dari Bandung, akan memakan waktu sekitar 30-40 menit. Taman ekowisata ini juga dinobatkan sebagai hutan anggrek dan tempat budidaya terbesar di Indonesia dan Asia.

Keunggulan lain dari tempat ini adalah hutan pinus yang masih asri dan lebat. Karena terletak di kaki gunung maka suasananya sejuk dan asri, cocok digunakan sebagai tempat wisata untuk bersantai di akhir pekan.Ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut.laut, karena diapit Tangkuban Gunung Perahu dan Bukit Jayagiri.

Jika Anda ingin ke sana, ingatlah untuk mengenakan pakaian hangat untuk melindungi tubuh Anda dari hawa dingin, terutama bagi Anda yang menderita alergi dan lemah karena cuaca seperti ini.

Berikut adalah beberapa informasi singkat tentang taman ekowisata saat ini, Orchid Forest Lembang di Bandung. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memahami dan mengetahui destinasi wisata baru ini. Ajak keluarga dan pasangan untuk berkunjung ke tempat ini, agar suasana semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button