Semarak, artis meramaikan Gemelan On The Road - WisataHits
Yogyakarta

Semarak, artis meramaikan Gemelan On The Road

penulis: Kompas TV Jawa Tengah

KULON PROGO, KOMPAS.TV – Dalam rangka memperingati satu dasawarsa keistimewaan Yogyakarta dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, sejumlah seniman, anggota TNI dan Polri menggelar pertunjukan musik gamelan di atas mobil dan berkeliling Kabupaten Kulon Progo selama 50 tahun. kilometer. Game Musik Gamelan yang disebut Gamelan di jalan itu Bekerja bersama-sama dengan tabuhan genderang, ia berhasil menyetrum ribuan warga sekitar di sepanjang jalan.

Sedikitnya 75 pemusik dan Sinden, serta anggota Polri dan TNI Kabupaten Kulonprogo, menaiki dua antrean panjang kendaraan berisi alat musik gamelan dan menggelar konser keliling kota. Dalam perjalanannya, para penabuh ini memainkan gamelan berkolaborasi dengan irama gendang tanpa henti. Konser seluruh kota itu juga disertai dengan parade ratusan bendera merah putih.

Selama dua hari, kegiatan musik gamelan akan dilakukan sambil jalan-jalan keliling kota. Pada hari pertama, gamelan mengelilingi Kulon Progo bagian selatan sejauh 50 kilometer, sedangkan pada hari berikutnya, pada jarak yang sama, masyarakat Kulon Progo utara dihibur. Pemain datang dari berbagai generasi, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Meski hanya bisa menikmati belasan menit permainan gamelan di jalanan, warga di beberapa titik keramaian mengaku senang akhirnya bisa menyaksikan pawai setelah dua tahun terhenti akibat Covid-19. pandemi.

Gamelan on the road ini merupakan kegiatan utama yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo setiap tanggal 31 Agustus untuk memperingati satu dekade perbaikan rumah khusus. Menurut Manajer Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. “Ada 75 artis dan didukung TNI dan Polri, kami juga mendatangkan pelaku wisata yang mengendarai jeep sebagai simbol perjalanan wisata dengan membawa 100 bendera merah putih,” kata Joko Mursito.

Bagi seniman, kegiatan ini merupakan salah satu kebangkitan kreativitas outdoor pasca pandemi Covid-19. Masyarakat berharap kegiatan serupa dapat diadakan kembali di masa yang akan datang.

#kulonprogo #gamelanontheroad #satudasawaryaDIY

Source: www.kompas.tv

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button