Ogoh-Ogoh Bali menghidupkan kembali budaya petik laut di Ketapang Probolinggo - WisataHits
Jawa Timur

Ogoh-Ogoh Bali menghidupkan kembali budaya petik laut di Ketapang Probolinggo

Liputan6.com, Kota Probolinggo Setelah absen selama dua tahun, Karnaval Festival Budaya dan Pariwisata Pick Laut kembali digelar pada Minggu, 30 Oktober 2022 di Desa Ketapang Probolinggo.

Karnaval ini menelusuri rute dari Jalan Kelud, Jalan Abdurahman Wahid (Gusdur), Jalan Argopuro, Jalan Krakatau dan kemudian berakhir di Pantai Takad, Jalan Nelayan Ketapang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan hiburan, edukasi dan promosi pariwisata bagi masyarakat.

“Ini kebangkitan budaya, sebagai media pelestarian budaya. Menawarkan sarana untuk mengungkapkan rasa syukur atas berkah Tuhan yang diberikan kepada warga Desa Ketapang dalam bentuk festival,” kata Kepala Desa Ketapang Zainul Faruk, Senin (31/10/2022).

Penonton disuguhi tarian Ogoh-Ogoh bernuansa Bali. Tarian ini menampilkan kepribadian Bhuta Kala yang memiliki kekuatan alam semesta dan waktu yang tak terbantahkan. Dalam perwujudan arca tersebut, Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok yang tinggi dan menakutkan, biasanya berbentuk raksasa.

Wali Kota Probolinggo Habib Zainal Abidin mengucapkan terima kasih atas pesatnya perkembangan Pantai Takad.

“Saya sengaja ke sana untuk turun dan jalan-jalan karena ingin mengingat masa lalu. Sekarang jalannya sudah bagus, sudah diaspal. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurutnya, festival budaya ini harus dilestarikan. “Saya menyampaikan apresiasi kepada panitia. Saya berharap seluruh daerah di Kota Probolinggo dapat mengembangkan potensi wisata, salah satunya Desa Ketapang. Semoga bisa berkembang dan bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Bangsa Indonesia memang kaya akan budaya dan tradisi. Di Lumajang, Jawa Timur, ratusan nelayan di pesisir selatan punya cara tersendiri untuk mengucap syukur kepada Tuhan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button