Obyek Wisata Cianjur mengalami peningkatan ribuan pengunjung di akhir pekan - WisataHits
Jawa Barat

Obyek Wisata Cianjur mengalami peningkatan ribuan pengunjung di akhir pekan

JAKARTA – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Jawa Barat mengalami peningkatan jumlah pengunjung di sejumlah objek wisata alam yang tersebar di wilayah selatan dan utara Cianjur, mencapai 50.000 wisatawan setiap akhir pekan.

Pratama Nugraha, Kepala Disparpora dan Pengelola Obyek Wisata Cianjur, mengatakan peningkatan kunjungan wisman dari Jabodetabek mendominasi sejumlah obyek wisata seperti Kebun Raya Ciboda, Savilage, Taman Bunga Nusantara dan bumi perkemahan di kawasan utara.

“Untuk wilayah selatan, Cianjur, Pantai Cemara, Jayanti, Karangcut Ocean View dan air terjun di beberapa kecamatan seperti Curug Luhur, Curug Citambur, Curug Ngebul dan Curug Cikondang. Lonjakan sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir, terutama pada akhir pekan,” kata Pratama Nugraha, mengutip Antara, Minggu, 7 Agustus.

Jumlah kunjungan meningkat sejak sebulan terakhir, terutama setelah sosialisasi, melalui serangkaian kegiatan seperti pameran dan promosi tempat wisata yang diikuti produk unggulan UMKM Cianjur yang digelar bersamaan dengan HUT Kota Cianjur ke-345.

Guna meningkatkan jumlah kunjungan, pemerintah daerah juga mengintensifkan pembangunan infrastruktur jalan menuju tempat wisata dengan target 1.000 kilometer jalan beton dari utara ke selatan yang terintegrasi dengan peningkatan jalan provinsi.

“Sebelumnya jumlah kunjungan tertinggi setiap akhir pekan dari semua destinasi wisata antara 20.000 hingga 25.000 wisatawan, namun pada Juli jumlahnya meningkat menjadi 50.000 setiap akhir pekan,” kata Pratama.

Pengelola perkemahan Taman Cibodas Deden Ipey mengatakan kunjungan wisatawan meningkat setiap akhir pekan dan hari kerja telah muncul sejak bulan lalu. Jumlahnya per minggu bisa mencapai 2.000 orang menikmati liburan di tenda-tenda di tepi sungai.

“Wisata alam seperti camping ground sudah banyak digandrungi wisatawan sejak pandemi mulai mereda, termasuk suasana air terjun. Minggu ini kami banyak menerima pesanan dari rombongan wisatawan dari Jabodetabek,” ujarnya.

Source: voi.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button