Gelombang Sangat Tinggi di Pantai Selatan Jawa, BMKG Peringatkan Wisatawan - WisataHits
Jawa Barat

Gelombang Sangat Tinggi di Pantai Selatan Jawa, BMKG Peringatkan Wisatawan

TEMPO.CO, bandung – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini ombak yang sangat tinggi di pantai selatan Jawa. Peringatan tersebut berlaku mulai 29 Agustus hingga 1 September 2022. Wilayahnya meliputi pantai selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Menurut BMKG, gelombang laut yang sangat tinggi tersebut disebabkan oleh pengaruh angin timur-tenggara dengan kecepatan 5-20 knot. Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan nelayan dan pengguna transportasi laut harus tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas di laut.

Demikian juga nasehatnya untuk orang-orang yang akan bepergian atau melakukan aktivitas. Wisatawan harus menahan diri untuk tidak bermain air di laut. “Jangan melakukan aktivitas seperti berenang, mandi, berselancar, berperahu hingga kondisi laut aman kembali untuk melakukan aktivitas,” ujarnya, Selasa, 30 Agustus 2022.

Peluang gelombang laut 4-6 meter yang tergolong sangat tinggi antara lain pantai selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran,

Dilaporkan dari Pangandaran, Selasa 30 Agustus 2022, beberapa pantai tempat wisata diterjang gelombang tinggi. Lokasinya adalah pantai barat dan timur Pangandaran, Batu Hiu, Batukaras, Madasari dan Pantai Legok Jawa.

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam insiden tersebut. Selain itu, gelombang tinggi membuat jembatan kayu di kawasan Cidadap pecah. Beberapa video amatir dari warga sekitar merekam kejadian tersebut serta air laut yang masuk ke area parkir di sekitar Pantai Batu Hiu.

Peringatan serupa sebelumnya dikeluarkan oleh BMKG Yogyakarta. Wisatawan yang berencana berwisata ke pantai selatan Yogyakarta pada akhir Agustus hingga awal September harus benar-benar waspada. Wisatawan yang berencana melakukan perjalanan di pantai selatan di Yogyakarta akhir Agustus hingga awal September Anda harus benar-benar waspada. Ia menegaskan, penting untuk memastikan bahwa gelombang yang sangat tinggi ini belum tentu karena cuaca buruk.

SISWA ANWAR

Baca juga: Waspada, BMKG Yogya Prediksi Gelombang Sangat Tinggi di Pesisir Selatan hingga Awal September

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button