Negeri Papua, langit kecil di bumi Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Negeri Papua, langit kecil di bumi Indonesia

DESKJABAR – Papua adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah barat pulau New Guinea atau West New Guinea.

Papua juga sering disebut sebagai Papua Barat karena dapat merujuk ke seluruh pulau New Guinea termasuk bagian timur negara tetangga East New Guinea atau Papua Nugini.

Provinsi ini sebelumnya dikenal sebagai Irian Barat pada tahun 1969 hingga 1973 dan kemudian diubah oleh Soeharto menjadi Irian Jaya pada saat peresmian tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang resmi digunakan hingga tahun 2002.

Baca Juga: Overpass Nurtanio di Bandung Segera Dibangun untuk Atasi Kemacetan, Ini Profil dan Biodata Nurtanio

Kemudian sesuai UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua, nama provinsi ini diubah menjadi Papua. Pada masa penjajahan Belanda, daerah ini disebut Nugini Belanda (Dutch New Guinea).

Negara Papua adalah surga dunia di wilayah paling timur Indonesia. Keindahan alam tanah Papua memang tiada duanya, dan budaya khas yang merasuki kehidupan masyarakatnya.

Negara Papua juga memiliki flora dan fauna endemik yang unik. Mulai dari burung cendrawasih, bunga anggrek dan buah-buahan khas melengkapi daya tarik wisata negara Papua.

Baca Juga : 10 Wisata Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Malang Yang Hits, Tempe Cokelat Unik Berbahan Dasar Buah Nikmatnya

Sedangkan burung Cendrawasih memiliki nama lain yaitu Bird of Paradise atau Burung Cendrawasih, namun pantas mendapat julukan tersebut karena memiliki bulu yang indah seperti bidadari turun dari kahyangan.

Burung cendrawasih merupakan kelompok spesies yang termasuk dalam famili Paradisaeidae yang terdiri dari 14 marga dan sekitar 43 spesies, namun 30 spesies dapat ditemukan di negara Papua.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button