Merdeka Walk, tempat rekreasi keluarga favorit sambil kulineran di Medan - WisataHits
wisatahits

Merdeka Walk, tempat rekreasi keluarga favorit sambil kulineran di Medan

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 08.00–20.00 WIB, Alamat: Jl.Balai Kota, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Medan terkenal memiliki tempat wisata yang terkenal unik dan kekinian di kalangan anak muda. Salah satu tempat menarik anak muda saat ini yang cukup terkenal adalah Merdeka Walk. Sebuah tujuan wisata yang menampilkan keindahan bagi pengunjung kota. Tidak hanya anak muda yang bisa mengunjungi tempat ini, namun banyak juga orang tua yang mengunjunginya.

Keunikan dan fasilitas tempat wisata ini membuat Anda ingin berkunjung. Selain itu, lokasinya berada di pusat kota, di mana orang-orang bermain sambil menikmati suasana kota. Ada juga bangunan tua yang menambah keindahan kota. Destinasi wisata ini bisa menjadi solusi liburan bagi anda yang ingin menikmati keindahan kota Medan siang malam.

Dengan biaya perjalanan yang minim, namun bisa menikmati indahnya suasana kota yang membuat liburan menjadi menyenangkan. Merdeka Walk juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga besar untuk melihat keindahan dan keunikan kota Medan. Berikut ulasan lengkap mengenai destinasi sukses tersebut.

Atraksi Merdeka Walk

Objek wisata yang dimiliki oleh Merdeka WalkKredit Gambar: Sewa Tenda Instagram Medan

Menurut wisatawan dan warga Medan, Merdeka Walk merupakan tempat yang sangat menyenangkan di malam hari dan nyaman di siang hari. Pengunjung sering menyebutnya sebagai “MW”. Berikut beberapa daya tarik dari destinasi wisata ini:

1. Masakan Khas

Destinasi wisata unik ini menyajikan kuliner khas Medan itu sendiri. Kios-kios makanan telah ditata sebaik mungkin di sekeliling meja dan kursi pengunjung. Pengunjung dapat dengan bebas memilih jenis masakan yang ingin dibeli.

2. Tata Letak Lokasi Unik

Sekitar 700 tempat tersedia di sini, yang tidak akan membuat pengunjung kehabisan tempat. Beberapa layar stand-alone juga telah dipasang di sudut lokasi ini. Selain itu, banyak pohon besar yang ditanam sejak masa penjajahan Belanda. Di sekitar Lapangan Merdeka juga terdapat gedung-gedung tua yang menambah keindahan Jalan Merdeka.

3. Ada film dan live music

Tempat wisata ini akan semakin indah jika pengunjung datang pada malam hari. Lampu warna-warni digantung di sudut-sudut tempat, membuat suasana semakin meriah. Film blockbuster atau acara sepak bola akan diproyeksikan di layar. Bahkan terkadang ada acara live music dari band-band lokal dari Medan dan sekitarnya.

Keseruan yang ada di tengah kota akan membuat suasana kota semakin asri. Pengunjung bisa datang ke tempat ini untuk beristirahat sambil menikmati masakan khas Medan, atau untuk melepas penat setelah lelah bekerja. Keseruan dan kenyamanan tempat ini dapat melepaskan pengunjung dari kepenatan setelah beraktivitas.

4. Bagian dari food court besar

Merdeka Walk memiliki kemiripan dengan berbagai food court di festival-festival di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Kota Medan sendiri menyajikan foodcourt besar ini, setelah Balikpapan dan Surabaya. Namun, Medan memiliki kuliner khas yang unik yang tidak akan ditemukan pengunjung di tempat lain. Salah satu makanan khasnya adalah Soto de Medan dan pancake durian Medan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Drive MerdekaKredit gambar: Google Maps Ahmad Ramadlan

Merdeka Walk berlokasi di Jalan Balai Kota, Kawasan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi wisata ini terletak di tengah kota, sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan tempat ini. Apalagi masyarakat Kota Medan sudah mengenal tempat ini sejak lama karena berada di jantung kota itu sendiri.

Cara pengunjung menuju lokasi ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk masyarakat sekitar. Bagi pengunjung di luar pulau seperti Jakarta, terlebih dahulu harus terbang ke Bandara Kuala Namu. Setelah itu, pengunjung dapat menggunakan angkutan umum untuk menuju ke tempat tujuan wisata.

Namun, selain menggunakan angkutan umum pada umumnya, wisatawan juga bisa menggunakan angkutan khas Medan. Medan memiliki beberapa transportasi umum yang unik dan biasa digunakan oleh masyarakat atau wisatawan yang berkunjung. Keunikan kendaraan tersebut juga memikat wisatawan untuk mencoba mengendarai kendaraan tersebut.

Masyarakat Medan membuat transportasi ini berbeda dari bentuk umumnya. Diantaranya ada 2 angkutan unik yang cukup terkenal yaitu Sudako dan Bentor. Sudako adalah Perusahaan Daihatsu Sumatera, mobil kuning yang khas. Hanya penumpang yang harus naik dan turun melalui pintu belakang kendaraan. Pengunjung bisa menikmati keunikannya saat berkunjung ke kota Medan.

Selain Sudako, ada juga Bentor. Bentor, merupakan kendaraan yang sudah terkenal sebelum Sudako ada. Bentor adalah singkatan dari Becak Motor. Bentor khas Medan biasanya berjalan sangat cepat, menghemat waktu dan uang pengunjung. Menggunakan Bentor untuk menuju Merdeka Walk dari Masjid Raya Medan hanya membutuhkan biaya 10.000 rupee.

Harga tiket dan jam buka

Tiket Jalan Kaki MerdekaKredit gambar: Google Maps Iqbal Hadi Ridwan

Harap dicatat bahwa masuk ke Merdeka Walk gratis. Tempat wisata yang sangat indah dan nyaman ini disajikan gratis untuk umum. Jadi, berbagai macam orang bisa mengunjungi tempat wisata ini. Pengunjung yang tidak memiliki tabungan dapat menikmati film atau musik gratis.

Tempat wisata ini buka 24 jam sehari. Pelajar, pekerja dan orang biasa bisa datang ke tempat ini kapan saja. Tempat wisata ini bisa menjadi tip bagi wisatawan dari luar yang ingin membawa keluarga untuk menikmati kenyamanan kota besar ini.

Lamanya lokasi yang terbuka membuat wisatawan yang jauh dari luar kota atau luar pulau tidak terlalu kerepotan. Wisatawan dapat dengan bebas mengunjungi dan menikmati tempat wisata setiap saat. Lebih baik lagi jika wisatawan berkunjung pada malam hari karena ada beberapa acara menarik yang sering terjadi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Merdeka Walk

Aktivitas Merdeka Walk AktivitasKredit Gambar: Google Maps octovino Blackholick

Kebanyakan orang mengunjungi tempat ini untuk menikmati keunikan tempat wisata ini. Beberapa tempat unik yang sering dikunjungi wisatawan saat berkunjung antara lain sebagai berikut:

1. Bagian tengah

Center Piece merupakan tempat yang sering dikunjungi anak muda saat datang ke Merdeka Walk. Banyak anak muda yang sengaja datang untuk berfoto di centerpiece ini. Centerpiece adalah bagian pertama yang akan ditemui pengunjung saat tiba di lokasi ini. Lampu-lampu yang menghiasi ruang tengah menarik minat pengunjung dan langsung ingin berfoto di sana.

2. Berfoto di gedung Zaman Belanda

Selain ruang tengah, beberapa bangunan unik bisa digunakan untuk berfoto. Berfoto dengan latar belakang bangunan tua zaman kolonial ini dapat memberikan tampilan yang estetis pada foto. Beberapa bangunan tua yang sering digunakan untuk berfoto antara lain Gedung Balai Kota, Kantor Pos Agung, Hotel Inna Dharma Deli, dan Gedung Lontong Sumatera.

3. Beli oleh-oleh untuk keluarga

Selain berfoto, bagi wisatawan luar pulau yang terpenting adalah membeli oleh-oleh berupa makanan atau oleh-oleh khas medan. Banyak oleh-oleh yang dijual di Merdeka Walk. Ada juga kaos khas Medan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harga oleh-oleh cukup bervariasi, tergantung kualitas barang yang akan dibeli pengunjung.

4. Nikmati keindahan lukisan

Selain itu, banyak lukisan disajikan di galeri seni lukis. Lukisan-lukisan indah dipajang, menarik perhatian pengunjung dan menambah nilai artistik unik dari wisata ini. Jika tertarik, wisatawan bisa membeli dan membawa pulang lukisan ini sebagai hiasan dinding.

Fasilitas yang tersedia di Merdeka Walk Medan

Fasilitas promenade MerdekaKredit gambar: Google Maps Qi Sun

1. Pusat Permainan

Fasilitas pertama yang tersedia di Merdeka Walk adalah Game Center untuk anak-anak. Orang tua yang membawa anak kecil juga bisa mengajak anaknya bermain di sini. Game center yang tersedia cukup besar dan memiliki banyak jenis permainan, sehingga anak-anak betah saat bermain.

Pusat permainan tidak jauh dari pintu masuk di sisi gerbang. Saat liburan sekolah, banyak anak-anak yang bermain di sini.

2. Lokasi gym

Destinasi wisata ini menjadi solusi bagi keluarga besar yang ingin berlibur. Anak-anak dapat menikmati permainan dengan nyaman. Kaum muda dapat mendengarkan musik atau mengambil gambar. Begitu juga orang tua dapat menikmati keindahan tempat wisata sambil mencicipi kuliner khas yang lezat.

Bagi yang suka olahraga wajib datang ke tempat wisata ini. Tempat ini menawarkan gym gratis bagi pengunjung. Ada banyak fasilitas gym yang sederhana dan bisa digunakan secara gratis. Fasilitas olahraga seperti jogging track juga tersedia di sini. Pohon-pohon tua yang tertata rapi menambah keindahan tempat ini.

Itulah beberapa hal menarik tentang Merdeka Walk, tempat wisata populer di Medan. Lokasinya yang strategis, keunikan tempatnya, biaya masuk yang gratis dan fasilitas yang sangat lengkap membuat destinasi wisata ini menjadi favorit bagi masyarakat. Siapapun bisa berkunjung untuk menikmati keunikannya sambil menikmati sajian kuliner yang terdapat di dalam lokasi wisata tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button