Tempat rekreasi favorit Purwakarta Square sambil memasak - WisataHits
wisatahits

Tempat rekreasi favorit Purwakarta Square sambil memasak

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Purwamekar, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Alun-Alun Purwakarta sering menjadi pilihan akomodasi liburan akhir pekan keluarga. Bagi Anda yang ingin menikmati momen relaksasi tanpa mengeluarkan banyak biaya, mampir ke tempat indah ini adalah solusinya. Pasalnya, ini adalah fasilitas umum gratis oleh pemerintah setempat, jadi manfaatkanlah.

Ada beberapa ikon yang bisa Anda andalkan, di antaranya air mancur mini di tengahnya, taman hijau, keramaian yang ramah. Semuanya bisa dijadikan spot foto atau sekedar tempat nongkrong saat singgah di alun-alun kota ini. Pada dasarnya, orang dapat dengan bebas memilih kegiatannya sendiri.

Intinya, Purwakarta Square menyuguhkan pemandangan luar biasa yang melengkapi keindahan kawasan tersebut. Bahkan, tak hanya sebagai bagian dari jadwal liburan, warga sekitar terkadang juga datang ke sini untuk bersantai sepulang kerja. Rasakan keunikan udara segar yang menenangkan untuk menunggu waktu pulang.

Objek Wisata Alun-Alun Purwakarta

Landmark Alun-Alun PurwakartaKredit gambar: Google Maps Robi Aryanto

1. Air Mancur Minimalis

Ada air mancur berdesain minimalis yang dibangun di tengah alun-alun. Air mancur ini seperti pusat Alun-Alun Purwakarta yang menghubungkan satu taman dengan taman lainnya.

Pengunjung juga sering berkumpul di sekitar air mancur ini untuk melihat keindahannya. Jika Anda baru pertama kali ke sini atau berkencan dengan teman, ada baiknya Anda menjadikan air mancur sebagai pusat pertemuan.

Tidak sulit menemukan keberadaan air mancur karena posisinya yang menonjol di antara taman-taman hijau. Meski ukurannya cenderung minim, pemilihan lokasinya membuat ikon lebih unggul dari ikon lainnya.

Air mancur ini juga terletak dekat dengan jalan utama sehingga terlihat jelas meski tidak berniat berhenti di alun-alun. Selain itu, ada beberapa lampu yang dipasang di sini sehingga bahkan pada malam hari keberadaannya dapat dideteksi dengan mudah.

2. Masjid Agung

Umumnya, alun-alun kota didesain dekat dengan masjid besar di kawasan tersebut. Tak terkecuali Alun-Alun Purwakarta, di sisi barat terdapat Masjidil Haram yang sarat akan sejarah.

Lebih dari sekedar masjid sembahyang, tempat ibadah umat Islam ini pernah dijadikan pusat dakwah oleh Syekh Baing Yusuf. Itu terjadi sekitar tahun 1926, bagaimana awal mula Islam menyebar di Purwakarta dan sekitarnya hingga saat ini.

Inilah mengapa nama masjid agung ini diberikan sesuai dengan sosoknya sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasanya. Masjid Agung Sheikh Baing Yusuf juga digunakan sebagai landmark untuk wisata religi.

Pasalnya, makamnya dibangun di sisi lain masjid sehingga masyarakat yang ingin singgah di sini sekaligus bisa melihat makam Syekh Baing Yusuf. Masjid yang indah ini memiliki sejarah yang panjang dan bahkan telah beberapa kali direnovasi. Meski begitu, di beberapa bagian seperti menara kubah masih dipertahankan dengan anggapan itu adalah ciri khas masjid.

Suasana di sini jelas nyaman dengan mesin AC yang bekerja maksimal, karpet tebal, kerumunan jamaah, dll. Jika Anda merasa enggan untuk beristirahat di taman karena harus mendengar lalu lintas kendaraan, Anda bisa memilih masjid sebagai alternatif.

Tapi ingat, Anda harus menghindari tidur di masjid karena dapat mengganggu ketenangan jamaah lainnya. Untuk duduk, jelas tidak masalah. Tapi jika Ada memilih untuk berbaring, itu lain cerita.

3. Kuliner

Hiruk pikuk kota yang berpadu dengan keindahan Alun-Alun Purwakarta tentu membuat kawasan ini menjadi sasaran empuk para pedagang. Di antara yang paling menjanjikan adalah makanan khas lokal yang ditawarkan di jalanan, warung sederhana, atau bahkan restoran mewah.

Datang ke sini akan membawa Anda pada pengalaman kuliner yang lengkap, jadi manfaatkan sebaik-baiknya. Lupakan diet atau pemeliharaan berat badan, nikmati semua hidangan yang mungkin dapat dijelajahi tanpa ragu-ragu.

Sate Manggarai yang super lezat, misalnya, tidak boleh dilewatkan saat Anda datang ke Purwakarta. Sambil menikmati segarnya udara khas ruang hijau yang luas, Anda bisa menyantap beberapa tusuk sate yang masih hangat dipadukan dengan rasa pedas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Alun-Alun PurwakartaKredit Gambar: Google Maps Muhammad Yusuf

Alun-Alun Purwakarta terhampar di tengah hiruk pikuk kota. Pergilah ke kecamatan Purwakarta dan rasakan keindahan sejati di tempat indah di Jawa Barat ini.

Tidak sulit untuk menemukannya karena berdekatan dengan sejumlah tempat terkenal lainnya, seperti Masjid Agung Sheikh Baing Yusuf dan kantor pemerintahan. Tepatnya di Nagri Tengah, Anda bisa menggunakan kendaraan apa saja untuk sampai ke sana dengan cepat.

Sesampainya di lokasi Purwamekar, Anda bisa melihat patung-patung, taman, air mancur, keramaian pengunjung dan masih banyak lagi. Datang dengan mengandalkan peta online atau manfaatkan ojek online jika tidak memiliki kendaraan sendiri.

Alun-Alun Purwakarta dirancang khusus oleh pemerintah daerah dengan harapan masyarakat dapat menikmati ruang terbuka hijau. Artinya, tempat yang indah ini tidak didirikan sebagai objek tujuan, tetapi diperluas fungsinya dari waktu ke waktu.

Meski begitu, masih belum ada tiket masuk yang diberlakukan oleh petugas penjaga alun-alun. Anda dapat berhenti kapan saja sesuai dengan waktu luang Anda, bahkan di tengah malam saat kota sedang sepi. Merupakan fasilitas umum gratis yang didesain nyaman sebagai tempat bersantai.

Mungkin pemerintah setempat paham bahwa masyarakat perlu merasa nyaman dan bisa menghirup udara segar di tengah suasana kota yang padat. Oleh karena itu, masyarakat dari daerah lain juga bisa datang dan menggunakan semua keistimewaan yang ada di tempat indah ini secara gratis.

Kegiatan menarik di Alun-Alun Purwakarta

Kegiatan menarik di Alun-Alun PurwakartaKredit gambar: Google Maps Rifal Septiana

1. Datang ke galeri wayang

Alun-Alun Purwakarta berpartisipasi dalam penyajian seni nasional di sekitarnya melalui pembangunan galeri wayang. Anda bisa datang ke sini dengan bebas selama jadwal operasional, mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

Keberadaan galeri ini umumnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pecinta seni tradisional. Anda juga dapat menggunakannya untuk menambahkan informasi terkait, bahkan jika Anda tidak memiliki minat khusus pada seni.

Datang ke galeri wayang lengkap ini akan membawa Anda melihat koleksi wayang golek, wayang dengan bahan ilalang, atau bahkan wayang betawi. Kegiatan semacam ini sebenarnya bisa sangat dinikmati meski Anda bukan penggemar seni wayang.

2. Jelajahi taman

Alun-Alun Purwakarta tidak hanya memiliki satu taman, tetapi ada beberapa yang sudah dibangun di berbagai sudut. Ketika Anda menuju ke selatan Anda akan menemukan Taman Eksotis Pancawarna.

Taman ini dibuat dengan maksud agar masyarakat bisa betah saat berada di sekitar kantor pemerintahan. Setiap taman dirancang dengan fitur unik, tetapi pada dasarnya semuanya menganut konsep ruang terbuka hijau.

Ada gubuk atau gazebo yang juga disediakan di taman-taman ini sehingga orang bisa menggunakannya ketika lelah berjalan. Suasana asri di tengah lalu lintas kendaraan perkotaan pasti menjadi hiburan bagi warga sekitar.

Menjelajah dari taman ke taman pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Baik ketika Anda ingin melakukannya dengan berjalan kaki, atau dengan sepeda jika memungkinkan.

3. Joging di Alun-Alun Purwakarta

Jogging di taman kota telah populer di kalangan anak muda selama beberapa dekade terakhir. Anda juga bisa melakukannya sambil berharap hidup sehat.

Pergi ke Purwakarta Square dan rasakan bagaimana pengalaman jogging akan memanjakan Anda. Lewati bagian jalan yang menghubungkan taman, atau pergi ke sisi jalan yang dilalui kendaraan.

Jogging bukan lagi sekadar cara untuk sehat, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup anak muda. Mungkin Anda juga ingin mengikuti kegiatan jogging yang bertujuan untuk jalan-jalan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Alun-Alun PurwakartaKredit gambar: Google Maps Fauzi Muharram

Ada berbagai fasilitas yang bisa kamu maksimalkan saat datang ke Purwakarta Square dan semuanya hampir gratis. Mau bawa kendaraan? Lakukan karena ada tempat parkir yang cukup luas dan dapat menampung semua jenis kendaraan. Keluar dari kendaraan, Anda akan dihadapkan pada ruang terbuka hijau dengan pemandangan alam yang mempesona.

Juga di sekitar alun-alun dan di sepanjang jalan kota, kedai makanan menawarkan berbagai hidangan menggugah. Berhentilah sejenak untuk mengisi ulang baterai Anda, maka Anda dapat melanjutkan aktivitas penjelajahan Anda. Bagi umat Islam, ketika memasuki waktu salat wajib, mereka bisa pergi ke Masjidil Haram.

Saat memasuki taman, terdapat bangku dan gazebo yang siap menyambut Anda untuk beristirahat hingga lupa waktu. Ngobrol santai dengan teman sepertinya akan lebih seru jika diwujudkan di tempat sejuk ini sambil merasakan hiruk pikuk kota. Meski suasananya cukup ramai, namun tidak membuatnya ramai dan semakin berkesan.

Alun-Alun Purwakarta sepertinya dipilih sebagai tempat hiburan santai dengan suasana alam yang dimodifikasi. Di sudut-sudut taman dengan nuansa estetis, air mancur eye-catching atau ikon tambahan lainnya di sekitarnya. Mengambil keuntungan dari semua kombinasi ini adalah kesempatan besar untuk menikmati suasana liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button