Onrust Island Jakarta - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Onrust Island Jakarta – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Onrust merupakan salah satu pulau eksotis di Kepulauan Seribu, Jakarta yang penuh dengan misteri. Pulau bersejarah dengan berbagai peninggalan arkeologis dari masa penjajahan Belanda.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Onrust, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Cek lokasi

Jakarta tidak hanya dikenal dengan kotanya yang sibuk dan padat. Ternyata kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Pulau Onrust. Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Pemerintah Belanda saat itu menamakan pulau ini sebagai Pulau Onrust.

Nama Onrust berasal dari bahasa Belanda yang artinya ‘Jangan Pernah Istirahat’ atau dalam bahasa Inggris’masalah‘. Pada masa kolonial, pulau ini digunakan sebagai tempat transit kapal-kapal angkatan laut Belanda. Selain itu, oleh VOC, pulau ini digunakan sebagai galangan kapal dan gudang yang dilengkapi dengan benteng sebagai pertahanan awal Batavia.

Di pulau ini, wisatawan akan menemukan peninggalan dan bangunan purbakala dari zaman kolonial. Pulau ini menawarkan sensasi wisata yang berbeda, wisatawan yang datang seolah dibawa kembali ke masa kolonial. Sangat disarankan untuk mengunjungi Pulau Onrust untuk berkunjung sambil belajar tentang latar belakang sejarah pulau ini.

Atraksi Pulau Onrust

Atraksi Pulau OnrustKredit gambar: Google Maps d_amar 95

Pulau bersejarah ini merupakan salah satu tempat wisata ojek bersejarah yang eksotis. Pada tahun 1972, pulau ini disahkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Ali Sadikin selaku Gubernur DKI Jakarta. Pulau ini memiliki luas 7,5 hektar. Sebelumnya pulau ini memiliki luas 12 hektar, namun karena abrasi, luas pulau menyusut.

Letak Pulau Onrust berdekatan dengan pulau-pulau lain seperti Pulau Bidadari, Pulau Kelor dan Pulau Cipir. Di pulau ini, wisatawan dapat menemukan banyak peninggalan arkeologi dari zaman penjajahan Belanda, dan terdapat sebuah rumah yang masih utuh seperti Museum Taman Arkeologi Onrust.

1. Peninggalan zaman kolonial dan bangunan bersejarah

Di pulau ini, wisatawan akan disuguhkan banyak peninggalan dan bangunan bersejarah dari zaman kolonial seperti pelabuhan dan benteng tua. Wisatawan bisa langsung melihat di pulau ini terdapat sumur bekas penduduk, rangka bangunan tua, banyak batu bata, coran semen dan bebatuan berserakan.

Pulau yang pernah dijadikan tempat peristirahatan keluarga Kesultanan Banten pada abad ke-16 ini menyimpan banyak sejarah. Pulau ini berisi bagian peninggalan sejarah terkait Rumah Sakit Karantina Haji di Pulau Cipir dan Benteng Martello.

Pada tahun 1618 pulau ini digunakan sebagai garis pertahanan pertama melawan ancaman yang berkembang dari Banten oleh Jan Pieterszoon Coen. Pada tahun 1656, sebuah benteng persegi panjang kecil dengan dua bastion dibangun. Kemudian benteng ini diperbesar menjadi benteng segi empat dengan bastion di setiap sudutnya pada tahun 1671.

Sebuah kincir angin dan gudang untuk menyimpan barang-barang dibangun pada tahun 1674. Pada tahun 1691 sebuah kincir angin dibangun kembali. Ketika wisatawan pertama kali menginjakkan kaki di dermaga pulau, mereka akan disambut oleh replika kincir angin. Replika kincir angin itu dibuat oleh VOC.

Pulau Onrust digunakan sebagai sanatorium tuberkulosis serta pusat karantina bagi jemaah haji yang baru pulang dari Mekkah pada tahun 1911 hingga 1933. Selain sebagai tempat lintas kapal, pulau ini juga pernah digunakan sebagai rumah sakit karantina selama masa pemerintahan. masa kemerdekaan. .

Pulau ini juga digunakan sebagai tempat latihan militer, tempat penampungan pengemis dan tempat penampungan tunawisma dari tahun 1960 hingga 1965.

Pada tahun 2002, pulau ini menjadi UPT Taman Purbakala Onrust bersama dengan Pulau Kelor, Pulau Cipir dan Pulau Bidadari. Kemudian masuk dalam Unit Pengelola Museum Bahari (PU) Jakarta pada tahun 2015 bersama Situs Marunda dan Museum Bahari.

2. Menara Keker

Wisatawan yang datang ke pulau ini wajib mengunjungi menara yang dulunya berfungsi sebagai pos jaga bernama Menara Keker. Menara ini terletak berseberangan sangat dekat dengan dermaga dan tidak terlalu tinggi.

Menara yang dibangun pada abad ke-20 ini bisa digunakan wisatawan untuk melihat panorama laut ditemani kapal-kapal yang berada di kawasan wisata ini. Lokasi ini juga menjadi tempat utama untuk berfoto selfie saat berkunjung ke Onrust.

3. Alun-Alun Museum

Objek wisata milik Pulau OnrustKredit gambar: Google Maps Andini Maheswari

Museum yang sudah ada sejak tahun 1939 ini berbentuk seperti rumah dan masih digunakan untuk menyimpan barang-barang bersejarah berbingkai. Tempat ini merupakan rumah dokter yang digunakan untuk memeriksa kesehatan calon jamaah haji.

Tidak jauh dari Plaza Museum, pada jarak sekitar 30-50 meter, terdapat sisa-sisa bangunan rumah sakit lama.

4. Onrust .Museum Taman Arkeologi

Wisatawan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Pulau Onrust dapat mengunjungi Museum Taman Arkeologi Onrust. Di tempat ini banyak terdapat kesaksian sejarah masa penjajahan Belanda. Selain itu, disini juga terdapat miniatur Pulau Onrust.

5. Pemakaman Bersejarah

Bagi yang menyukai wisata horor, pulau ini bisa menjadi destinasi yang tepat. Karena di sini ada kompleks pemakaman bersejarah yang bisa bikin merinding. Ada tembok hitam yang tidak terawat di sekitar pemakaman ini dengan ketinggian sekitar 1 hingga 2 meter.

Di kuburan tersebut terdapat kuburan terkenal yaitu kuburan Maria van de Velde dan kuburan penguasa Onrust yaitu Cornellis Vogel yang dimakamkan pada tahun 1738. Selain itu ada kuburan Kartosuwiryo yang telah dieksekusi pada zaman Soekarno. Di setiap batu nisan di pemakaman Belanda ini, sering ada puisi dalam bahasa Belanda.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Onrust

Alamat Pulau OnrustKredit gambar: Google Maps Alfalegro

Pulau eksotis ini terletak di DKI Jakarta, tepatnya di Desa Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Wisata pulau ini buka setiap hari. Tempat wisata sejarah ini mulai beroperasi dari pukul 08:00 hingga 17:00 WIB.

Saat berkunjung ke pulau ini, waktu berkunjungnya sudah terjadwal agar wisatawan tidak bisa datang dan pergi dengan leluasa. Waktu keberangkatan telah ditetapkan pada pukul 8 pagi, sedangkan waktu kembali pada pukul 3 sore. Hal ini dilakukan agar wisatawan terlindung dari ombak.

Akses menuju objek wisata ini cukup mudah. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

Wisatawan dapat menggunakan aplikasi petunjuk arah mengemudi di smartphone mereka untuk sampai ke objek wisata ini. Sedangkan wisatawan yang menggunakan angkutan umum dapat menggunakan angkutan umum atau bus menuju Muara Angke.

Sesampainya di Muara Angke, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju objek wisata ini menggunakan perahu motor. Adapun rute lain yang bisa ditempuh oleh wisatawan menggunakan speedboat. Berangkat dari Dermaga Marina, Ancol menuju Pulau Onrust dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit hingga 20 menit.

Juga, jika Anda berangkat dari pelabuhan Tanjung Pasir atau pelabuhan Muara Kamal, naik perahu kayu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Biaya Perjalanan ke Pulau Onrust, Jakarta

Biaya Perjalanan ke Pulau Onrust, JakartaKredit gambar: Google Maps Efri Prayoga

Untuk dapat mengunjungi Taman Arkeologi Onrust, wisatawan harus membayar tiket masuk. Biaya masuk ke kawasan wisata ini dibagi menjadi beberapa kategori. Untuk pelajar akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000, sedangkan untuk anak-anak atau pelajar akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000.

Bagi wisatawan yang datang secara rombongan minimal 30 orang. Untuk rombongan dewasa akan dikenakan biaya sebesar IDR 3750. Untuk rombongan mahasiswa akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.250. Untuk rombongan anak-anak atau pelajar akan dikenakan biaya sebesar Rp 1500.

Taman wisata sejarah ini juga dibuka untuk penggunaan plaza, hall, dan taman dengan biaya Rp 1.000.000 per hari. Dan untuk penggunaan lokasi untuk syuting film, rekaman, dll. dengan biaya Rp 1.500.000 per hari.

Untuk biaya transportasi dari Dermaga Marina, Ancol menuju objek wisata bersejarah ini, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000 hingga Rp300.000.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Pulau Onrust

Kegiatan menarik di Pulau OnrustKredit gambar: Google Maps Agus Sefria

1. Jelajahi dan kunjungi situs bersejarah

Kawasan dengan panorama indah dan air laut yang bersih ini menyimpan sejarah. Pulau Onrust menawarkan sensasi wisata lainnya. Turis seperti naik mesin waktu dan pergi ke masa lalu. Selain sebagai tempat rekreasi, objek wisata ini juga dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan.

Wisatawan bisa bersantai sambil belajar sejarah. Di pulau ini, wisatawan dapat menjelajahi semua aspek sejarah. Wisatawan dapat mengunjungi Menara Keker, Pemakaman Belanda yang bersejarah, Museum Plaza, dan Museum Arkeologi Pulau Onrust. Wisatawan dapat menemukan bangunan tua dan sisa-sisa bangunan.

2. Santai dan nikmati memasak

Wisatawan yang telah menghabiskan waktu menjelajahi objek wisata ini dapat beristirahat dan bersantai di warung-warung yang disediakan oleh warga sekitar. Sambil bersantai, wisatawan bisa melepas dahaga dengan kelapa segar yang dijual di warung seharga Rp 20.000.

Apalagi wisatawan bisa menyantap berbagai jenis makanan sederhana dengan hanya merogoh kocek Rp15.000 hingga Rp30.000 saja. Cukup murah bukan?

3. Fotografi

Atraksi ini memiliki banyak tempat unik dan bersejarah sehingga sayang sekali jika tidak diabadikan dalam bentuk foto atau video. Bangunan-bangunan tua di sekitar pulau ini sangat dicari lokasi oleh banyak pecinta fotografi.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang bangunan kuno, Museum Taman Arkeologi Onrust dan tempat-tempat bersejarah lainnya di objek wisata ini. Panorama eksotik peninggalan zaman kolonial dan reruntuhan yang masih tersisa di pulau ini akan menjadi

4. Kunjungi daerah Pulau Onrust

Wisatawan dapat menjelajahi kawasan pulau yang indah ini menggunakan perahu motor. Hanya dengan membayar biaya Rp 500.000,- untuk 20 penumpang sudah bisa mengelilingi kawasan pulau ini.

Sedangkan jika menggunakan perahu nelayan, biayanya akan lebih murah sehingga wisatawan bisa lebih menghemat pengeluaran selama perjalanan. Merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pulau Onrust

Fasilitas Pulau OnrustKredit gambar: Google Maps Dimas .TA

Sebagai pulau wisata, tentunya tersedia berbagai fasilitas penunjang untuk menarik pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar kawasan wisata pulau ini antara lain fasilitas akomodasi berupa resort, kamar mandi (MCK), persewaan perahu, tempat penyimpanan kendaraan, dll.

Berikut informasi tentang keindahan dan eksotisme Pulau Onrust di Provinsi DKI Jakarta. Lokasinya yang berada di tengah laut memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button