Kejutan untuk pengunjung pertama Candi Borobudur 2023, disambut oleh 2 ekor gajah! - WisataHits
Yogyakarta

Kejutan untuk pengunjung pertama Candi Borobudur 2023, disambut oleh 2 ekor gajah!

Kejutan untuk pengunjung pertama Candi Borobudur 2023, disambut oleh 2 ekor gajah!

Kabupaten Magelang

Pengunjung pertama Candi Borobudur di tahun 2023 ini mendapat kejutan dari pihak pengelola. Mereka disambut oleh dua ekor gajah.

pemantauan detikJatengPada Minggu (1/1/2023) pengunjung pertama Candi Borobudur diserahkan kepada wisatawan domestik (Wisnus) dan wisatawan mancanegara (Wisatawan). Pengunjung datang untuk membeli tiket pada pukul 06.30 WIB.

Setelah memasuki loket tiket, pengunjung pertama baik wisatawan domestik maupun mancanegara disambut oleh Unit Manager TWC Borobudur yang berpakaian Jawa. Selain itu, pengunjung disambut oleh dua ekor gajah betina Candi Borobudur bernama Zella dan Echa yang membawa untaian bunga.

Bunga tersebut kemudian dibawa General Manager Entitas Borobudur Jamaludin Mawardi kepada Dwi Wibowo dari Kroya Cilacap dan Yichen Lin, turis asal Amerika Serikat yang beruntung menjadi pengunjung pertama Candi Borobudur pada 2023.

Mereka juga mendapat cinderamata berupa buku cerita tentang Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Mereka juga berkesempatan memberi makan gajah, dikendarai mobil listrik, menanam pohon Tejo dan melepasliarkan merpati.

“Saya sangat bangga. Saya tidak menyangka pihak manajemen begitu peduli dengan pengunjung,” kata Dwi kepada wartawan di Candi Borobudur, Minggu (1/1).

Pengunjung pertama Candi Borobudur di tahun 2023 ini mendapat kejutan dari pihak pengelola.  Mereka disambut oleh dua ekor gajah pada Minggu (1/1/2023).Pengunjung pertama Candi Borobudur di tahun 2023 ini mendapat kejutan dari pihak pengelola. Mereka disambut oleh dua ekor gajah pada Minggu (1/1/2023). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Dia mengatakan dia datang bersama keluarganya sekitar waktu itu karena kebetulan anaknya sedang liburan sekolah. Dwi mengaku baru pertama kali mengunjungi Candi Borobudur sejak kunjungan terakhirnya 25 tahun lalu.

“Berangkat dari Cilacap tadi malam. Ya, anak-anak tidak sekolah untuk liburan tahun baru. Habis dari candi, yuk kita keliling Magelang dan Jogja,” ajaknya.

Hal senada disampaikan turis asal Amerika Serikat, keturunan China, Yichen Lin. “Sangat terkejut dan sangat senang. Kami merasa sangat dekat. Gajah-gajah itu sangat cantik,” katanya.

Sementara itu, General Manager Unit Borobudur Jamaludin Mawardi mengatakan setiap awal tahun pengelola memberikan apresiasi atau penghormatan kepada pengunjung pertama di tahun 2023. Hari ini dilakukan untuk wisatawan domestik dan asing.

“Kami ingin memberi kejutan dan juga rasa hormat. Karena tamu adalah aset yang harus memberikan pelayanan sebaik mungkin. Apalagi untuk tamu (pengunjung) pertama itu,” kata Jamal.

Isi apresiasi ini, kata Jamal, terkait dengan green tourism, di mana wisatawan diajak untuk menanam pohon.

“Anehnya, gajah-gajahnya juga welcome, lalu wisatawan berinteraksi dengan memberikan makanan. Ini adalah sesuatu yang mengejutkan, belum tentu dalam kesempatan yang tidak ada di tempat wisata lain, tetapi di sini kami memberikannya. Yang kedua kami membuat bingkisan tentang Borobudur, rangkaian Prambanan dan Boko. Yang ketiga, sarapan. Dari saat Anda masuk hingga nanti saat Anda keluar, kami akan memberikan Anda layanan sebaik mungkin,” tutupnya.

Saksikan video Rekonstruksi Keluarga Tewas Dhio di Mertoyudan, 17 Adegan Diperagakan
[Gambas:Video 20detik]
(saya saya)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button