KAI menyediakan showcase dan katalog elektronik yang menarik untuk UMKM di stasiun dan kereta api - WisataHits
wisatahits

KAI menyediakan showcase dan katalog elektronik yang menarik untuk UMKM di stasiun dan kereta api

PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus mendorong sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui berbagai kegiatan promosi yang dapat membuka target pasar baru.

Strategi yang ditempuh untuk memasarkan produk UMKM binaan agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas adalah dengan membuat showcase di stasiun dan katalog elektronik di kereta api.

KAI menyediakan etalase dan katalog elektronikKAI menyediakan showcase di stasiun, foto: KAI.id

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, total ada 803 mitra aktif yang disponsori KAI yang tersebar di wilayah operasional Jawa dan Sumatera.

Melalui dua platform ini, calon pembeli tidak hanya bisa bertransaksi dalam jumlah besar tetapi juga membeli satuan atau eceran.

Awalnya ada showcase UMKM di stasiun Bandung dimana 46 UMKM binaan KAI memasarkan produknya di peron.

Jenis produk yang diperdagangkan pun beragam, seperti makanan, pakaian, kerajinan tangan dan lain-lain.

Di etalase, terdapat pajangan produk yang dipasarkan dengan barcode.

Calon pembeli dapat langsung memindai barcode dan terhubung langsung dengan kontak mitra sponsor KAI untuk menyelesaikan transaksi pembelian.

Dorong pemasaran UMKM unggulan, KAI sediakan showcase dan e-catalogueDorong pemasaran UMKM unggulan, KAI sediakan showcase dan e-catalogue

Platform lain yang digunakan KAI untuk mendorong penjualan UMKM adalah dengan menyediakan katalog elektronik yang didistribusikan ke setiap kursi KA jarak jauh.

Saat ini, katalog elektronik tersedia di Lodaya Malam KA, Turangga, Mutiara Selatandan Argo Parahyangan.

Cara penjualan produk UMKM di e-catalog adalah calon pembeli tinggal scan barcode yang ada di e-catalog yang tersedia, kemudian langsung terkoneksi dengan cloud dan nomor WhatsApp UMKM binaan KAI.

Kedepannya, KAI akan menambah stasiun dan kereta yang akan menyediakan showcase dan katalog elektronik untuk UMKM.

KAI juga akan membangun teras UMKM di stasiun besar berupa gerai UMKM yang dapat digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk secara langsung.

KAI juga akan mengembangkan katalog elektronik UMKM untuk memfasilitasi promosi dan transaksi produk UMKM dari mitra binaan KAI.

KAI juga mendukung pengembangan masing-masing UMKM unggulan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti acara tahunan UMKM On Station dan Kereta KAI yang merupakan kegiatan berupa pameran produk UMKM mitra unggulan di stasiun.

Maret lalu, KAI juga mengikutsertakan partner hosting dalam acara tersebut “The 22nd Jakarta International Craft Fair (Inacraft) 2022” di Jakarta Convention Center (JCC).

Pada acara ini, KAI mengikutsertakan mitra unggulan dalam program sertifikasi Brand Operation BNSP serta berbagai program lainnya yang dapat meningkatkan kualitas produk dan memperluas pangsa pasar UMKM binaan KAI.

Sebagai salah satu penggerak perekonomian nasional, KAI terus mendukung kemajuan UMKM di daerah.

KAI yang juga merupakan BUMN terus hadir untuk menjadi agen pembangunan yang tidak hanya peduli pada bisnisnya tetapi juga turut serta membangun kesejahteraan masyarakat.

“Stasiun etalase dan e-catalog diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk UMKM binaan KAI ke pasar yang lebih luas.

Dengan dilanjutkannya kembali layanan angkutan penumpang dari KAI, maka semakin banyak masyarakat yang aktif di stasiun dan mendapatkan informasi mengenai produk-produk UMKM tersebut,”

tutup Joni.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button