Keraton Yogyakarta tutup pagelaran dan Kedhaton untuk touring mulai 1-3 Agustus 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Keraton Yogyakarta tutup pagelaran dan Kedhaton untuk touring mulai 1-3 Agustus 2022

BacaJogja – Keraton Yogyakarta akan menutup pagelaran dan Kedhaton selama tiga hari mulai 1-3 Agustus 2022 untuk wisata. Penutupan ini karena adanya upacara Siraman. Kegiatan adat ini juga tertutup untuk umum.

Informasi tersebut disampaikan pihak Keraton Yogyakarta melalui akun fan page resmi Facebook @Kraton Jogja. “Sudah diinformasikan bahwa pagelaran dan Kedhaton akan ditutup untuk pariwisata pada 1-3 Agustus 2022 karena upacara Siraman Pusaka dan agenda ini tertutup untuk umum,” ujarnya.

Baca Juga: Idul Fitri, Wisata Keraton Yogyakarta dan Tamansari Ditutup, Bagaimana Dengan Gerebeg Sawal?

Sekadar informasi, Museum Kedhaton adalah sebutan untuk kawasan inti wisata keraton yang meliputi kompleks Keben, Cepuri (kawasan Bangsal Kencana, kompleks Kasatriyan) hingga kompleks Magang.

Museum Kedhaton dibuka untuk umum setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Ini berarti bahwa seluruh situs museum ditutup setiap hari Senin untuk pekerjaan pemeliharaan.

Baca Juga: Sejarah dan Filosofi Tugu Jogja Karya Pendiri Keraton Yogyakarta yang Dipuja Sebagai Jari Tengah Penggemar Sepak Bola

Harga tiket untuk wisatawan domestik Rp 8.000 sedangkan untuk wisatawan asing Rp 15.000.

Wisatawan juga dapat menggunakan lembaga pendidikan dan menikmati bangunan dan vegetasi budaya keraton. Namun, wisatawan dilarang memanjat ke atas gedung atau memetik tanaman yang terdapat di kedhaton. Hal ini sejalan dengan filosofi “hamemayu hayuningbawana” atau kontribusi untuk menjaga dan memperindah alam secara utuh.

Baca juga: Video Alun-Alun Utara Yogyakarta Setelah Pasir Halus

Terhitung Juli 2022, penawaran paket wisata di Bangsal Sri Manganti sudah aktif kembali setelah sempat hiatus karena pandemi. Ada pertunjukan uyon uyon setiap hari Selasa, pertunjukan wayang golek pada hari Rabu dan pertunjukan wayang kulit pada hari Kamis. Jumat menampilkan pertunjukan Macapat, sedangkan Sabtu hingga Minggu menampilkan pertunjukan Wayang Wong, tarian, dan hidangan khusus. Pertunjukan dimulai pada pukul 10:00 – 12:00 WIB. (Istana Yogyakarta)

Source: bacajogja.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button