Merayakan HUT ke-7 Lantamal XII Triathlon Open Competition yang diadakan di Pontianak - WisataHits
Jawa Barat

Merayakan HUT ke-7 Lantamal XII Triathlon Open Competition yang diadakan di Pontianak

Indosiber.id – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak menggelar kompetisi triathlon pada Minggu (31/7/2022) dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-7.

Triathlon Open yang diselenggarakan oleh Lantamal XII dalam kompetisi ini merupakan cabang olahraga yang memadukan tiga cabang olahraga yaitu renang, bersepeda dan lari. Sebanyak 76 peserta mengikuti kompetisi tersebut. Para peserta mulai dibebaskan dari Tugu Khatulistiwa dengan berenang di Sungai Kapuas dengan jarak sekitar 700 meter menuju Satrol Lantamal XII Pontianak di Jalan Komodor Yos Sudarso No.1 Pontianak Barat. Kemudian bersepeda 20 km ke Gaia Mall. Setibanya di Gaia Mall, para peserta melanjutkan lari sejauh 5 km, berakhir di kantor Gubernur Kalbar.

Panglima Lantamal XII Pontianak, Laksamana Satu TNI Suharto, SH, M.Si. (Han) menjelaskan, persiapan kompetisi sudah berlangsung sejak Maret lalu. Ia mengatakan, even olahraga ini sekaligus memperingati HUT ke-7 Lantamal XII.

“Ada 76 peserta yang terbagi dalam beberapa kelas, yaitu Kelas Elite yang merupakan atlet latih nasional yang mewakili provinsi putra dan putri, dan Kelas Lokal untuk atlet asal Kalbar,” jelas Danlantamal XII.

Laksma TNI Suharto menambahkan, pemenang akan dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Elite dan Lokal. Pemenang pertama kategori elite akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 12 juta rupiah dan kategori lokal akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah.
“Kemudian ada medali untuk 50 orang yang finish,” lanjutnya.

Ke depan, lanjut Danlantamal XII, kegiatan serupa akan terus dilakukan. Sebagai penyelenggara ia ingin mengatur agenda untuk Provinsi Kalbar.
“Acara rutin berlangsung minimal tiga kali. Mudah-mudahan bisa menjadi tanda tangan Kalbar,” ujarnya.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, SH, M.Hum mengatakan, “Kompetisi triathlon ini merupakan program tahunan Provinsi Kalbar untuk mempromosikan destinasi pariwisata di Kalbar yang diharapkan pesertanya berasal dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Dan ini merupakan program Dispora Provinsi Kalbar,” jelas H. Sutarmidji.

Sementara itu Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi dan mendukung kompetisi triathlon yang digelar di Kota Pontianak ini. Hal ini sekaligus menjadikan Pontianak sebagai kota tujuan wisata olahraga atau sport tourism bagi para atlet kompetitif. Oleh karena itu, diharapkan Pontianak semakin dilirik sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan olahraga baik nasional maupun internasional.

“Ke depan, kami akan mengadakan acara yang bermitra dengan para penggiat olahraga agar masyarakat lebih semangat berolahraga,” ujarnya.

Triathlon merupakan olahraga yang sangat mengandalkan ketahanan fisik, karena pesertanya harus melalui tiga cabang olahraga dalam satu pertandingan. Acara olahraga jenis triathlon banyak diminati oleh para peserta khususnya para atlet.

“Kompetisi triathlon ini juga banyak diminati atlet dari luar Kalbar, sehingga secara tidak langsung kita mempromosikan Kota Pontianak sebagai destinasi wisata olahraga,” ujarnya.

Ketua Federasi Triatlon Indonesia (FTI) Kalbar Sigit Sugiardi menambahkan, jalur triatlon yang dipilih kali ini berbeda dengan provinsi lain. Selain pesona Sungai Kapuas, hadiah yang diberikan lebih besar dari acara triathlon yang diselenggarakan di Indonesia.

“Sepertinya melihat kategorinya nanti menjadi rangkaian. Acara ini juga bisa dijadikan sebagai olahraga ekowisata, ini menunjukkan Kalbar sudah siap,” jelasnya.

“Rute transportasi ke Malaysia juga mudah, walikota menyambut baik acara yang sama,” pungkasnya.

Hasil kompetisi beregu elit putra mengungkapkan juara I FTI Jabar untuk Rasif Amila Yaqin, sedangkan juara II FTI Jateng Muhammad Syifa dan juara III FTI Jateng Aloysius Rexkyardo.

Di kelompok elit putri, juara 1 diraih Zahra Bulan dari FTI Jawa Barat, juara 2 Neta Fani dari FTI Jawa Timur dan juara 3 Firni Anisa FTI Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, juara 1 kelompok lokal Kalimantan Barat, Muhammad Slamet Efendi dari Yonmarhanlan XII, juara 2 Sai Sarius Dominus dari Kabupaten Landak dan juara 3 Eka Cahya Nur dari Yonmarhanlan XII.

Ksatria Jala Khatulistiwa
Masuk Lantamal XII

Source: indosiber.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button