FTI DIY menggelar Jogja Open Triathlon di Kulon Progo, ajang pencarian atlet dan promosi pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

FTI DIY menggelar Jogja Open Triathlon di Kulon Progo, ajang pencarian atlet dan promosi pariwisata

Laporan wartawan Jogja Tribune Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO – Pengurus Provinsi Federasi Triathlon Indonesia (FTI) DIY menyelenggarakan Jogja Open Triathlon Indonesia di Kabupaten Kulon Progo.

Lomba ini merupakan ajang untuk mencari bibit baru dan mempromosikan tempat wisata (obwis), khususnya di wilayah paling barat DIY.

Ketua Panitia Jogja Open Triathlon Kulon Progo Upiya Al Hasan mengatakan event ini digelar pada 17-18 Desember di Waduk Sermo, Kulon Progo.

Baca Juga: Dikelola Yayasan Baru, TK/SD Veritas Bogor Gunungkidul Diresmikan

Melalui event ini, triathlon yang menggabungkan 3 cabang olahraga yaitu renang, bersepeda dan lari ini akan lebih dikenal masyarakat.

Jadi diharapkan bibit baru bisa dicetak di DIY.

“Kami berniat memperkenalkan triathlon sebagai olahraga baru di DIY untuk mencari bibit-bibit baru pembinaan,” ujarnya, Senin (19/12/2022).

Sebanyak 72 atlet dari kabupaten/kota mengikuti DIY di Jogja Open Triathlon. Termasuk triathlon elite swim untuk pria dan wanita dalam jarak 750 meter (m), sepeda triathlon 30 kilometer (km) dan triathlon lari 5 km.

Kemudian lari estafet duathlon 5 km lari start, sepeda 20 km dan sprint 2,5 km, baik kelas 13-19 tahun, 20-39 tahun dan 40 ke atas. Serta aquathlon 1.000m baik secara pribadi maupun dengan estafet.

Sedangkan Kulon Progo mengirimkan empat atlet.

Ini termasuk Triathlon Elite Swimming 1 orang, Duathlon 40 Up 1 orang, Duathlon 20-39 tahun 1 orang dan Duathlon Kelas 13-19 tahun 1 orang.

Di sisi lain, lanjut Upiya, acara ini sekaligus mempromosikan potensi wisata di Kulon Progo. Karena itu ia juga mengharapkan dukungan dari asosiasi pariwisata setempat.

Baca Juga: Kuasa Hukum Tersangka DDS Berates Pelaku Dalam Rekonstruksi Dalam Keadaan Santai

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) FTI DIY Ibnu Mahmud Bilalludin melanjutkan, ajang ini juga menjaring bibit atlet di DIY yang akan siap berlaga di Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023.

Nantinya, 70 peserta dari lima provinsi mengikuti kejuaraan ini. Yaitu DIY, Jawa Tengah, Jakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Timur.

“Triathlon di DIY merupakan cabang olahraga termuda. Meski belum genap setahun, Pengurus Triathlon DIY telah membentuk dan melakukan banyak kegiatan. Salah satunya kita adakan pameran di Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY 2022,” ujarnya. (scp)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button