Ide liburan di Sukabumi mulai dari menikmati alam hingga mengenal budayanya - WisataHits
Jawa Barat

Ide liburan di Sukabumi mulai dari menikmati alam hingga mengenal budayanya

SUKABUMIUPDATE.com – Sukabumi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang banyak dikunjungi wisatawan, banyak ide liburan saat berkunjung ke Sukabumi. Selain tidak terlalu jauh dari ibu kota negara Jakarta, Sukabumi juga menawarkan banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, kuliner dan budaya.

Wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi tidak akan bosan, apalagi bagi yang menyukai wisata alam. Sukabumi menawarkan berbagai wisata alam mulai dari pegunungan hingga pantai yang bisa ditemukan di Sukabumi.

iklan

Juga bagi wisatawan yang suka berburu kuliner, Sukabumi menawarkan banyak kuliner yang unik untuk dicicipi.

Destinasi wisata berikut ini bisa dikunjungi saat berkunjung ke Sukabumi.

iklan

1. Tur Goa

Ada beberapa gua alam di Sukabumi yang menjadi tempat wisata. Gua-gua ini sangat menarik untuk dijelajahi, terutama bagi Anda yang menyukai wisata yang memompa adrenalin.

Tentunya wisata gua ini akan memberikan pengalaman berbeda saat berlibur. Beberapa gua yang bisa Anda kunjungi adalah Goa Buniayu di kecamatan Nyalindung, Gua Baduy di kabupaten Cimanggu dan Goa Ijar yang tidak jauh dari Gua Buniayu.

2. Nikmati sukabumi dari atas bukit

Bagi Anda yang ingin liburan dengan sedikit tantangan, Anda bisa mengunjungi beberapa bukit di Sukabumi. Dari sini Anda bisa menikmati suasana sejuk dengan pemandangan kota dari atas.

Untuk mendapatkan pengalaman tersebut, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti Bukit Karang Numpang di Kecamatan Gunung Guruh, Karang Para dekat Karang Numpang, Pasir Datar di Kecamatan Caringin, Bukit Naimin di Kecamatan Sukaraja, Puncak Robin di Palabuhanratu, Gunung Tumpeng di Kecamatan Ciema dan masih banyak lagi. lagi.

3. Bersantai di tepi danau

Jika Anda ingin menghabiskan liburan Anda dalam suasana santai dan melepas penat dari hiruk pikuk kota, relaksasi di danau mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Anda dapat bersantai dan melakukan beberapa aktivitas, mis. B. tergantung di tempat tidur gantung, memancing dan bahkan berkemah dengan gembira di tepi danau.

Danau yang bisa anda kunjungi di Sukabumi antara lain Danau Situ Gunung, Danau Cipiit di Kecamatan Jampang Tengah, Danau Zen Situ di Kecamatan Caringin, Danau Cukang Paku di Kecamatan Pabuaran, Danau Sukarame di Kabupaten Parakansalak dan masih banyak lagi.

4. Mengejar sunset di pantai

Pantai merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di Sukabumi. Banyak sekali pantai indah yang bisa anda kunjungi seperti Pantai Citepus, Pantai Karang Hawu, Pantai Karang Aji, Pantai Minajaya, Pantai Ujung Genteng, Pantai Pangumbahan dan lain-lain.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berlibur di pantai. Anda bisa bersantai dan menikmati ombak, memancing, atau berburu matahari terbenam yang menakjubkan.

5. Saksikan air terjun yang megah

Sukabumi dikenal memiliki banyak air terjun yang mampu memukau wisatawan dengan keindahannya. Banyak yang rela datang jauh-jauh dari luar kota hanya untuk melihat langsung derasnya air terjun di Sukabumi.

Air terjun atau dalam bahasa sunda disebut sebagai air terjun paling terkenal di Sukabumi antara lain Curug Kembar, Air Terjun Cimarinjung, Air Terjun Puncak Manik, Air Terjun Cikaso, Air Terjun Awang, Air Terjun Bibijilan, Air Terjun Tengah, Air Terjun Pelangi dan masih banyak lagi air terjun yang ada di Sukabumi.

6. Belajar tentang budaya dan sejarah

Bagi Anda yang tidak menyukai wisata alam, Anda bisa menikmati destinasi wisata lain di Sukabumi, seperti belajar tentang budaya lokal dan belajar tentang sejarah Kesukabumi.

Beberapa destinasi yang bisa Anda kunjungi adalah Kasepuhan di Sukabumi, seperti KAsepuhan Sinar Official, Kasepuhan Ciptagelar, Kasepuhan Ciptamulya dan lain sebagainya.

Di sini Anda bisa mengenal budaya kuno yang masih lestari, seperti Waktu terbaik untuk mengunjungi Kasepuhan adalah saat acara Seren Taun. Berbagai pertunjukan tradisional seperti Lais, Debus dan prosesi tradisional lainnya berlangsung selama Seren Taun.

Selain itu, di Sukabumi, Anda juga bisa berkenalan dengan wayang unik yaitu boneka Sukuraga.

Ya, tidak banyak yang tahu kalau Kota Sukabumi memiliki wayang khas bernama Sukuraga. Ini merupakan inovasi dari seorang budayawan dan pekerja seni asal Kota Sukabumi bernama Effendi. Boneka ini terkenal bahkan di luar negeri.

Atau bisa juga mengunjungi museum untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah di Sukabumi, seperti Museum Cina, Museum Palagan Bojongkokosan, Museum Megalodon, Museum Mini Hanjeli.

7. Berburu kuliner sukabumi

Lelah dengan berbagai aktivitas liburan Anda, saatnya mengisi perut dengan mencari makanan khas sukabumi.

Ada banyak makanan khas yang bisa Anda cicipi seperti Mochi, Bandros, Sekoteng, Bubur, Wedang Ronde, Ciwang dan masih banyak lagi makanan yang bisa Anda nikmati.

Makanan ini sangat enak dinikmati di udara dingin Sukabumi.

Source: sukabumiupdate.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button