Meraih prestasi di ADWI 2022, warga NTT desa Umauta akan mendapatkan penghargaan Page All - WisataHits
Yogyakarta

Meraih prestasi di ADWI 2022, warga NTT desa Umauta akan mendapatkan penghargaan Page All

MAUMRE, KOMPAS.com – Warga Desa Wisata Umauta di Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapatkan penghargaan setelah berhasil meraih juara II kategori “Pengembangan Desa Wisata”.

Penghargaan berupa piala dan dukungan dukungan infrastruktur destinasi wisata diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, di halaman Kantor Bupati Sikka, Senin (14/11/2022) pagi.

Baca juga:

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi warga Kabupaten Sikka karena Desa Umauta telah mendapatkan dua desa wisata yang berkembang secara nasional,” kata Direktur Biro Pariwisata Kabupaten Sikka Petrus Poling Wairmahing, Senin.

Ia bangga dengan 3.419 desa yang mengikuti ADWI 2022, dengan Desa Wisata Umauta menempati posisi kedua.

Bupati Sikka Francis Roberto Diogo didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka Petrus Poling Wairmahing berpose bersama warga Desa Umauta usai penyerahan penghargaan di halaman Kantor Bupati Sikka, Senin (14/11/2022). ).Kompas.com/Serafinus Sandi Hayon Jehadu Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka Petrus Poling Wairmahing berfoto bersama warga Desa Umauta usai penyerahan penghargaan di halaman Kantor Bupati Sikka, Senin (14/11/ 2022).

Prestasi warga Umauta, lanjutnya, melalui proses panjang, mulai dari persiapan hingga evaluasi oleh dewan juri independen.

Poling menjelaskan, dalam tiga tahun terakhir, dua desa di Sikka, yakni Umauta dan Kojadoi, masuk dalam 100 besar desa wisata terbaik. Namun, hanya Umauta yang berhasil masuk 50 besar di ajang ADWI 2022.

Baca juga: 5 Desa Wisata dengan Homestay Terbaik Versi ADWI 2022

“Pada pertengahan Oktober 2022, tim evaluasi bersama Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) berkunjung ke Umauta. Setelah dilakukan evaluasi, juri memutuskan Umauta menempati posisi kedua pada kategori pengembangan desa wisata,” jelasnya.

Tenun ikat menggunakan pewarna alam menjadi salah satu ciri khas Desa Wisata Umauta.Kompas.com/Serafinus Tenun Sandi Hayon Jehadu Ikat dengan pewarna alami merupakan salah satu keunikan Desa Wisata Umauta.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) perwakilan Desa Wisata Umauta, Cletus Beru, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sikka atas dukungan dan bimbingannya.

Cletus sejak awal optimistis desanya akan memenangkan ajang ADWI 2022, apalagi setelah wakil Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif berkunjung ke desanya sebulan lalu.

“Terima kasih atas dukungannya. Hanya itu yang bisa kami berikan. Semoga kami bisa lebih baik lagi kedepannya dan menang di semua kompetisi. acara,” dia berkata.

Baca Juga: Daftar 3 Desa Wisata Pemecah Rekor di Muri pada ADWI 2022

Sementara itu, Bupati Sikka, Francis Roberto Diogo mengatakan, prestasi warga Desa Wisata Umauta tak lepas dari dukungan para leluhur.

Ia berharap desa-desa lain di Kabupaten Sikka dapat mengembangkan potensi yang ada di setiap desa, sehingga tidak hanya menggerakkan perekonomian tetapi juga aktif berpartisipasi dalam berbagai acara yang diselenggarakan oleh pemerintah dan lembaga lainnya.

“Saya sangat bangga dan ini pencapaian yang luar biasa. Berkat usaha dan kerja keras kita semua, Umauta berhasil meraih dua tempat untuk pengembangan desa wisata,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Terbaik Kategori Daya Tarik Pengunjung ADWI 2022

Sebagai informasi, juara pertama kategori Desa Wisata Berkembang ADWI 2022 adalah Desa Wisata Pariangan di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kemudian juara ketiga Desa Wisata Widosari di Desa Ngargosari, Kecamatan atau Kepanewon Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY); juara keempat Desa Wisata Pandean di Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur; dan juara kelima adalah Desa Wisata Pulau Sapi di Kabupaten Mentarang, Malinau, Kalimantan Utara.

Baca Juga: 981 Wisatawan Kunjungi Desa Wisata Golo Loni NTT hingga November 2022

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button