Bedah rumah masih panas, namun warga harus mewaspadai hujan lebat di penghujung tahun - WisataHits
Yogyakarta

Bedah rumah masih panas, namun warga harus mewaspadai hujan lebat di penghujung tahun

Harianjogja.comJOGJA– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mengimbau warga DIY mewaspadai angin kencang, hujan lebat, banjir, dan tanah longsor di penghujung tahun. Hujan deras diperkirakan akan turun pada akhir tahun, meski cuaca di DIY saat ini panas dan cuaca sangat terik.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan, hujan lebat bisa terjadi mulai 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 berdasarkan informasi yang diterimanya dari BMKG.

“Lembaga pendidikan dan berbagai organisasi atau komunitas harus menghindari kegiatan ekstrakurikuler dari Desember hingga Januari. Jangan menyeberangi sungai,” katanya, Rabu (21/12/2022).

Ia juga meminta dinas pariwisata di kabupaten dan kota di DIY untuk berkoordinasi dengan penyelenggara pariwisata untuk menginformasikan potensi bahaya bencana di objek wisata.

“Ditambah lagi, itu juga meningkatkan kesiapsiagaan selama ini,” ujarnya.

Biwara berharap 278 desa tangguh bencana, Posko Utama TRC dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana di wilayahnya.

Lilik Andi Aryanto, Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, mengatakan peran desa desa dalam kesiapsiagaan bencana sangat penting.

“Di desa, kami menyiapkan masyarakat untuk melihat potensinya dan menyiapkan relawan agar masyarakat dapat bertindak secara mandiri jika terjadi bencana,” kata Lilik.

BACA JUGA: DIY Diterpa Panas Panas, Begini Pernyataan BMKG

Cuaca di DIY terasa semakin panas sejak Minggu (18/12/2022), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY membicarakan dampak badai tropis Darian.

Ketua Kelompok Foreskater BMKG YIA Romadi menjelaskan, Siklop Tropis Darian muncul di kawasan Samudera Hindia barat daya Bangka. Menurutnya, Siklon Tropis Darian berdampak pada berkurangnya pasokan uap air di sektor perbaikan rumah.

“Jadi hanya berdampak pada hujan intensitas ringan hingga sedang,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Selasa (20/12/2022).

Cuaca semakin panas.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button