Menyusuri keindahan Kalimas hingga Jembatan Petekan - WisataHits
Jawa Timur

Menyusuri keindahan Kalimas hingga Jembatan Petekan

Surabaya (ANTARA) – Selama ini jalur wisata air di sepanjang Sungai Kalimas di Surabaya dimulai dari Monumen Kapal Selam (Monkasel), Taman Prestasi, Museum Pendidikan, Siola, hingga Jembatan Merah di Surabaya.

Kini telah terhubung dengan Jembatan Petekan di kawasan Tanjung Perak Surabaya.

Di destinasi wisata air terakhir di Sungai Kalimas, kawasan Jembatan Petekan telah didirikan semacam taman yang menawarkan banyak objek wisata bagi wisatawan. Salah satunya adalah wisata edukasi untuk anak-anak.

Selain itu, juga tersedia Pekerjaan Foto, tempat menginap, dan banyak lagi.

Tata ruang Taman Petekan seolah memadukan konsep wisata kuliner, edukasi, belanja, dan wisata sejarah. Sehingga wisatawan bisa merasakan banyak saat berkunjung.

Sungai Kalimas kini bisa diandalkan menjadi primadona baru wisata air di Kota Surabaya.

Sungai yang pernah disebut sebagai jantung Kota Surabaya ini terlihat lebih indah, lebih menarik dan lebih memikat untuk diikuti wisatawan dengan penataannya yang terhubung dengan kawasan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan konsep wisata air Kalimas bertujuan untuk menciptakan suasana seperti Thailand dan menjelajahi kanal-kanal di Venesia, Italia.

“Dengan cara ini, kami berharap warga Kota Surabaya dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke Thailand atau Italia untuk menikmati wisata air,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Surabaya, Senin.

Untuk itu, Pemkot Surabaya menggandeng PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 untuk mempercantik Kalimas hingga kawasan Pelabuhan Tanjung Perak.

Dhany Rachmad Agustian, General Manager Kalimas dan Terminal Penumpang PT Pelindo Sub Daerah Jawa, mengungkapkan keberadaan kapal rakyat jenis Phinisi sebagai ikon. warisan Pelabuhan Tanjung Perak bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri.

“Kami menerima kapal kayu di sini untuk kegiatan wisata. Selain itu, kami juga akan melakukan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas di sini, terutama di akses jalan raya, yang sangat berguna untuk pengembangan pariwisata di Kalimas,” ujarnya.

Diharapkan pengembangan wisata air Kalimas di kawasan waterfront Tanjung Perak dapat menghasilkan respon positif untuk menarik lebih banyak wisatawan.

“Kami juga membuka ruang bagi generasi muda untuk lebih banyak mengeksplorasi aktivitas di Pelabuhan Kalimas, Tanjung Perak Surabaya,” ujarnya.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button