Menteri Muhadjir: Bus wisata yang tidak layak pakai tidak boleh digunakan untuk wisata tahun baru - WisataHits
Jawa Tengah

Menteri Muhadjir: Bus wisata yang tidak layak pakai tidak boleh digunakan untuk wisata tahun baru

Reporter Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau kesiapan tol tersebut menyambut perayaan Tahun Baru 2023.

Muhadjir mengimbau masyarakat untuk mempelajari kelayakan kendaraan tersebut sebelum menggunakannya.

“Saya minta kepada yang akan melakukan perjalanan untuk mengecek kendaraannya dengan baik, baik kendaraan pribadi maupun rombongan,” kata Muhadjir usai meninjau pintu tol Kalikangkung di Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2022).

Ia menegaskan, gerbong yang belum siap untuk dikendarai tidak boleh digunakan dan petugas di lapangan wajib mencegat gerbong untuk diperiksa.

“Bus wisata yang tidak layak pakai sebaiknya tidak digunakan. Tanyakan kepada petugas jika menemukan bus yang tidak layak untuk dihentikan dan diganti busnya,” kata Muhadjir.

Menurut Menko PMK, wilayah Jawa Tengah merupakan simpul yang paling sensitif. Pasalnya, arus mudik dari Jakarta lebih banyak ke Jawa Tengah. Jawa Tengah juga menjadi titik transisi ke daerah lain.

Oleh karena itu, meski arus kendaraan di Jateng saat ini lebih rendah dibanding Lebaran kemarin, Menko PMK berpesan agar tidak dianggap enteng dan jangan kendor.

Baca Juga: Kota Semarang Dikepung Banjir, Ini Rincian 24 Daerah Terendam

“Kami bersyukur bahwa kami berhasil setidaknya pada putaran Natal pertama dan berjalan lancar. Mudah-mudahan tahun baru juga sama,” kata Muhadjir.

Baca Juga: Banjir Yang Menerjang Gardu Tol Kendal Kaliwungu

Sedangkan puncak jalan tol di Jawa Tengah saat ini tercatat pada operasi Lilin dengan 34.000 kendaraan, angka tersebut lebih rendah dibandingkan operasi Ketupat yang mencapai 64.000 kendaraan. Polda Jateng juga telah mendirikan 252 pos pengamanan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button