Tiket GLAMPONG ALAM STUDIO dan 6 Fakta Menarik - WisataHits
wisatahits

Tiket GLAMPONG ALAM STUDIO dan 6 Fakta Menarik

Harga tiket masuk Studio Alam Gamplong : Rp 150.000 secepatnya Jam Buka : 09:00-17:00 Telp. WIB: 087823682000 Alamat: Gamplong 1, Moyudan, Dusun, Sumberrahayu, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55563

Destinasi wisata di Jogja memang tidak ada habisnya. Belum lagi wisata buatan yang kini sedang booming dan menjadi hits di Yogyakarta. Ada destinasi wisata buatan yang sedang hits di Jogja, yaitu: Sanggar Alam Gamplong.

Terletak di Kabupaten Sleman, tepatnya 16 kilometer dari ground zero Yogyakarta. Tempat wisata yang sering dijuluki mini Hollywood ini menawarkan berbagai desain bangunan yang unik. Sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai fotografi.

Baca: HOT SPOT DI JOGJA: 49 destinasi anti mainstream

Tiket masuk studio Gamplong Nature

Untuk masuk ke Studio Alam Gamplong tidak dikenakan biaya khusus. Ada sebuah kotak di dekat pintu masuk, di mana pengunjung dapat menyumbangkan apa yang sesuai.

Tiket masuk studio Gamplong Nature
Tiket masuk SESEGERA
Tiket masuk kereta api lama Rp 10.000
Tiket masuk museum Habibi & Ainun Rp 10.000
Tiket masuk Museum Bumi Manusia Rp 10.000
Tiket masuk ke Galeri Barang Antik dan Ruang Rahasia Rp 10.000
Jip Rp150.000
Otorisasi untuk menggunakan kamera Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Merapi World Landmarks Park

Persyaratan masuk ke area Sanggar Alam Gamplong:

  • Pindai kode batang Care Protect dan check in di tempat parkir.
  • Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.
  • Wajib pakai masker dan cek suhu.
  • Mengisi kembali dana operasional, jika ada.
  • Wisatawan dapat pergi ke pondok informasi untuk mendapatkan tiket jalan kaki (opsional dan tidak wajib).
  • Segala aktivitas seperti prewedding, product, drone, photo shoot harus meminta izin untuk diinformasikan.

Jam Buka Studio Natural Gamplong Yogyakarta

Wisatawan dapat mengunjungi studio ini setiap hari. Tempat wisata ini buka dari pagi hingga sore hari.

Jam buka
Setiap hari 09.00 – 17.00 WIB

1. Dijuluki Mini Hollywood Indonesia

mini hollywood indonesiaStudio yang sering digunakan untuk syuting ini juga sering disebut sebagai Mini Hollywood Indonesia. Foto: Instagram/gamplong_studio

Bukan tanpa alasan tempat ini disebut mini hollywood. Hal ini tidak lepas dari penggunaan Gamplong Studio sebagai lokasi syuting. Sultan Agung The Untold Love Story, adalah film yang diambil di sini.

Film tersebut merupakan film terbaru dari sutradara ternama Hanung Bramantyo. Sultan Agung The Untold Story berlatar sekitar abad 16 dan 17. Awalnya, tempat ini adalah tanah desa, yang kemudian berubah menjadi Indonesia pada abad 16.

Menjelang akhir abad ke-16, Indonesia berada di bawah kekuasaan Belanda. Dengan demikian di Sanggar Gamplong terdapat benteng Belanda, bangunan Tionghoa, joglo, bernuansa Betawi. Tentunya akan sangat unik bisa berfoto dengan nuansa masa lalu seperti ini.

Baca: Tiket Masuk Candi Borobudur Magelang dan 4 Aktivitas Terbaik

2. Awal Terbentuknya Sanggar Alam Gamplong

area studio dengan bangunan bertemaStudio Alam Gampling Yogyakarta dengan berbagai macam bangunan bertema. Foto: Google Maps/Fis Ihsani

Sanggar ini dibangun atas prakarsa Mooryati Soedibyo, pengusaha sukses pendiri Mustika Ratu. Wanita berusia 91 tahun ini awalnya ingin menyumbangkan sebuah film untuk bangsa. Dia ingin film tersebut memberikan pelajaran dalam pengembangan karakter dan kepemimpinan.

Berdasarkan tujuan tersebut, dipilihlah sosok Sultan Agung sebagai sumber inspirasi. Setelah mencari lokasi yang cocok untuk syuting, studio Gamplong ini dipilih. Setelah syuting selesai, Mooryati Soedibyo menghibahkan studio ini kepada pemerintah setempat.

3. Wisata Film Edukasi

Di sini wisatawan juga bisa belajar seni sinema. Foto: Instagram/gamplong_studio

Gamplong Studio memiliki ruang yang sangat bagus dan cukup luas. Selain itu, properti dan setnya dibuat sedetail mungkin. Tak heran jika tempat ini juga cocok digunakan sebagai wisata edukasi sinematik.

Pariwisata yang memberikan edukasi kepada masyarakat, bagaimana proses pembuatan film. Proses kreatif seperti apa yang dibutuhkan untuk menyajikan tayangan yang berkualitas. Bagi orang-orang yang bekerja di bidang ini, tentu akan menjadi referensi yang valid.

Bagi orang-orang yang tidak berkecimpung di bidang perfilman, mereka selalu bisa belajar. Bahwa sebuah film tidak hanya terjadi dalam satu atau dua hari. Setiap adegan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, baik itu properti maupun aktor.

Baca: Tiket Masuk BREKSI Cliff Park dan 4 Aktivitas Terbaik

Pengetahuan semacam ini akan menciptakan dukungan yang tinggi bagi pembuat film. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah menonton film di bioskop. Sehingga sineas tetap bisa berkreasi dalam membuat film yang berkualitas.

4. Berfoto di Benteng Zaman Belanda

Benteng Belanda di Gamplong StudioBenteng Belanda di Gamplong Studio. Foto: google maps/Jogja Tour

Karena untuk pembuatan film, benteng di sini bukanlah benteng asli dari zaman Belanda. Benteng di sini adalah salah satu set yang digunakan untuk syuting film. Meski hanya untuk keperluan pemotretan, namun detailnya cukup mengesankan.

Benteng ini memiliki gapura besar yang sangat khas dan gagah. Di depan benteng ini juga terdapat sungai yang menjadi pembatas khas di masa lalu. Berfoto di depan gerbang benteng atau jembatan tentunya akan menjadi foto yang anti mainstream.

5. Selfie di Pendopo joglo Studio Alam Gamplong

Studio Anjungan Rumah Jawa Alam GamplongSalah satu bangunan sanggar pendopo rumah jawa. Foto: Google Maps/Wulan Purnama

Sebagai film dengan nuansa masa lalu yang kental, ada juga pendopo joglo di sini. Pendopo adalah tempat berkumpul, berdiskusi atau bermusyawarah. Bangunannya berbentuk seperti rumah joglo, namun tanpa atap di kedua sisinya.

Paviliun joglo ini begitu luas dan tinggi. Untuk menambah suasana tempo dulu, di pelataran terdapat beberapa meriam sebagai senjata. Selain itu, pendopo ini juga dikelilingi pagar tinggi dengan gapura besar.

Baca: Tiket Masuk PEAK BECICI Yogya dan 6 Kegiatan Pilihan

6. Pasar tradisional masa lalu

Set pasar tradisional.Set pasar tradisional. Foto: instagram/gamlong_studio

Untuk memperkaya aktivitas di masa lalu, ada juga pasar tradisional yang didirikan di sini. Pasar ini menjual berbagai macam buah dan sayur. Di pasar juga ada warung makan papan kayu tua.

Semua properti di atas dipertimbangkan dengan cermat secara detail, sehingga sangat mendukung kerangka kuno. Belum lagi, ada 2 barang lain di pasar ini yang mewakili abad 16. Barang-barang tersebut adalah payung kertas dan keranjang besar.

Fasilitas Sanggar Gamplong

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, tersedia beberapa fasilitas di sini. Yang pertama jajan, bukan satu tapi ada beberapa di sini. Selain itu, ada juga tempat untuk istirahat sejenak.

Lokasi dan Kontak Studio Gamplong

Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, Gamplong Studio cukup mudah ditemukan. Alamat lengkap Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563. Untuk menghubungi Gamplong Studio bisa melalui Instagram di @gamplong_studio.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button