8 Wisata Suci Menakjubkan yang Tidak Boleh Dilewatkan - WisataHits
Jawa Timur

8 Wisata Suci Menakjubkan yang Tidak Boleh Dilewatkan

8 Wisata Suci Menakjubkan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Merdeka.com – Penting untuk menjaga kesehatan mental di tengah kesibukan sehari-hari. Jangan memaksakan diri untuk mempengaruhi kondisi fisik dan mental Anda.

Rehat sejenak dari rutinitas kerja yang melelahkan adalah keharusan bagi kita untuk beristirahat. Ada berbagai jenis istirahat, salah satunya adalah tur.

Artikel media taboola

Salah satu daerah yang cocok sebagai tujuan wisata adalah kudu. Karena Kudus terkenal dengan wisata alam dan religinya.

Kudus adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukota Kabupaten Kudus adalah Kudus yang terletak di pesisir timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang dan Kota Surabaya. Kota ini berjarak 51 kilometer sebelah timur Kota Semarang.

Kudus lebih dikenal dengan kota Kretek karena merupakan kota terbesar di Jawa Tengah yang memproduksi rokok kretek. Selain itu, Kudus juga disebut sebagai Kota Santri atau Jerusalem van Java karena daerah ini merupakan pusat perkembangan Islam pada Abad Pertengahan.

berikut merdeka.com rangkum rekomendasi wisata kudus yang cocok untuk rehat sejenak dari pekerjaan sehari-hari:

2 dari 3 halaman

1. Masjid Menara Kudus


Wisata suci pertama adalah Masjid Menara Kudus. Masjid yang menyandang nama resmi Masjid Al-Aqsa Manarat Qudus Terletak di Desa Kauman, Kabupaten Kudus. Masjid ini dibangun pada tahun 1549 oleh Sunan Kudus.

Wisata Sakral ini memiliki ciri khas yaitu adanya menara yang berdiri mirip dengan candi. Pola arsitekturnya juga memadukan konsep budaya Islam dan Hindu-Budha, menunjukkan bahwa bangunan ini merupakan simbol dari proses akulturasi dalam Islamisasi Jawa.

2. Makam Sunan Kudus

Wisata Sakral ini merupakan wisata religi yang juga sayang untuk dilewatkan yaitu Makam Sunan Kudus. Makam salah satu Walisongo berada di belakang menara Masjidil Haram.

Menjelang bulan Ramadhan, tempat ini sangat ramai dikunjungi para peziarah yang datang dari berbagai daerah. Pengunjung juga dapat menyaksikan kisah hidup Sunan Kudu dan peninggalannya sepanjang hidupnya.

3. Air Terjun Kali Banteng

Wisata Kudus selanjutnya adalah wisata air yang bernama Air Terjun Kali Banteng. Air terjun ini terletak di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudu.

Air terjun ini memiliki dua tingkat dengan ketinggian total 20 meter dan kedalaman kurang dari satu meter. Bagi yang ingin menikmati wisata alam terutama yang mengandung air, destinasi ini cocok untuk dikunjungi.

Selain itu, airnya juga tidak terlalu sulit, sehingga Anda dapat berpartisipasi dengan aman dan mengajak anak-anak berkunjung. Meskipun demikian, pengawasan orang dewasa diperlukan untuk pencegahan.

4. Ngarai Abu-abu

Wisata Suci ini terbilang unik karena menyerupai destinasi wisata Grand Canyon di wilayah Arizona Amerika Serikat. Wisata ini bernama Grey Canyon dan bertempat di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo atau 200 meter dari TPA Tanjung, Kabupaten Kudus.

Grey Canyon dulunya merupakan kawasan penambangan batu dan pasir yang kemudian menjadi salah satu wisata terpopuler di kudu. Pemandangan alam yang megah dan mencolok sangat cocok sebagai tempat pengambilan foto.

Museum ini memiliki empat wahana utama yaitu museum kretek itu sendiri, bioskop mini, rumah kudus tradisional dan kolam renang.


3 dari 3 halaman

5. Taman Oasis Djarum

Wisata Suci ini juga tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Kota Suci. Taman Oasis Djarum terletak di Jalan Lingkar Utara No. 7, Bacin, Distrik Bae.

Taman ini dimiliki oleh perusahaan rokok terbesar di Indonesia yaitu Djarum. Wisata Kudus memiliki pusat perbelanjaan, kompleks perbelanjaan dan ruang terbuka hijau. Tempat ini cocok bagi Anda yang suka berbelanja atau sekedar jalan-jalan santai.

6. Museum Kretek

Museum Kretek adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Getas Pejaten No. 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudu. Seperti namanya, museum ini merupakan museum rokok. Museum ini didirikan atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Rustam ketika berkunjung ke Kudus pada tahun 1980.

Wisata Kudus memiliki berbagai peralatan yang digunakan untuk membuat rokok pada zaman dahulu. Selain itu, ada juga diorama yang menampilkan proses pembuatan rokok dari menanam tembakau menjadi satu batang rokok.

7. Kawasan Wisata Colo

Wisata suci selanjutnya adalah kawasan wisata Colo. Wisata Colo terletak 18 kilometer sebelah utara dari pusat kota Kudus. Tepatnya di Pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Saat mengunjungi kawasan wisata ini, mata akan dimanjakan dengan panorama alam yang mempesona. Cocok bagi yang menyukai pemandangan khas pegunungan yang asri dan sejuk. Di tempat ini terdapat makam Sunan Muria.

8. Desa Wisata Rahtawu


Desa Wisata Rahtawu merupakan desa wisata di Kudus yang terletak pada ketinggian 1627m dpl di lereng Gunung Muria, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Desa ini memiliki 13 tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi sementara sebagian besar tempat wisata alam seperti mendaki puncak ada 29, mendaki Natas Angin dan Kali Pethuk. Hal ini karena desa ini dekat dengan Mt.

Wisata kudu ini gratis karena konsepnya desa wisata, tiket masuknya gratis. Desa Wisata Rahtawu sangat cocok bagi wisatawan yang datang dari kota, karena mereka dapat merasakan langsung kehidupan desa.

(mdk/amd)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button