Menparekraf Sandiaga Uno, capai target kinerja Kemenparekraf 2023 perlu kerjasama dengan Pentahelix - WisataHits
Jawa Barat

Menparekraf Sandiaga Uno, capai target kinerja Kemenparekraf 2023 perlu kerjasama dengan Pentahelix

PORTAL BANDUNG TIMUR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yakin target kinerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat tercapai pada tahun 2023. Target kinerja 2023 dapat dicapai melalui upaya kolaborasi dengan pemangku kepentingan Pentahelix.

Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan arahan pada Rakornas Parekraf 2022. Target Kinerja Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yang diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, disampaikan pada tahun 2023 berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Untuk Tourism Tourism tahun 2023, targetnya antara $2,07 miliar dan $5,95 miliar. Target tersebut antara lain dipenuhi oleh kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 3,5 hingga 7,4 juta kunjungan dan wisatawan domestik sebesar 1,2 hingga 1,4 miliar pergerakan,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Kecelakaan di KCJB, 2 Meninggal Peristiwa masih dalam penyelidikan

Selain itu, menurut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, juga dengan menyerap tenaga kerja pariwisata, ditargetkan ada 22,4 juta orang di sektor pariwisata. Dan oleh 22,59 juta orang di industri kreatif.

Kemudian, menurut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, kontribusi pariwisata terhadap PDB mencapai 4,1 persen. Nilai tambah industri kreatif sebesar Rp 1.279 triliun, dan nilai ekspor industri kreatif sebesar US$ 26,46 miliar.

“Kami optimistis bisa mencapai target yang fantastis di tahun depan, meski mengalami penurunan anggaran. Tapi dengan kerja sama dan sinergi antar kementerian dan lembaga, semoga target tahun depan bisa maksimal,” ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berharap pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada 2023 dapat lebih inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan. Konsep pariwisata yang bersifat personal, localized, customized dan small sesuai dengan harapan untuk mewujudkan pariwisata yang lebih berkualitas.

Baca Juga: Wartawan Foto Bandung Bicara Lewat 122 Karya Foto dalam Review 22 Tahun WFB

“Tren ini memungkinkan kami untuk memahami aspirasi dan minat perjalanan konsumen. Memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen saat berwisata memudahkan kami dalam menawarkan produk wisata,” ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button