Pemerintah Kabupaten Bogor menargetkan untuk memperkenalkan Pongkor Geopark di UGG pada tahun 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Bogor menargetkan untuk memperkenalkan Pongkor Geopark di UGG pada tahun 2023

METROPOLITAN.id – Menyusul peresmian Geopark Pongkor beberapa tahun lalu, kali ini Bupati Bogor incumbent Iwan Setiawan meresmikan Pusat Informasi Geopark (PGIC) Pongkor dan melantik Badan Pengelola Kawasan Geopark Nasional Pongkor periode 2022-2025.

Geopark Nasional Pongkor sendiri merupakan potensi wisata yang besar bagi Kabupaten Bogor. Serta salah satu dari 12 Geopark Nasional di Indonesia yang meliputi 15 kabupaten yang terdiri dari 10 Geosite, 43 Geo/Bio/Budaya Warisan Situs dan 15 Daya Tarik Wisata.

Geopark Pongkor memasuki tahun ke-4 sejak diresmikan pada November 2018 lalu dan pengembangan Geopark menjadi prioritas dalam perubahan RPJMD 2018-2023 dalam program Karsa Bogor Maju.

Bahkan, saat ini ada tujuh geopark di Indonesia yang diakui Unesco, yakni Geopark Batur, Geopark Pegunungan Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba, Geopark Belitong, dan Geopark Maros Pangkep.

Dengan kondisi tersebut, tujuan pemerintah Kabupaten Bogor adalah menjadikan Geopark Pongkor sebagai Unesco Global Geopark (UGG) pada akhir periode RPJMD 2018-2023. Bagaimana pengembangan Geopark Pongkor menjadi UGG tahun depan?

“Ini merupakan kesepakatan yang dicapai antara kami, Pemkab Bogor dan DPRD melalui kesepakatan perubahan RPJMD yang salah satunya menyebutkan bahwa pengembangan geopark harus dilakukan sesuai dengan visi kami Karsa Bogor Maju yaitu visi kami. tujuannya mengubah Geopark Pongkor menjadi UGG,” kata Iwan.

Ia juga menegaskan Geopark Pongkor merupakan salah satu keindahan alam dari 15 kabupaten. Pongkor Geopark merupakan taman bumi yang tercipta secara alami dan bukan artifisial. Absolute Adventist adalah hal yang mutlak di Bogor.

“Kalau kita sinergikan bersama, mulai dari pusat, provinsi, kabupaten Bogor, kecamatan hingga desa, insyaallah Geopark Pongkor bisa menjadi UGG. Saat mimpi itu bersama, kita bisa mewujudkannya, seperti fajar di pagi hari. Semoga Geopark bisa diakui oleh UGG pada tahun 2023,” ujarnya.

Iwan juga menyatakan bersedia mengerahkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan berbagi tugas antara Pemerintah Kabupaten Bogor, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat, Forum Perhutani, Taman Nasional dan Antam Pongkor untuk bersama-sama mendukung Geopark Pongkor, menjadi UGG. Ia juga meminta kepada kepala desa dan camat untuk mengedukasi masyarakat guna mendukung pariwisata di Kabupaten Bogor, salah satunya Geopark Pongkor, agar wisatawan dapat berwisata ke Kabupaten Bogor dengan nyaman dan aman.

“Mudah-mudahan pembahasan ini dapat menghasilkan kesepakatan, kedepannya materi Geopark Pongkor dapat lebih cepat terealisasi menjadi UGG pada tahun 2023,” ujarnya. (Mumi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button