Menparekraf mengikuti Pelatihan AKI 2022 Shopee untuk Industri Kreatif - WisataHits
Jawa Timur

Menparekraf mengikuti Pelatihan AKI 2022 Shopee untuk Industri Kreatif

Jember, Jawa Timur (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh platform e-commerce Shopee pada acara Apresiasi Kreatif Indonesia (AKI) 2022 di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Minggu tentang pengembangan malam bagian ekonomi kreatif.

Shopee memberikan pelatihan pembukaan toko online dan pembuatan QRIS ShopeePay sebagai metode pembayaran merchant yang digunakan dalam pameran AKI di Lippo Plaza, Kabupaten Jember.

“Kami mengapresiasi dukungan Shopee untuk mencapai peningkatan kapasitas digital di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Jember,” kata Sandiaga Uno di Jember.

Setelah dua tahun pandemi COVID-19, lanjutnya, momentum revitalisasi perekonomian kota harus terus berlanjut, yakni Kemenparekraf terus mendorong penciptaan wirausahawan muda melalui berbagai program.

Baca Juga: Menparekraf Promosikan JFC ke Kalender Event Pariwisata Internasional

“Salah satunya dengan wirausaha digital mandiri yang membantu UMKM naik kelas dan berdaya saing menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi nasional sekaligus mampu menjawab tantangan kemandirian ekonomi,” ujarnya.

Ia mengatakan, kehadiran AKI 2022 di berbagai kota di Indonesia diharapkan dapat mendongkrak semangat dan meningkatkan daya saing UMKM di ekosistem digital.

“Potensi kreatif masyarakat Jember dalam membuat berbagai produk fesyen dibuktikan dengan event tahunan JFC di Jember yang menarik perhatian publik secara nasional,” ujarnya.

Sandiaga meyakini potensi JFC bisa menjadi andalan bagi UKM Jember untuk bersaing di pasar lokal, nasional bahkan internasional.

Sementara itu, Ade Mulya, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, mengatakan keterlibatan Shopee sebagai mitra Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif dalam penyelenggaraan AKI 2022 adalah dalam mendukung digitalisasi UMKM, termasuk di industri kreatif.

“Shopee ingin terus menjadi sahabat dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk proses digitalisasi dan pengembangan bisnis.
Anda. Potensi besar para penggiat UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan akses digitalisasi UMKM, termasuk di Jember,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, kerjasama sinergis AKI dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal, memungkinkan mereka untuk lebih memahami dan merasakan manfaat platform digital untuk mengembangkan bisnis mereka tidak hanya lokal untuk berkembang. , tetapi juga secara nasional.

“Beberapa UMKM peserta AKI 2022 telah merasakan dampak positif dari pelatihan yang ditawarkan oleh Shopee dan ShopeePay, mulai dari peningkatan pengetahuan platform digital hingga soft dan hard skill yang berguna untuk mengembangkan toko online mereka di Shopee”, ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Wisata Bersejarah Adalah Wisata Berkualitas

Reporter: Zumrotun Solichah
Penerbit: Adi Biru
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button