Solo Safari meluncurkan upaya untuk melepaskan Wild Lions - WisataHits
Berita Wisata

Solo Safari meluncurkan upaya untuk melepaskan Wild Lions

Solo Safari meluncurkan upaya untuk melepaskan Wild Lions

JawaPos.com – Obyek wisata Solo Safari Jawa Tengah mulai berupaya memperkenalkan kembali spesies singa sebagai salah satu koleksi kebun binatang tersebut.

“Singa uji kabur dengan liar di atas kendaraan. Wahana singa tidak menggunakan pagar seperti dulu,” kata General Manager Solo Safari Zoo Shinta Aditya di Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam percobaan yang dilakukan pada Jumat (10/02/2023), singa praktis beradaptasi dengan lingkungannya, keluar masuk dengan bebas adalah hal yang normal.

Bahkan ketika pelepasan dimulai, ia memastikan kondisi aman karena wahana singa dijaga oleh sistem keamanan berlapis dan dipatroli oleh penjaga kebun binatang dan dokter hewan berpengalaman.

“Memang singa dilepas di Ring 1, tapi dia selamat, masih di area aman, masih di dalam kandang. Pengamanan di area singa ada Ring 1, Ring 2 dan Ring 3,” ujarnya.

Eksperimen diperlukan, katanya, karena ketika hewan memasuki habitat barunya, seringkali ada hal-hal yang tidak terduga.

“Seperti kita (manusia), kita juga harus beradaptasi saat pindah ke tempat baru,” ujarnya.

Sementara itu, singa tersebut dilepasliarkan pada persidangan pukul 08.00 WIB. Dia mengatakan hewan itu terkejut melihat habitat barunya dan melompat ke Ring 1 dari habitat barunya.

“Tim Taman Safari kemudian mengevakuasi singa tersebut dan bisa mengembalikannya ke kandangnya sebelum pukul 10 pagi itu. Pastikan semua proses sesuai dengan SOP Taman Safari dan tidak ada kekerasan atau apapun yang menyakiti singa,” ujarnya.

Penerbit : Mohammad Nur Asikin

Wartawan: Antara

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button