Pendampingan pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Pendampingan pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022

JAKARTA, Indonesia (AP) — Gelombang pertama gerbong kereta peluru buatan China untuk kereta peluru pertama Indonesia tiba di pelabuhan Jakarta, Jumat.

Kereta api sepanjang 142,3 kilometer (88,4 mil) akan dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China senilai $5,5 miliar, konsorsium empat perusahaan milik negara Indonesia dan China Railway International Co. GmbH, perusahaan patungan. Kereta ini merupakan yang tercepat di Asia Tenggara.

Kereta yang menghubungkan Jakarta dan Bandung di provinsi Jawa Barat ini merupakan bagian dari prakarsa infrastruktur “Belt and Road” China. Waktu tempuh antara kedua kota tersebut diperkirakan akan berkurang menjadi sekitar 40 menit dari saat ini tiga jam.

CRRC dengan delapan gerbong Qingdao Sifang Co. dan kereta inspeksi tiba pada hari Jumat. Dirancang dan dibangun oleh Ltd.

“Kedatangan kereta api berkecepatan tinggi ini merupakan kabar baik bagi Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia dapat bersaing dengan negara maju lainnya,” kata Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Karthika Wijotmojo.

Pembangunan jalur Jakarta-Bandung yang diusulkan dimulai pada Januari 2016 sebagai bagian dari proyek kereta api berkecepatan tinggi sepanjang 750 kilometer (465 mil) yang akan melintasi empat provinsi di pulau utama Jawa.

Kontrak kereta api ditandatangani pada Oktober 2015 setelah Indonesia memilih China dalam penawaran kompetitif melawan Jepang. China setuju untuk menyelesaikan jalur kereta api tanpa menggunakan dana pemerintah Indonesia atau membutuhkan jaminan pemerintah untuk pinjaman.

Kereta itu dijadwalkan mulai beroperasi pada awal 2019 tetapi tertunda karena pembebasan lahan dan masalah keuangan.

Source: mediautama.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button