Menparekraf berharap Momentum Liburan Nataru bisa mendongkrak pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Menparekraf berharap Momentum Liburan Nataru bisa mendongkrak pariwisata

LANGIT7.ID, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau pengelola destinasi dan pusat ekonomi kreatif siap memanfaatkan peluang pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023. Salah satunya adalah kustomisasi, inovasi dan kolaborasi.

Menurut Sandiaga, berdasarkan data Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan nasional di Nataru pada 2022-2023 adalah 22,4 persen dari total penduduk Indonesia atau mencapai 60,6 juta orang.

“Kami mengarahkan destinasi wisata populer dan creative hub untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memaksimalkannya dengan terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi,” kata Sandiaga dalam The Weekly Brief Jumat (11/11/2022).

Baca juga: Agrowisata Kebun Ewang Tulehu menjadi sarana budidaya hasil alam di Maluku

Selain itu, Sandiaga menyampaikan hal itu karena situasi krisis masa lalu kini digantikan oleh suasana kemungkinan cuaca ekstrem. Di wilayah Jabodetabek, kata Sandiaga, potensi pergerakan masyarakat diperkirakan mencapai 12,3 persen atau sekitar 7,5 juta orang.

Ia juga menilai, destinasi wisata yang diharapkan banyak dikunjungi adalah destinasi wisata yang selama ini menjadi favorit masyarakat. Seperti Ancol, Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah. Termasuk Puncak, Bogor dan sekitarnya yang selalu menjadi tempat favorit para wisatawan.

“Tapi kalau melihat Bali dan 5 destinasi prioritas dan desa wisata, mereka juga harus siap menerima kunjungan wisatawan,” kata Sandiaga, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif.

Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara, selain lima negara penyumbang wisatawan terbanyak saat ini yakni Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Inggris, diperkirakan juga akan banyak wisatawan dari Amerika Serikat dan Austria yang memanfaatkan momen Nataru. untuk mengunjungi Indonesia.

Baca Juga: Pesona Pantai Siung, Destinasi Wisata Unggulan di Gunungkidul

“Kami mengimbau kepada pemerintah daerah dan asosiasi pariwisata untuk mendukung momen Natal dan Tahun Baru sebagai pendorong revitalisasi dan kesiapan destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif serta lembaga pendukungnya,” ujarnya.

Selain itu, Sandiaga menambahkan, dengan berbagai hal tersebut diharapkan pengelola destinasi pariwisata dan pusat industri kreatif dapat memberikan pariwisata yang aman, nyaman dan menyenangkan.

(Lembut)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button