Lewat tol Jakarta - Pelabuhan Ratu ini hanya 2,5 jam, lihat progres pembangunannya - WisataHits
Jawa Barat

Lewat tol Jakarta – Pelabuhan Ratu ini hanya 2,5 jam, lihat progres pembangunannya

Jakarta, Padangkita.com – Kehadiran Tol Ciawi – Sukabumi diharapkan dapat memberikan banyak dampak positif bagi pertumbuhan daerah di Jawa Barat (Jabar) dan sekitarnya.

Jalan tol ini tidak hanya memberikan kelancaran akses kendaraan tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan perkembangan bisnis di wilayah Jawa Barat, khususnya wilayah Bogor serta wilayah Sukabumi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan saat ini progres Jalan Tol Ciawi – Sukabumi yaitu Seksi 1 Ciawi – Cigombong telah dibuka sepanjang 15,35 km sejak Desember 2018 lalu beroperasi.

“Hingga saat ini konstruksi masih berlangsung, pengerjaan Seksi 2 Cigombong – Cibadak sepanjang 11,9 km dengan tingkat kemajuan konstruksi 81,24 persen, dan konstruksi dijadwalkan selesai pada Desember 2022,” kata Danang dalam keterangan tertulis, Kamis. 1/9). /2022).

Kemudian, lanjutnya, setelah Seksi 2 selesai konstruksi dan beroperasi, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat akan dilanjutkan dengan panjang 13,70 km dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Tol Ciawi-Sukabumi juga diharapkan dapat mengurangi waktu tempuh menuju kawasan Sukabumi, seperti akses jalan menuju Pelabuhan Ratu yang hanya memakan waktu sekitar satu jam.

Kemudian, kata Danang, hanya membutuhkan waktu 2,5 jam dari kawasan Jakarta menuju Pelabuhan Ratu. Hal ini, jelasnya, akan mendukung kelancaran mobilitas berkendara masyarakat lebih cepat menuju tempat wisata dan kendaraan logistik yang tersebar di Jabar.

Selain itu, jalan tol ini juga mempersingkat waktu tempuh dari Sukabumi, baik kabupaten maupun kota menuju Ciawi, menjadi hemat satu hingga dua jam. Artinya perjalanan hanya memakan waktu sekitar seperempat hingga setengah jam.

Kehadiran jalan tol Ciawi – Sukabumi juga mendukung koneksi ke berbagai destinasi wisata yang terkenal akan keindahan alamnya di wilayah Jawa Barat, seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, Gunung Gede dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi. sangat menarik untuk dikunjungi.

Jalan Tol Ciawi – Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Tol Trans Jawa Barat dengan nilai investasi Rp 11,71 triliun.

Baca Juga: Jalan Tol 54 Km Ini Menuju Sejumlah Tempat Wisata Yang Indah

Jalan tol ini akan memiliki 6 persimpangan (SS) yang terdiri dari SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat dan SS Sukabumi Timur. [*/pkt]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Berita Google

Source: padangkita.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button