Menjelang Pelantikan Wakil Gubernur Gubernur DIY Periode 2022-2027, Ketua Komite A menyampaikan harapan besar - WisataHits
Yogyakarta

Menjelang Pelantikan Wakil Gubernur Gubernur DIY Periode 2022-2027, Ketua Komite A menyampaikan harapan besar

Jogja, dprd-diy.go.id – Sebelum dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027, Komite A menggelar rapat kerja dengan Dinas Umum dan Protokol DIY, Dinas Tata Usaha Negara, Paniradya Kaistimewan dan Badan Penghubung Daerah DIY pada Senin (10/3/2022). Rapat dijadwalkan membahas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 10 Oktober 2022 di Istana Negara.

Eko Suwanto, ST, M.Si. Ketua Komite A DPRD DIY mengumumkan bahwa DPRD DIY turut hadir dalam undangan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Negara. Eko berharap gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik nanti, beserta seluruh elemen yang terlibat dalam pelantikan ini, bisa pulih untuk memastikan acara berjalan lancar.

“Bersama kita alami prosesi pelantikan gubernur dan wakil gubernur secara khidmat dan sederhana. Saya berharap semua orang sehat,” katanya.

Soal detail rencana pelantikan gubernur dan wakil gubernur, Eko belum bisa memastikan. Bersama Biro Umum Humas dan Protokoler serta Biro Pemerintahan, Komisi A nantinya akan memberikan informasi mengenai pelantikan di Jakarta sebelum 9 Oktober 2022.

Eko mengatakan, Komite A mendukung penuh gubernur dan wakil gubernur DIY di masa jabatan barunya dalam membimbing DIY dengan kebijakan yang membawa kesejahteraan bagi rakyat. Ia mendorong pemerintah daerah DIY untuk mengoptimalkan peran dan partisipasi masyarakat di tingkat desa dan kecamatan untuk pembangunan daerah, khususnya membangun makanan khas DIY.

Harapan lainnya, persoalan-persoalan yang tersisa pada periode sebelumnya, seperti persoalan kemiskinan dan ketimpangan, dapat segera diselesaikan. Selain Pemda DIY, Eko berharap pemda DIY bisa lebih memperkuat kerja sama daerah.

“Saya berharap Pemda DIY juga meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah di Indonesia dan pihak ketiga di dalam dan luar negeri,” harap Eko.

Pada masa kepengurusan selanjutnya diharapkan juga dana keistimewaan tersebut dapat mewujudkan kemaslahatan masyarakat perbaikan rumah. Berdasarkan pengalaman pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, penciptaan lapangan kerja melalui adanya dana khusus dapat diharapkan.

“Pandemi ini juga menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan. Kami menggalakkan dana (privilege fund) selama lima tahun ke depan agar dapat menciptakan lapangan kerja sehingga dapat diwujudkan dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat, dan kami juga mendukung kerja keras untuk mewujudkan perdamaian perbaikan rumah,” kata Eco.

Selain itu, topik pengelolaan dan pembangunan di wilayah selatan juga harus menjadi perhatian khusus dalam masa jabatan baru. Hal yang sama juga harus merambah ke daerah perbatasan DIY.

“Diharapkan ke depan gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik dapat memberikan perhatian khusus terhadap hal ini (kawasan selatan dan perbatasan) sehingga ada kemudahan akses pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Tentunya kita berharap dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan ketentraman masyarakat daerah DIY,” ujar Ketua Panitia Grup A PDI-P tersebut. (fda)

Dilihat: 15

Source: www.dprd-diy.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button