Akhir Pekan Jika Anda ingin berwisata ke alam dengan mobil, berikut tipsnya! - WisataHits
Jawa Barat

Akhir Pekan Jika Anda ingin berwisata ke alam dengan mobil, berikut tipsnya!

Memuat…

Berkunjung ke luar ruangan dengan mobil memerlukan persiapan khusus, khususnya memeriksa berbagai bagian kendaraan. Foto: Sindonews/Danang Arradian

JAKARTA – Berkunjung ke alam terbuka seperti air terjun, pantai, perbukitan dan taman di akhir pekan menjadi pilihan aktivitas penyembuhan bagi sebagian warga Jakarta. Misalnya di Puncak Bogor yang berjarak sekitar 90 km dan 2 jam perjalanan dari ibu kota.

Medan jalan yang cukup ekstrim, berkelok-kelok, tanjakan terjal dan jalan sempit tentunya membutuhkan dukungan kendaraan yang terampil dan keterampilan berkendara yang handal.

Selain itu, National Sales Manager Mobil Penumpang Radial PT. Apriyanto Yuwono, Hankook Tire Sales Indonesia, menjelaskan ban seringkali diabaikan saat berkendara ke alam bebas.

“Ban bertindak sebagai tenaga penggerak, membawa beban dan membantu stabilitas saat melintasi medan yang berbeda. Ban kempes atau bocor merupakan salah satu pemicu kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia,” ujarnya.

Apriyanto beberapa tips bagi pengendara yang ingin berwisata ke destinasi outdoor:

1. Estimasi jarak
Akhir Pekan Jika Anda ingin berwisata ke alam dengan mobil, berikut tipsnya!

Mengetahui jarak tempuh, Anda bisa menyiapkan kebutuhan bahan bakar, kondisi ban, tool kit dan perlengkapan darurat lainnya.

Ban secara khusus membutuhkan karakteristik ban dengan desain tapak yang lebih kasar dan lebih elastis agar berkendara lebih aman dan nyaman melewati berbagai jenis medan. Ban harus memiliki kemampuan pengereman yang baik di kondisi jalan basah maupun kering.

2. Tetap fokus
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi menyatakan 61% kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia.

Oleh karena itu, hindari penggunaan ponsel, multitasking dengan aktivitas lain, dan rasa kantuk saat mengemudi, serta pastikan istirahat yang cukup dan hindari konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan lemas saat mengemudi.

3. Perhatikan beban kendaraan
Untuk kendaraan jenis MPV atau SUV disarankan maksimal membawa 8 orang termasuk pengemudi dengan berat maksimal 3.500 kg.
Kombinasi kode angka dan huruf dapat dilihat pada ban yang menunjukkan indeks beban per ban mobil.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button