Pemkab Rohul Bangun Makodim Rohul dan Siapkan Lahan 5,4 Ha - Sambutan - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Rohul Bangun Makodim Rohul dan Siapkan Lahan 5,4 Ha – Sambutan

ROH (BERBICARA) – Pemkab Rokan Hulu akan membangun Makodim. Pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 5,4 hektar dengan bangunan yang sebelumnya dibongkar seperti Mabes Polri Rohul. Diharapkan pembangunan Makodim dapat selesai pada tahun 2023.

“Untuk kekompakan, Pemkab Rohul akan berkoordinasi dengan Pusat Insinyur Angkatan Darat (Pusziad) untuk menyesuaikan gedung ini dengan tipologi Kodim yang sedang dibangun di Rohul,” kata Bupati Rokan Hulu, Sukiman.

Sebagai informasi : Tanah dan bangunan yang akan dihibahkan kepada Korem 031 Wira Bima sebagai Markas Kodim berlokasi di KM 4 Jalan Lintas Pasir Pengaraian-Ujung Batu.

Gedung ini awalnya dibangun pada tahun 2012 dan diberi label Mabes Polri Rokan Hulu. Namun karena Polres menerima DIPA APBN untuk membangun kantor baru di jalan lingkar tersebut, gedung ini dibatalkan sebagai Mabes Polri Rohul.

Sejak dibatalkan sebagai gedung Mabes Polri Rohul, gedung ini sempat mandek selama bertahun-tahun, meski banyak uang yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Dari data yang dirangkum CAKAPLAH, pemerintah setidaknya mengeluarkan dana Rp Rp untuk pembangunan gedung ini. 11.467.711.336,96. Anggaran untuk pembangunan gedung tersebut akan dibayarkan selama 3 tahun anggaran, dengan angka tahun 2012 sebesar Rp 2 miliar, waktu pembangunan gedung lantai 1 dan struktur lantai 2 dan plesteran.

Kemudian pada tahun 2013 pembangunan gedung dilanjutkan dengan pembangunan struktur atap dengan anggaran sebesar Rp 4.023.765.308,96. Dan pada tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Rohul kembali menganggarkan sebesar Rp 5.037.632.000,00 untuk pembangunan tembok lansekap dan infrastruktur pendukungnya.

Rencana dalam APBD Perubahan 2022 Pemkab Rohul mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 juta untuk pengamanan aset dengan membangun sirip-sirip udara agar air tidak menggenang dan merusak struktur bangunan serta memasangnya dari jendela.

Selain itu, Pemkab Rohul juga akan mengalihkan fungsi gedung dari Rohul Polres ke Kodim tahun ini dan tidak akan melanjutkan pembangunan gedung hingga tahun 2023 dengan perkiraan anggaran sebesar Rp 6,6 miliar.

Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen Parlindungan Hutagalung SAP, mengapresiasi Pemerintah Rokan Hulu yang memfasilitasi pembentukan Komando Wilayah (Kodim) di wilayah Pemerintahan Rokan Hulu.

Menurut Dandrem, kehadiran Kodim di Rohul dirasakan sangat mendesak mengingat letak geografisnya yang terpencil dan berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Namun, realisasi pembukaan Kodim baru ini bergantung pada kemampuan TNI AD, apalagi mengingat sejauh mana rencana tersebut mempengaruhi rencana strategis TNI AD.

“Jelas kalau urgensi, urgen karena daerah ini jauh dari mana-mana. Tapi tentunya realisasi pembukaan Makodim di Rohul juga harus memperhatikan kemampuan TNI dan kemampuan daerah,” kata Dandrem, Selasa lalu.

Meski pemda sangat antusias mendukung pembukaan Kodim di Rohul, Dandrem mengaku cukup realistis dengan ketentuan pemda yang kini diminta menyelesaikan masalah sosial yang memonopoli sumber keuangan daerah.***

Untuk saran dan informasi tentang CAKAPLAH.com, silahkan email: [email protected]

Source: www.cakaplah.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button