Menjelajahi Gua Rancang Kencono yang di tengahnya terdapat pohon berusia dua abad - WisataHits
Yogyakarta

Menjelajahi Gua Rancang Kencono yang di tengahnya terdapat pohon berusia dua abad

Menjelajahi Gua Rancang Kencono yang di tengahnya terdapat pohon berusia dua abad

Merdeka.com – Gunungkidul tidak hanya terkenal dengan pantainya yang berpasir putih tetapi juga memiliki banyak gua yang unik. Salah satunya adalah Gua Desain Kencono.

Gua Rancang Kencono sangat dekat dengan Wisata Air Terjun Sri Gethuk, tepatnya di Desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Orang-orang di sana percaya bahwa gua tersebut telah ada sejak zaman kuno, dan artefak berusia ribuan tahun telah ditemukan di dalamnya.

Artikel media Taboola

Hal yang menarik dari goa ini adalah adanya pohon beringin di tengahnya. Selain itu, goa ini juga memiliki nilai sejarah yang menarik.

Berikut selengkapnya dikutip dari jogjaprov.go.id:

2 dari 4 halaman

Tempat persembunyian tentara Mataram

Goa dirancang Kencono

©jogjaprov.go.id

Masyarakat percaya bahwa Gua Rancang Kencono dulunya merupakan tempat persembunyian para prajurit Kerajaan Mataram. Bahkan pelataran gua digunakan para prajurit untuk berkumpul menyusun strategi.

Itulah sebabnya goa tersebut dinamakan “Rancang Kencono”, yang berarti merencanakan sesuatu yang mulia. Pekarangannya berukuran 20 x 20 meter. Sekarang alun-alun besar digunakan sebagai tempat pertemuan, berkemah, dan tempat berkumpul lainnya.

Selain itu, bagian dari gua menampilkan lukisan bendera merah putih dengan kata-kata penyemangat. Lukisan itu dibuat untuk menyemangati para pejuang dalam Perang Revolusi.

3 dari 4 halaman

Pohon besar

Goa dirancang Kencono

©jogjaprov.go.id

Di tengah pintu masuk gua berdiri pohon Klumite yang sangat tinggi. Tinggi pohon melebihi atap gua. Pohon ini adalah salah satu simbol utama gua. Orang-orang di sana percaya bahwa pohon itu berumur lebih dari dua abad.

Meski berada di bawah tanah, goa ini tidak gelap karena mendapat sinar matahari langsung dari atas. Dari dalam goa, pengunjung bisa melihat pemandangan indah di atas.

Salah satu kegiatan menarik di goa ini adalah turun ke dasar goa dari atas dengan bantuan tali.

4 dari 4 halaman

Fasilitas di Goa

Goa dirancang Kencono

©jogjaprov.go.id

Cara mudah menuju Gua Rancang Kencono adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Gua ini paling baik dikunjungi pada pagi dan sore hari karena pemandangan sinar matahari yang masuk ke dalam gua semakin mempesona.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini adalah tempat parkir yang luas, toilet umum, warung dan juga ada pemandu. Pemandu di sana biasanya menjelaskan sejarah gua dan tempat-tempat di sekitarnya.

(mdk/shr)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Pasal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button