Road to Hakordia, KPK dorong pelayanan publik bebas korupsi di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Road to Hakordia, KPK dorong pelayanan publik bebas korupsi di Jawa Barat

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia (Road to Hakordia) 2022 di Gedung Negara, Kota Bandung, Senin (5/12/2022). Tujuannya untuk mendorong peningkatan pelayanan publik yang bersih dari korupsi.

Sebagai wilayah kelima Road to Hakordia 2022, Provinsi Jawa Barat terpilih sebagai perwakilan wilayah kerja Direktorat Koordinasi dan Pengawasan (Korsup) KPK Wilayah II.

Direktur Koordinasi dan Pengawasan KPK Wilayah II Yudhiawan Wibisono mengatakan untuk mewujudkan Indonesia bebas korupsi diperlukan kerja sama seluruh pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah. Kegiatan yang dilakukan melalui Road to Hakordia ini merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi khususnya di Provinsi Jawa Barat.

“Pada tahun 2022, kinerja Prevention Monitoring Center (MCP) di 27 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat cukup baik. Di tingkat nasional, Pemprov Jabar (Pemprov) menempati urutan ke-16 dengan indeks 95,” kata Yudhiawan.

Meski hasil aksi tersebut telah dilaksanakan dengan baik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, KPK terus mendorong pelaksanaan Program Antikorupsi Terpadu yang difokuskan pada delapan area intervensi yang dikenal dengan Monitoring Center for Prevention (MCP). Bidang intervensi tersebut meliputi perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengelolaan ASN, penguatan APIP, optimalisasi pendapatan, pengamanan aset dan pengelolaan keuangan desa.

Yudhiawan-Wibisono-a.jpgDirektur Koordinasi dan Pengawasan KPK Wilayah II Yudhiawan Wibisono menyampaikan sambutannya pada Acara Road to Hakordia di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (5/12/2022). (Foto: Humas KPK/TIMES Indonesia)

“KPK terus mendorong implementasi ini untuk memaksimalkan hasil yang dicapai dan terus berjalan dengan baik. Selain itu, dalam rangka peningkatan kapasitas pajak daerah, KPK terus memberikan dukungan untuk mendorong optimalisasi penerimaan daerah melalui penerimaan pajak daerah dan penerimaan sektor sumber daya alam,” kata Yudhiawan.

Tema yang dipilih Komite Antikorupsi Jabar adalah “Mewujudkan Pelayanan Publik Bebas Korupsi” sebagai area akhir rangkaian kegiatan yang akan dilakukan menjelang Hari Antikorupsi Sedunia. Sedangkan Jawa Barat menjadi tuan rumah Road to Hakordia untuk wilayah kerja Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Selatan, Lampung dan Bangka Belitung.

“Dari prioritas isu di lima wilayah yang digelar Road to Hakordia, KPK berharap Jabar terus meningkatkan pelayanannya untuk kemaslahatan masyarakat. Hindari celah yang mengarah pada tindak pidana korupsi karena peran penting pemerintah daerah diperlukan untuk menjaga stabilitas keamanan dan menjamin keberlangsungan program pembangunan nasional,” harap Yudhiawan.

Sebelumnya, Eni Rohyani Wakil Sekjen Provinsi Jabar mengucapkan terima kasih kepada KPK yang telah memilih Jabar sebagai tempat penyelenggaraan Road to Hakordia 2022. Menurutnya, Pemprov Jabar selalu berkoordinasi dan mengkoordinasikan upayanya untuk menjadi bagian dari Perkuat Perlawanan. melawan korupsi secara keseluruhan menjadi penting di semua lini.

“Suatu kehormatan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena rangkaian Hakordia 2022 akan diselenggarakan di Kota Bandung, Jawa Barat, pusat pemerintahan Jawa Barat. Kehadiran KPK juga menjadi penyemangat untuk tetap mengedepankan nilai-nilai antikorupsi meski Kabupaten Cianjur dilanda gempa,” ujar Eni.

Yudhiawan-Wibisono-lahir  jpegEni Rohyani, Plt Wakil Sekjen Provinsi Jawa Barat, dalam jumpa pers usai acara Road to Hakordia di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (12/5/2022). (Foto: Megha Nugraha/TIMES Indonesia)

Lanjut Eni, dengan kesadaran yang kuat bahwa korupsi dapat mengancam eksistensi negara yang sangat berpotensi menjadikan Indonesia sebagai negara gagal. Hal ini mengancam eksistensi Pancasila, untuk itu kegiatan ini menjadi kerjasama yang kuat untuk lebih peduli terhadap pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Rangkaian “Road to Hakordia 2022” di Kota Bandung akan diisi dengan beberapa kegiatan antara lain seminar tentang optimalisasi pendapatan asli daerah, sosialisasi pendidikan mahasiswa antikorupsi, diskusi publik persyaratan dasar perizinan usaha, workshop Survei Penilaian Integritas (SPI), Sosialisasi BUMD pemerintahan, festival layanan masyarakat dan media diskusi.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button