3 candi di Yogyakarta ini belum banyak dijamah wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

3 candi di Yogyakarta ini belum banyak dijamah wisatawan

3 candi di Yogyakarta ini belum banyak dijamah wisatawan

Liputan6.com, Yogyakarta – Wisata sejarah berupa candi merupakan salah satu destinasi paling populer di Yogyakarta dan sekitarnya. Sebut saja Candi Prambanan hingga Candi Ratu Boko yang merupakan destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung.

Ternyata, Yogyakarta masih memiliki beberapa candi yang belum begitu dikenal wisatawan. Candi-candi ini juga menawarkan keindahan seperti candi-candi populer lainnya.

Berikut beberapa candi Yogyakarta yang kurang dikenal wisatawan:

1. Candi Banyunibo

Candi Banyunibo terletak di Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini merupakan candi Budha yang terletak tidak jauh dari Candi Ratu Boko, tepatnya di bagian timur Kota Yogyakarta menuju Kota Wonosari.

Candi ini tidak terlalu besar namun tetap memiliki keindahan yang mempesona. Candi Banyunibo berdiri di antara persawahan yang hijau sehingga menjadi lokasi foto yang sangat bagus, terutama saat matahari terbit.

2. Candi Ijo

Wisata Yogyakarta ini berlokasi di Jalan Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Dibangun di dataran tinggi, candi ini merupakan candi tertinggi di Indonesia.

Candi ini sebenarnya merupakan kompleks candi Hindu. Diperkirakan candi ini dibangun antara abad ke 10 dan 11 Masehi pada masa Kerajaan Medang pada masa Mataram. Nama Candi Ijo sendiri berasal dari lokasinya yang berada di perbukitan Gumuk Ijo, Kabupaten Sleman.

3. Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di Jalan Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Prambanan, Klaten. Candi ini sering disebut candi kembar karena dari jauh terlihat dua candi yang hampir mirip.

Namun, setelah diamati lebih dekat, kedua candi tersebut mengungkapkan perbedaan yang sangat signifikan. Menariknya, candi ini memiliki ruangan yang mirip dengan ruang ujian.

Ruangan itu disebut Mandapa. Dahulu para murid belajar di Candi Plaosan dan ilmunya diuji di ruangan ini. Mereka diuji satu per satu dan dihakimi oleh 21 dewa yang duduk di hadapannya.

Penulis: Resla Akanita Chak

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengajak kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, pada Sabtu sore (01/07) untuk berwisata ke Taman Wisata Candi Prambanan di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button