Meninjau Candi Prambanan, Wapres RI mengapresiasi upaya TWC dalam melestarikan warisan budaya bangsa - WisataHits
Jawa Tengah

Meninjau Candi Prambanan, Wapres RI mengapresiasi upaya TWC dalam melestarikan warisan budaya bangsa

Kontras TIMES.COM | sleman,- Setibanya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menghadiri resepsi pernikahan Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo, dan Erina Gudono, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meninjau pemugaran Candi Prambanan kompleks. J L. Raya Solo-Yogyakarta No. 16, Sleman, DIY, Minggu pagi (11/12/2022).

“Ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sudah lama memiliki budaya yang tinggi. Sehingga ini bisa menjadi penyemangat, motivasi bagi kita untuk berkarya sebagai bangsa yang lebih baik,” ujar Wapres.

Selain itu, Vice President PT Taman Wisata Candi (TWC) selaku pengelola kawasan Candi Prambanan menyampaikan apresiasinya atas pemeliharaan dan perawatan gedung yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural ini. Organisasi (UNESCO).

“Saya kira warisan masa lalu kita bisa terpelihara dengan baik. Dan kemudian saya juga melihat gedung-gedung yang benar-benar hancur bisa dibangun kembali,” kata Wapres.

Menurut Wapres, menjaga kawasan candi Prambanan merupakan penanda bagi masyarakat dunia bahwa Indonesia telah lama memiliki peradaban dan budaya luhur sehingga dapat menjadi salah satu warisan budaya yang diakui dunia.

“Dengan demikian, kita menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia telah mengenal peradaban sejak lama dan memiliki karya-karya luar biasa yang menjadi keajaiban. [dunia]’ tambah Wakil Presiden.

Pada saat yang sama, Wapres menekankan tingginya toleransi antarumat beragama sebagai tanda kerukunan sosial yang harus dijaga bersama.

“Walaupun semua (mayoritas) masyarakat sekitar beragama Islam, namun warisan agama Hindu dan Budha tetap dipelihara, dipupuk, bahkan dipupuk secara memadai. Ini juga menunjukkan bahwa toleransi beragama di Indonesia sangat tinggi dan kerukunan juga terjaga,” ujarnya.

Sebagai penutup, Wapres yakin pariwisata Indonesia, khususnya di Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah akan meningkat sejalan dengan upaya berkelanjutan untuk melestarikan warisan budaya.

“Dengan Prambanan, semakin baik dan terawat. Ini pariwisata Jogja ke depan, saya kira akan lebih (meningkat)” pungkas Wapres.

Sekadar informasi, Candi Prambanan sedang dalam tahap pemugaran Candi Perwara Seri I No. 5. Pemugaran dilakukan selama 10 bulan, terhitung sejak 21 Februari hingga 22 Desember 2022. Pembangunan ini bertujuan untuk meramaikan bangunan candi. mengembalikan bentuk aslinya dan memperkuat bangunan untuk menahan gempa.

Turut hadir Vice President, President Director PT TWC Edy Setijono, Corporate Secretary dan General Manager Candi Prambanan AY Suhartanto, serta Vice President HSSE PT TWC I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Sumber: Setwapres-Rusmin Nuryadin

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button