Berjalan-jalan melewati keindahan Teluk Youtefa, destinasi laut yang lengkap - WisataHits
Jawa Tengah

Berjalan-jalan melewati keindahan Teluk Youtefa, destinasi laut yang lengkap

TEMPO.CO, jakarta – Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Kota Jayapura, Papua adalah Teluk Youtefa. Teluk Youtefa tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah tetapi juga banyak tempat wisata mulai dari teluk, tanjung, hutan dataran rendah, hutan bakau hingga pantai yang indah.

Teluk Youtefa adalah sebuah teluk kecil di kawasan sekitar Teluk Yos Sudarso. Kawasan ini meliputi beberapa desa (desa adat), yaitu desa Tobati, Enggros dan Nafri. mulai pariwisata.papua.go.id, Teluk ini menawarkan pemandangan khas pulau-pulau karang dengan hamparan air biru. Salah satu daya tarik utama di Teluk Youtefa adalah Danau Sentani yang memanjakan pengunjung dengan pemandangan indah.

Destinasi wisata Teluk Youtefa

Teluk Youtefa juga menawarkan berbagai destinasi wisata bahari yang lengkap. Teluk Youtefa memiliki hutan bakau sepanjang 200 meter di lepas pantai. Pohon bakau yang ditumbuhi pohon bisa setinggi 7 hingga 12 meter, membuat Teluk Youtefa terasa asri dan sejuk. Belum lagi keindahan pantai, tanjung dan hutan dataran rendah yang bisa membuat wisatawan betah berada di Teluk Youtefa.

Tempat lain yang menjadi tujuan wisatawan saat berkunjung ke Teluk Youtefa adalah Pantai Hamadi. Membentang sepanjang dua kilometer, pantai ini memanjakan wisatawan dengan pemandangan langit, air laut yang biru dan semilir angin yang lembut berpadu dengan deburan ombak yang menenangkan.

Selain pemandangannya, Pantai Hamadi menyimpan sejarah penting di masa lalu. Pada masa Perang Dunia II, pantai ini menjadi pusat pertahanan pasukan Sekutu di wilayah Jayapura. Jadi ketika datang ke Pantai Hamadi, pengunjung akan menemukan banyak benda mulai dari peninggalan perang seperti puing-puing baju besi hingga kapal perang.

Tidak jauh dari Pantai Hamadi juga terdapat Gunung Mher yang sangat indah. Gunung Mher dikenal melestarikan legenda asal usul suku Tobati dan Enggros. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Goa Mher merupakan tempat lahirnya dua suku yang kini mendiami Teluk Youtefa. Tempat lain di Teluk Youtefa adalah Tanjung Kaswari yang terkenal dengan pantainya yang sejuk dan rindang dengan pepohonan cemara yang indah.

Semua keindahan alam dibingkai oleh kemegahan Jembatan Youtefa yang melengkung dalam lekukan merah. Jembatan ini membentang dari kota Jayapura di desa Hamadi hingga kabupaten Muara Tami. Diresmikan pada Oktober 2019, jembatan ini menjadi salah satu ikon Kota Jayapura.

NAOMY A. NUGRAHANI

Baca: Bencana Teluk Youtefa: Kawasan Hutan Mangrove Terancam dan Hilangnya Habitat Biota Laut

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button